Terjun ke Bidang Kuliner? 5 Skill Pekerjaan Ini Wajib Dikuasai, ya!

taubgt.com – Industri kuliner memang memiliki daya tarik besar karena makanan terus berkembang mengikuti trend dan zaman. Maka dari itu, dibutuhkan skill khusus untuk pekerjaan di bidang kuliner.

Perlu diketahui, profesi dalam industri ini juga cukup beragam mulai dari chef, patissier, food stylist, dan masih banyak lainnya.

Supaya kamu bisa memiliki karier yang cemerlang di bidang kuliner, coba cari tahu dulu apa saja skill pekerjaan yang perlu dikuasai berikut ini.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia 5 Skill yang Dibutuhkan Setelah Covid

1. Kreativitas

© Freepik.com

Bekerja di bidang kuliner sangat membutuhkan skill kreativitas karena dapat menunjang pekerjaan.

Misalnya, profesi sebagai seorang chef pastinya dituntut untuk bisa selalu kreatif dalam membuat inovasi-inovasi menu makanan terbaru.

Seperti yang dijelaskan oleh The Balance Careers, kreativitas dan imajinasi dari seorang chef sengat memengaruhi kesuksesan restoran.

Pasalnya, semakin banyak menu makanan yang tercipta dan memiliki cita rasa yang menarik, tentu akan semakin mengundang banyak pelanggan.

Itulah mengapa, seorang chef harus selalu mampu berpikir kreatif untuk menghasilkan menu makanan baru atau menyempurnakan resep lama sehingga bisa menjadi lebih menarik.

2. Manajemen Waktu

© Rawpixel.com

Manajemen waktu juga menjadi salah satu skill pekerjaan di bidang kuliner yang wajib dikuasai.

Baik menjadi seorang chef, atau seorang manager restoran sangat perlu memiliki manajemen waktu yang baik.

Dilansir dari Escoffier, dengan memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik tentunya pekerjaan di dapur atau restoran bisa berjalan lebih efektif.

Bekerja di dapur untuk menyiapkan makanan bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, tekanannya sangat berat dan menuntut fisik dan mental yang kuat.

Jika pekerja di dapur tidak bisa tepat waktu dalam menyajikan makanan, tentunya pekerjaan pelayan yang ada di restoran juga akan terkena imbasnya.

Konsumen yang tidak puas dengan pelayanan restoran pasti akan malas untuk berkunjung lagi. Oleh karena itu, manajemen waktu sangat diperlukan.

3. Kepemimpinan

© Rawpixel.com

Skill leadership atau kepemimpinan pastinya sudah tidak asing lagi bagimu, kan? Memang skill yang satu ini dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan.

Jadi, buatmu yang tertarik mencoba karier di bidang kuliner maka harus tetap menguasai skill pekerjaan yang satu ini.

Di industri kuliner, seorang food and beverage manager adalah pemimpin yang bertugas mengawasi setiap staf agar bisa bekerja dengan maksimal.

Mulai dari mengatur standar dan metode memasak bagi staf di dapur hingga memberikan standar bagi pelayan saat menyajikan makanan.

Tanpa skill leadership tentu saja tugas tersebut akan sulit dilakukan. Bahkan, proses kerja staf yang ada di dapur dan restoran akan berantakan.

Bagi pemimpin chef tentunya juga membutuhkan skill leadership ini agar bisa memimpin para junior chef yang ada di dapur.

Jadi, memang skill leadership sangatlah dibutuhkan oleh setiap profesi yang ada di bidang kuliner.

Baca Juga: Yuk, Belajar Kepemimpinan dari 4 Film Tentang Leadership Ini!

4. Perhatian Terhadap Detail

© Rawpixel.com

Bagi seseorang yang tidak bisa memerhatikan detail dan jauh dari kata ulet kemungkinan besar akan cukup kesulitan untuk bekerja di bidang yang satu ini.

Mulai dari chef, patissier, dan food stylist pastinya memerlukan keterampilan yang satu ini saat bekerja.

Tanpa ketelitian, tentunya seorang chef akan kesulitan untuk membuat makanan yang sesuai dengan takaran.

Pasalnya, tanpa pengukuran yang tepat bisa menyebabkan makanan yang dibuat tidak akan memiliki cita rasa yang diinginkan.

Selain itu, profesi food stylist juga memerlukan keterampilan yang satu ini pada saat menyajikan makanan.

Ia harus bisa memerhatikan detail dari setiap elemen makanan sehingga mampu menciptakan tampilan hidangan yang lebih estetik.

5. Komunikasi

© Rawpixel.com

Komunikasi memang terbukti menjadi salah satu skill yang paling penting serta dibutuhkan oleh setiap karyawan.

Skill pekerjaan yang satu ini rupanya juga sangat dibutuhkan dalam bidang kuliner, lho.

Bayangkan saja jika seorang chef tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Pastinya ia akan kesulitan untuk memberikan briefing kepada staf dapur saat mengolah makanan.

Selain itu, bagi seorang food and beverage manager komunikasi adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi pelanggan.

Misalnya, ada pelanggan yang komplain karena merasa tidak puas dengan makanan atau pelayanan, maka sudah tugas seorang manager untuk menenangkannya.

Tanpa kemampuan komunikasi yang mumpuni tentu akan kesulitan saat harus berhadapan dengan pelanggan yang sedang kesal, bukan?

Itulah mengapa skill komunikasi harus dimiliki oleh setiap karyawan termasuk yang bergelut di bidang kuliner.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Komunikasi Interpersonal yang Profesional

Demikian 5 skill pekerjaan yang diperlukan dalam bidang kuliner. Jadi, kamu bisa bersiap dari sekarang untuk meningkatkan skill yang telah disebutkan oleh Glints tadi.

Selain info seperti di atas, Glints juga menyajikan beragam tips seputar dunia kerja, pengembangan diri, hingga tips karier yang bermanfaat, lho.

Yuk, segera langganan newsletter Glints sekarang juga dan dapatkan beragam info menarik langsung ke inbox-mu tiap minggunya.

Sumber

    Important Job Skills for Chefs

    Five Culinary Skills You Can Take With You Wherever You Go

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D