Self Leadership, Skill Dasar Kepemimpinan yang Perlu Dimiliki Setiap Pekerja

taubgt.com – Meskipun terdapat ribuan buku leadership yang bisa kamu beli, topik mengenai self leadership cenderung masih jarang ditemukan.

Padahal, skill kepemimpinan satu ini merupakan tahap atau tingkat kepemimpinan pertama yang perlu dikuasai semua orang.

Tanpanya, para pekerja akan sering merasa bingung dan kerap sulit untuk memfokuskan diri pada tujuan pekerjaan mereka.

Nah, memangnya, apa sih definisi dari self leadership? Seperti apa karakteristik orang yang menguasai skill tersebut? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel Glints berikut ini.

Apa Itu Self Leadership?

© Freepik.com

Beberapa pemimpin sadar akan kepribadian, keistimewaan, motivasi, dan kompetensi mereka sendiri.

Kendati demikian, terkadang mereka tidak mampu mengatur diri mereka sendiri, terutama faktor emosi dan kelemahan pribadi.

Mereka kurang mahir dalam mengendalikan diri, sehingga sering kehilangan ketenangan, menjadi sangat kritis, berperilaku tidak pantas, ingin melakukan segalanya, dan tidak mampu menjaga harga diri.

Nah, guna mencegah hal-hal tersebut, self leadership hadir sebagai sebuah kemampuan yang perlu dimiliki setiap orang, tak hanya para pemimpin.

Menyadur Self Leadership, self leadership atau kepemimpinan diri, adalah sebuah praktik di mana seseorang secara sengaja memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan mereka untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan.

Charles Manz adalah orang pertama yang menggunakan istilah tersebut pada tahun 1983.

Ia mendefinisikannya sebagai sebuah perspektif pengaruh diri komprehensif yang menyangkut teknis memimpin diri sendiri.

Melansir Leadership, terdapat empat aspek penting dalam self leadership yang perlu tiap orang kuasai, yakni self awareness, self management, other awareness, dan other management.

Self awareness merupakan kemampuan untuk mengakui, memahami, dan menyadari nilai, perspektif, kekuatan, kelemahan, kecenderungan kepemimpinan, dan kebutuhan emosional diri sendiri.

Sementara itu, self management adalah kemampuan untuk memelihara dan memanfaatkan hasrat, kemampuan, emosi, dan kapasitas kepemimpinan seseorang dalam pengambilan keputusan.

Kedua aspek tersebut merupakan faktor utama dalam skill kepemimpinan diri.

Mengapa demikian? Pasalnya, setiap orang harus bisa memimpin diri mereka sendiri sebelum menjadi pemimpin untuk orang lain.

Selanjutnya, other awareness adalah kemampuan untuk mengakui dan mengenali ambisi, kekuatan, kelemahan, potensi dan kebutuhan orang lain.

Lalu, other management merupakan keahlian untuk menumbuhkan dan memotivasi orang lain untuk mengembangkan potensinya dan memenuhi tujuan organisasi.

Pemimpin yang hebat akan mulai dengan self awareness dan beranjak ke self management.

Kemudian, ia akan mulai mempelajari other awareness dan diakhiri dengan proses pemahaman pada other management.

Proses penguasaan skill seperti ini sifatnya tidak linear, tetapi dianggap lebih interaktif karena keempat aspek tersebut saling berkaitan.

Karakteristik Self Leadership

© Freepik.com

Self leadership menggambarkan cara terbaik agar seseorang dapat menjalani hidup mereka dengan baik.

Skill ini dapat membantu seseorang untuk menetapkan tujuan, mengikutinya, dan evaluasi bila terjadi sebuah kesalahan.

Nyatanya, kini, kehidupan dan bisnis sering kali saling berkaitan. Maka dari itu, skill ini juga mencerminkan bagaimana seseorang akan bekerja dengan klien, rekan kerja, dan atasan dalam tempat kerja.

Menurut Amy Franko, terdapat empat karakteristik inti dari skill kepemimpinan diri yang perlu dimiliki agar seseorang memiliki hidup yang lebih teratur. Berikut penjelasannya.

1. Antusiasme untuk belajar

Karakteristik pertama dari self leadership adalah sikap antusiasme untuk terus belajar.

Orang-orang dengan skill ini akan terus mengikuti tren di industri mereka, banyak membaca, dan suka belajar dan berbagi informasi baru.

Selain itu, mempelajari keadaan emosional pribadi dan orang lain juga menjadi faktor kuat untuk menjadi seseorang yang lihai memimpin diri sendiri.

2. Tujuan hidup dan karier

Karena dunia kepentingan pribadi dan profesional tidak dapat pisahkan, menetapkan tujuan karier dan kehidupan sifatnya sangatlah penting.

Hal ini akan menimbulkan ambisi, yang nantinya akan membantu seorang individu untuk berjuang dan memperbaiki kualitas dirinya.

Tak berhenti di situ, seseorang yg memiliki skill kepemimpinan diri juga akan mengevaluasi progres dan usahanya dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan.

3. Rencana dan jadwal

Selaras dengan tujuan hidup dan karier, seseorang yang menguasai self leadership memiliki rencana dan jadwal yang telah disusun dengan rapi.

Mengapa demikian? Sebab, rancangan rencana dan jadwal akan menimbulkan sifat disiplin dan time management yang baik. Kedua aspek tersebut penting untuk dimiliki bila ingin memiliki kehidupan yang lebih tertata.

4. Fokus dan konsentrasi

Seseorang yang memiliki skill kepemimpinan diri telah mengembangkan keterampilan untuk memilih apa yang ingin mereka fokuskan dan menyesuaikan konsentrasi untuk jangka waktu tertentu.

Mereka mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan menciptakan hasil yang hampir sempurna karena fokus dan konsentrasi yang tak mudah untuk dialihkan.

Cara Meningkatkan Skill Self Leadership

© Freepik.com

Setelah melihat definisi dan karakteristiknya, tak bisa dimungkiri bahwa self leadership adalah sebuah skill penting yang wajib dimiliki setiap individu.

Akan tetapi, bagaimana caranya untuk meningkatkan skill leadership tersebut? Apa yang perlu dilakukan bila kamu belum memiliki pengalaman profesional menjadi seorang pemimpin?

Melansir Cleverism, inilah cara-cara yang bisa kamu ikuti agar bisa menjadi seorang self leader yang mumpuni.

    Bentuk tujuan hidup dan karier yang jelas.

    Miliki ambisi untuk meraih sukses dan ambil risiko yang masih wajar.

    Sediakan waktu untuk refleksi diri dan berintrospeksi.

    Toleransi itu penting, tetapi tidak untuk semua hal.

    Miliki nilai dan prinsip yang akan dipegang teguh.

Itulah penjelasan singkat terkait self leadership yang telah Glints rangkum khusus untukmu.

Intinya, skill satu ini merupakan aspek mendasar dari kemampuan kepemimpinan yang perlu dimiliki setiap orang.

Dengan menguasainya, kamu dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin, mampu mengendalikan diri, dan ambisius dalam meraih tujuan pribadi dan organisasi.

Untuk berita lainnya seputar skill yang wajib dikuasai, kamu bisa langsung cek laman skills profesional di Glints Blog.

Di sana, tersedia banyak pembahasan seputar tips dan jenis-jenis keahlian yang patut kamu miliki sebelum terjun ke dunia profesional.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, cek artikelnya sekarang juga. Gratis!

Sumber

    SELF-LEADERSHIP DEFINITION

    What is Self-Leadership?

    What is Self Leadership and Why Do You Need It?

    Self-leadership

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D