spesifikasi iPhone 3G

Apa Saja Spesifikasi iPhone 3G ? Apakah Masih Layak Digunakan? Ini Review Jujurnya

Spesifikasi iPhone 3G – Ponsel dengan jaringan 3G bisa dibilang cukup jarang mengingat di era canggih saat ini mayoritas sudah menggunakan 4G dan bahkan 5G. Mungkin banyak yang mengira bahwa era ponsel produk Apple mulai berkembang sejak smartphone 4G. Fakta yang dikumpulkan TauBGT, ada hal menarik dari spesifikasi iPhone 3G.

Fitur dan Spesifikasi iPhone 3G

Ponsel iPhone 3G berbasis IOS sudah diluncurkan sejak tahun 2008 dan bahkan pernah populer pada masanya. Namun, seiring dengan teknologi yang semakin canggih, ponsel ini pun sudah banyak ditinggalkan. Berikut ini beberapa spesifikasi iPhone 3G yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Desain dan Tampilan

Dimensi layar iPhone 3G adalah 15.5 x 62.1 x 12.3 mm dan memiliki berat 133 gram. Ponsel dengan lebar layar 3,5 inci ini memiliki resolusi 320 x 480 pixel. HP ini juga sudah dilengkapi dengan support multitouch, corning gorilla glass yang dapat memberikan perlindungan terhadap layar.

Desain ponsel ini bentuknya lebih membulat dengan bagian belakang agak cembung. Pada bagian samping kiri Anda akan menemukan tombol volume. Sementara itu, tombol power terletak di bagian atas. Tombol Home sama seperti produk Apple pada umumnya yang posisinya ada di bagian bawah layar.

Performa

iPhone 3G dilengkapi dengan prosesor CPU 412 MHz ARM 11 dan GPU PowerVR MBX. Kapasitas RAM yang dimiliki ponsel ini memang kecil yakni hanya 128 MB saja sehingga kurang kompatibel untuk diisi dengan banyak aplikasi. Namun, masih worth it untuk memproses data iPhone.

Hal ini dikarenakan sistem operasi IOS pada umumnya tidak membutuhkan RAM yang besar untuk menjalankan aplikasi. Selain itu, ponsel tipe ini juga sudah bisa di-upgrade ke IOS 4.2.1. Sedangkan untuk kapasitas ROM atau memori internalnya sebesar 8 GB dan 16 GB serta tidak ada slot memori eksternal.

Kamera

Kamera pada ponsel iPhone 3G ini bisa dibilang cukup bagus pada masanya dengan resolusi 2MP serta sudah didukung dengan autofokus dan video recording. Sayangnya, belum tersedia kamera depan sehingga Anda tidak bisa selfie menggunakan smartphone tipe ini.

Selain itu, kekurangan kamera pada ponsel ini adalah belum ada LED flash yang biasanya digunakan untuk membantu penahayaan saat mengambil foto dalam kondisi gelap. Namun, iPhone 3G masih memiliki kelebihan berupa pemutaran video yang memuaskan karena jernih dan memiliki kecepatan 30fps.

Fitur dan Aplikasi

Menilik spesifikasi iPhone 3G jika dibandingkan dengan ponsel jaman sekarang, misal iPhone 12 Pro Max tentu sangat berbeda jauh dan untuk kebutuhan yang kompleks dengan berbagai aplikasi sangat tidak disarankan. Karena spesifikasi yang dimiliki ponsel ini tidak mendukung untuk mengunduh banyak software di dalamnya.

Namun, untuk kebutuhan browsing dan akses internet bisa dibilang lancar meskipun hanya didukung dengan jaringan 3G. Sehingga untuk pemakaian wajar seperti memainkan game atau menjalankan aplikasi yang tidak terlalu besar masih bisa lancar dan bekerja dengan baik.

Kapasitas Baterai

Baterai yang dimiliki pada ponsel ini bisa awet hingga 10 jam untuk pemakaian telepon dan 24 jam untuk pemutaran musik. Sehingga bisa dibilang cukup awet jika masih digunakan secara wajar. Sudah tersedia bluetooth untuk memudahkan konektivitas dengan perangkat lainnya.

Spesifikasi Lengkap iPhone 3G

JARINGAN
JaringanGSM / HSPA
SIMMini-SIM
RILIS
PengumumanJuni 2008
StatusReleased 2008, July
BODY
Dimensi115.5 x 62.1 x 12.3 mm (4.55 x 2.44 x 0.48 in)
Berat175 g (6.17 oz)
MaterialGlass front, plastic back, plastic frame
DISPLAY
Tipe LayarTFT
Ukuran Layar320 x 480 pixels, 3:2 ratio (~165 ppi density)
Resolusi3.5 inches, 36.5 cm2 (~50.9% screen-to-body ratio)
Proteksi LayarCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
PLATFORM
OSiOS, upgradable to iOS 4.2.1
CHIPSET
CPU412 MHz ARM 11
GPUPowerVR MBX
MEMORY
Internal8GB 128MB RAM, 16GB 128MB RAM
KAMERA
Kamera Utama2 MP
FITUR
SOUND
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
AlertVibration, proprietary ringtones
WLANWi-Fi 802.11b/g
Bluetooth2.0, A2DP (headset support only)
GPSYes, with A-GPS
USB2.0
SensorsAccelerometer, proximity
Kapasitas BateraiNon-removable Li-Ion battery
Pilihan WarnaBlack(8/16 GB), White (16 GB)
Tabel Spesifikasi iPhone 3G

Review iPhone 3G, Layakkah Digunakan?

Jika melihat spesifikasi iPhone 3G, maka untuk kebutuhan dasar seperti aplikasi perpesanan dan telepon masih sangat worth it untuk digunakan. Namun, jika menginginkan aplikasi yang lebih kompleks lagi untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari, disarankan untuk menggunakan ponsel lebih canggih.

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.