SMC Reset Macbook Pro

SMC Reset Macbook Pro

SMC Reset Macbook Pro – SMC atau Kontroler Sistem Manajemen ini mengontrol sejumlah fungsi inti Mac. SMC merupakan perangkat keras yang dimasukkan ke dalam motherboard Macbook yang bertujuan untuk membebaskan prosesor Mac dari keharusan untuk mengurus fungsi perangkat keras yang belum sempurna.

Dengan banyak tugas inti yang dilakukan oleh SMC sehingga tak heran bahwa SMC Reset Macbook Pro ke default bisa memperbaiki masalah.

Sebagai informasi, ada beberapa tanda yang perlu kamu tahu bahwa SMC Reset Macbook Pro harus dilakukan. Menyetel ulang SMC bukan merupakan proses penyembuhan namun mempebaiki banyak gejala yang mungkin diderita Macbook, mulai dari kinerja mode tidur yang tidak menentuk, termasuk tidak terbangun dari atau tidak memasuki tidur.

Lalu memasuki tidur secara tidak terduga bahkan saat Anda sedang aktif mengerjakan sesuatu di Macbook. Dan Laptop Macbook Pro tidak merespon pembukaan atau penutupan tutup.

Tanda SMC Reset MacbookPro ini perlu dilakukan adalah saat Macbook gagal merespon tombol daya yang ditekan. Tak hanya itu saja, indicator daya tidak ditampilan atau ditampilan tidak benar. Kinerja yang lambar bahkan ketika Acivity Monitor menunjukkan sedikit penggunaan CPU serta mode tampilan target tidak berfungsi dengan benar juga indikasi SMC Reset Macbook Pro kamu diperlukan.

Baca Juga : Screenshot di Macbook Pro

Selain itu baterai tidak mengisi atau mengambil waktu yang berlebihan untuk mengisi daya, port USB tidak berfungsi, perangkat keras WiFi dilaporkan hilang atau tidak berfungsi serta Bluetooth tidak berfungsi ini juga tanda SMC Reset Macbook Pro Anda dibutuhkan.

Metode untuk SMC Reset MacBook Pro tergantung pada jenis Macbook yang Anda miliki. Namun semua instruksi pengaturan ulang SMC mengharuskan Anda mematikan Mac terlebih dahulu. Jika Macbook Pro Anda gagal untuk memastikan, coba tekan dan tahan tombol daya hingga Mac mati yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Cara SMC Reset Macbook Pro

SMC Reset Macbook Pro dengan Baterai User Removable

  • Matikan Macbook
  • Lepaskan baterai, tekan dan tahan kekuasaan tombol untuk setidaknya lima detika
  • Lepaskan kekuasan tombol
  • Pasang kembali baterai dan hidupkan Macbook

SMC Reset Macbook Pro Tanpa Baterai Pengguna Removable

  • Pertama matikan Macbook
  • Lalu pada keyboard keyboard internal (ini tidak berfungsi dari keyboard eksternal), secara bersamaan tekan dan tahan Pergeseran kiri, Kontrol, dan Pilihan kunci saat Anda menekan tombol kekuasaan tombol untuk setidaknya 10 detik. (Jika Anda memiliki MacBook Pro dengan Touch ID, tombol Sentuh ID juga merupakan tombol daya.) Lepaskan semua kunci pada saat yang bersamaan.
  • Tekan kekuasaan tombol untuk memulai Mac.

Pengguna Macbook Pro dari 2018 dengan chip Apple T2 bisa SMC Reset Macbook Pro bisa dengan cara berikut ini:

  • Matikan Mac
  • Tekan dan tahan kekuasaan tombol selama 10 detik dan lepaskan kekuasan tombol lalu tunggu beberapa detik.
  • Kemudian tekan kekuasaan tombol lagi untuk menyalakan Macbook Pro Anda.

Jika Anda pengguna Macbook Pro 2012 atau sebelumnya yang tidak merespon pengaturan SMC Reset Macbook Pro normal, Anda bisa memaksa SMC Reset Macbook Pro manual dengan menggunakan tombol reset SMC yang terletak di motherboard Mac Pro.

Caranya matikan Mac dan lepaskan kabel daya Mac. Kemudian buka panel akses pada samping Macbook Pro Anda. Tepat di bawah Druve 4 kereta luncur dan berdekatan dengan slot PCI-e atas adalah sebuah tombol kecil belabel SMC. Tekan dan tahan tombol ini selama 10detik. Tutup pintu samping dan sambungkan kembali kabel daya Mac lalu tunggu lima detik.

Setelah SMC Reset Macbook Pro dan tidak memperbaiki masalah, Anda bisa menggabungkan dengan reser PRAM. Meski PRAM bekerja berbeda dari SMC tapi bisa menyimpan beberapa bit informasi yang digunakan SMC.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.