spesifikasi iphone 3GS

Paket Komplit! Spesifikasi iPhone 3GS yang Perlu Anda Ketahui

Spesifikasi iPhone 3GS – Tipe smartphone yang saat ini rata-rata digunakan oleh masyarakat pada umumnya sudah didukung dengan jaringan 4G dan bahkan 5G. Sehingga cukup jarang yang masih menggunakann ponsel dengan spesifikasi iPhone 3GS. Apa saja kelebihan dan kekurangan HP tipe ini?

Fitur dan Spesifikasi iPhone 3Gs

iPhone 3Gs termasuk ponsel keluaran lama dari Apple yang dirilis pada tahun 2009. Meskipun sudah sangat jadul dan kalah dengan smartphone di era sekarang, namun spesifikasinya masih cukup mumpuni untuk kebutuhan dasar. Tipe ini bagaimanapun juga menjadi awal dari inovasi terbaru iPhone. Berikut review TauBGT dan spesifikasi iPhone 3GS selengkapnya.

Desain dan Tampilan

Ponsel tipe ini bisa dibilang memiliki bentuk yang mirip dengan versi 3G. Bentuknya cenderung cembung pada bagian belakang dan tidak full kotak seperti HP iPhone sekarang. Dimensi ukuran smartphone ini adalah 115.5 x 62.1 x 12.3 mm dengan berat 135 gram. Jaringan yang tersedia GSM/HSPA.

Ukuran layarnya cukup mini dengan 3,5 inci dan sudah dilengkapi dengan perlindungan berupa Corning Gorilla Glass. Resolusi yang dimiliki HP ini yakni 320 x 480 pixels sehingga bisa dibilang cukup jelas grafisnya. Sama seperti ponsel iPhone pada umumnya,, tombol Home terletak pada bagian tengah bawah.

Performa

Spesifikasi iPhone 3GS dilengkapi dengan sistem operasi IOS 3 namun sudah bisa di-upgrade ke IOS 6.1.6. Prosesor yang digunakan adalah 600 MHz Cortex-A8, PowerVR SGX535 sehingga cukup mumpuni untuk kebutuhan komunikasi maupun penggunaan aplikasi yang ringan kapasitasnya.

RAM yang dimiliki versi 3GS lebih besar jika dibandingkan dengan versi 3G yakni 256 MB. Sementara itu, kapasitas memori internalnya sebesar 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka tidak masalah dan akan tetap lancar saat digunakan untuk membuka aplikasi tertentu.

Kamera

Resolusi kamera pada ponsel tipe ini sudah didukung dengan 3.15 MP, f/2.8 sehingga bisa memberikan hasil tangkapan layar yang lebih jernih. Selain itu, sudah didukung dengan fitur auto fokus, geo-tagging, dan touch focus. Sayangnya, tidak tersedia kamera depan sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk selfie.

Sementara itu, kemampuan kecepatan video yang bisa diambil adalah 30 fps dengan 480p. Hasil foto yang diambil bisa dilihat pada photo viewer/editor jika ingin diedit secara langsung menggunakan fitur-fitur dasar.

Spesifikasi Lengkap iPhone 3GS

JARINGAN
JaringanGSM / HSPA
SIMMini-SIM
RILIS
PengumumanJuni 2009
StatusRilis Juni 2009. Sudah tidak dijual lagi
BODY
Dimensi115.5 x 62.1 x 12.3 mm (4.55 x 2.44 x 0.48 in)
Berat135 g (4.76 oz)
MaterialGlass front, plastic back, plastic frame
DISPLAY
Tipe LayarTFT
Ukuran Layar3.5 inches, 36.5 cm2 (~50.9% screen-to-body ratio)
Resolusi320 x 480 pixels, 3:2 ratio (~165 ppi density)
Proteksi LayarCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
PLATFORM
OSiOS 3, upgradable to iOS 6.1.6
MEMORY
CPU600 MHz Cortex-A8
GPUPowerVR SGX535
Internal8GB 256MB RAM, 16GB 256MB RAM, 32GB 256MB RAM
KAMERA
Kamera Utama3.15 MP, f/2.8, AF
Video480p@30fps
FITUR
SOUND
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
AlertVibration, proprietary ringtones
WLANWi-Fi 802.11b/g
Bluetooth2.1, A2DP (headset support only)
GPSYes, with A-GPS
USB2.0
SensorsAccelerometer, proximity
Kapasitas BateraiNon-removable Li-Ion battery
Pilihan WarnaBlack(8/16 GB), White (16 GB)
Tabel Spesifikasi iPhone 3GS

Harga iPhone 3GS

Untuk saat ini, pasaran harga dari ponsel iPhone 3GS berada di angka Rp600.000,00 – Rp1.300.000,00. Selisih sedikit dengan pendahulunya iPhone 3G yang berharga 500 ribu rupiah. Ini merupakan harga seken dan bergantung pada kondisi barang dan jenis internal Storage yang dimiliki. Semakin baik tentu semakin mahal harganya.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 3Gs

Selain mengetahui detail spesifikasi iPhone 3GS di atas, Anda juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan ponsel tipe ini sebagai bahan pertimbangan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Memiliki beragam pilihan memori internal dengan kapasitas berbeda-beda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna
  • Harganya sangat terjangkau mulai dari ratusan ribu hingga satu jutaan dan sangat worth it untuk kebutuhan dasar seperti komunikasi telepon atau aplikasi perpesanan
  • Sistem operasi yang digunakan sudah ketinggalan zaman yakni IOS 3
  • Layar yang digunakan masih kecil sehingga kurang nyaman untuk digunakan saat streaming video menggunakan HP
  • Memiliki baterai yang bersifat non-removable dengan kapasitas sama seperti tipe sebelumnya
  • Sudah didukung dengan perintah suara agar lebih praktis digunakan
  • Dilengkapi dengan fitur tambahan predictive text input
  • Tersedia dua pilihan warna hitam dan putih

Untuk era sekarang, ponsel dengan spesifikasi iphone 3Gs mungkin memang sudah tidak workable mengingat kebutuhan pengguna lebih kompleks dan rumit. Namun, jika untuk sekedar kebutuhan komunikasi dengan harga yang sangat terjangkau, ponse ini sangat worth it untuk dibeli.

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.