Yuk, Kenali Investasi High Risk High Return dan Jenis-jenisnya

taubgt.com – Bila kamu berminat dengan dunia investasi, pasti setidaknya kamu pernah mendengar istilah High Risk High Return.

Jika belum, sebagai calon investor, kamu perlu mengetahui arti dan instrumen dari jenis investasi satu ini.

Penasaran dengan investasi High Risk High Return? Yuk, ketahui serba-serbinya dalam rangkuman Glints berikut ini.

Definisi Investasi High Risk High Return

© Freepik.com

Untuk beberapa individu yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi, pasti telah memikirkan strategi untuk membeli instrumen High Risk High Return.

Jenis investasi satu ini merupakan salah satu strategi di mana investor dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari instrumen dengan risiko yang tinggi.

Disadur dari Industry, jenis investasi satu ini sebenarnya merupakan sebuah prinsip yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan keuangan.

High Risk High Return sendiri telah diadaptasi dalam dunia penanaman modal.

Istilah ini sering pula dipahami sebagai tindakan penanaman uang pada suatu perusahaan atau instrumen investasi dengan harapan memperoleh keuntungan besar di masa mendatang.

Akan tetapi, risiko yang bisa diterima oleh pihak investor relatif tinggi, seperti kerugian besar saat harga saham menurun.

Kondisi seperti ini bisa terjadi dan tidak jarang akan memengaruhi keputusan investor ketika menanam modal.

Namun, belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara risiko dan imbalan dalam dunia investasi,

Akan tetapi, dewasa ini, ditemukan adanya korelasi positif antara risiko dan potensi pengembalian dana.

Dalam arti, semakin besar risiko yang dihadapi investor maka semakin besar jumlah untung yang akan ia raih.

Oleh karena itu, investor yang ingin mencari penghasilan besar dalam periode waktu singkat, harus berani untuk menerima tingkat risiko yang lebih tinggi secara tidak proporsional.

Sayangnya, sebagian besar investor akan menghadapi bias optimisme ketika mengambil investasi dengan risiko yang tinggi.

Bias ini membuat mereka percaya bahwa mereka akan berhasil ketika semua orang gagal.

Dalam hal instrumen investasi berisiko tinggi, kamu harus tetap percaya bahwa sewaktu-waktu risiko itu bisa saja terjadi.

Jenis-Jenis Instrumen Investasi High Risk High Return

Seperti yang sudah Glints jelaskan, investasi High Risk High return diadaptasi dari prinsip perencanaan keuangan di mana seseorang akan mendapatkan imbalan besar ketika menerima risiko yang tinggi.

Nah, terdapat beberapa instrumen investasi dengan risiko tinggi yang menawarkan jumlah pengembalian dana yang besar.

Berikut adalah jenis-jenis instrumen investasi risiko tinggi dengan imbalan yang menjanjikan:

1. Saham

© Pexels.com

Instrumen investasi High Risk High Return pertama adalah saham.

Meskipun memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi, banyak investor yang masih menanamkan modalnya pada jenis investasi satu ini.

Selain itu, saham dapat dijadikan investasi jangka panjang sehingga investor dapat merencanakan strategi terkait risiko yang mungkin terjadi.

2. High Yield Bonds

Kajianpustaka.com

Baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan dengan utang yang tinggi, menurut Investopedia, high yield bonds atau obligasi sampah dapat menawarkan keuntungan yang besar kepada investor.

Instrumen satu ini memiliki risiko tinggi karena terjadinya gagal bayar atau risiko kredit lainnya.

Kendati demikian, jenis obligasi ini memberikan imbalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi lainnya.

3. Cyptocurrency

© Pexels.com

Jenis investasi High Risk High Return selanjutnya adalah cryptocurrency atau yang lebih dikenal dengan mata uang digital.

Dilansir dari Syndicateroom, instrumen investasi ini menawarkan risiko yang tinggi karena ia tidak terikat dengan lembaga keuangan dan perbankan konvensional.

Tetapi jangan salah, ketika nilainya sedang tinggi, investor dapat menerima pengembalian dana yang cukup besar.

Itu dia serba-serbi Investasi High Risk High Return yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu tertarik dengan dunia investasi, kamu dapat menjadikan jenis investasi satu ini sebagai opsi ketika ingin menanam modal.

Penasaran dengan informasi menarik lainnya seputar dunia investasi? Kamu bisa membuka kanal Personal Finance di Glints Komunitas.

Ada banyak profesional dan pakar yang akan menjawab pertanyaanmu terkait investasi. Yuk, cek kanalnya dan mulai diskusi!

Sumber

    A guide to high-risk investments

    Mengenal Investasi High Risk-High Return dan Strategi Melakukannya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D