Perbedaan Macbook Pro dan Air

Perbedaan Macbook Pro dan Air

Perbedaan Macbook Pro dan Air – Sampai saat ini, MacBook masih menjadi laptop yang diminati masyarakat karena memiliki keunggulan yang lebih dibanding dengan laptop lainnya. MacBook banyak diminati karena dinilai lebih ringan, ringkas, cepat, dan memiliki beragam fitur canggih.

Sebelum membeli MacBook, kita pasti dibingungkan ingin memilih MacBook Pro atau MacBook Air karena keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Lalu, bagaimana cara memilih MacBook terbaik? Nah, agar tidak salah pilih alangkah baiknya jika kamu menyimak perbedaan MacBook Pro dan Air.

Seperti yang diketahui, Apple menciptakan tiga varian Macbook yakni dengan varian standar Macbook itu sendiri dan dua lainnya adalah Macbook Air dan Macbook Pro. Hanya saja cukup banyak yang mencari perbedaan Macbook Pro dan Air, lantaran bingung harus memilih yang mana. Berikut ini akan disampaikan tentang perbedaan Macbook Pro dan Air agar lebih mudah menentukan pilihan.

Baca Juga : Kelebihan Macbook Air

Perbedaan MacBook Pro dan Air

Bagi sebagian orang atau pengguna baru, perbedaan Macbook Pro dan Air sangatlah penting, apalagi jika melihat sekilas pasti mengira bahwa keduanya tampak sama karena memiliki desain dan warna yang sama. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan lho, seperti apa perbedaan MacBook Pro dan Air?

Target Pasar

Perbedaan Macbook Pro dan Air yang pertama adalah target pasarnya, jelas bahwa kedua laptop ini diciptakan untuk kelas yang berbeda. Dari nama, MacBook Pro sudah jelas bahwa laptop ini ditujukan untuk kelas profesional seperti desainer, content creator, atau editor video yang menginginkan performa tangguh untuk mengerjakan aktivitas berat. Namun untuk MacBook Air, lebih ditujukan ke pelajar atau pekerja kantoran yang minim penggunaan aplikasi pekerjaan berat.

Desain

Perbedaan Macbook Pro dan Air lain dari segi desain. Jika dilihat secara sekilas, kedua laptop ini memiliki desain yang mirip hampir sama karena terbuat dari aluminium dengan permukaan matte serta logo apple kroak yang menyala. Di desain dengan bentuk yang tipis dan elegan, MacBook Pro dan Air pada awalnya memiliki dua pilihan warna yang sama, yakni space grey dan silver. Namun kini MacBook Air telah memiliki tambahan warna, yakni gold.

Ukuran dan Kualitas Layar

Perbedaan Macbook Pro dan Air dari segi kualitas layar dan ukurannya. Untuk ukuran MacBook Pro tersedia dalam dua pilihan, yakni 13 inci dan 16 inci dengan layar Retina Display terganting versinya. Untuk 13,3 inci memiliki resolusi hingga 2560 x 1600 pixels, sedangkan untuk 16 inci memiliki resolusi hingga 3072 x 1920 pixels. Sedangkan untuk MacBook Air 13,3 inci dibekali dengan layar Retina yang dilengkapi dengan Led-backlit glossy widescreen dan memiliki resolusi 2500 x 1600 pixels.

Sama-sama memiliki fitur True Tone, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang terletak pada tingkat kecerahan dan range warna. MacBook Pro tetap lebih unggul dibandingkan MacBook Air.

Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan MacBook Pro dan Air yang keempat terletak pada kapasitas penyimpanan. Disektor kapasitas penyimpanan, MacBook Pro dan Air hampir memiliki kesamaan. MacBook Pro versi 13 inci, dibekali dengan RAM 32 GB dengan penyimpanan SSD hingga 4 TB, dan versi 16 inci dibekali dengan RAM 64 GB dengan SSD hingga 8 TB. Sedangakan untuk MacBook Air keluaran terbaru dibekali dengan kapasitas RAM hingga 16 GB dan penyimpanan SSD cepat mulai dari 256 GB yang hanya bisa dikonfigurasi menjadi 2 TB saja.

Harga

Nah, dari segi harga inilah perbedaan MacBook Pro dan Air dapat terlihat lebih jelas. Berdasarkan target pasar sudah terlihat bahwa MacBook Pro ditujukan untuk kelas atas yang dipastikan memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan MacBook Air.

Untuk MacBook Pro dibanderol dengan harga mulai dari Rp.17 jutaan hingga Rp.30 jutaan. Sedangkan untuk MacBook Air dibanderol dengan harga mulai Rp.12,5 jutaan. Harga yang ditawarkan oleh Apple tersebut telah disesuaikan dengan fitur-fitur yang diberikan.

Setelah membaca perbedaan MacBook Pro dan Air diatas, apakah sekarang kamu telah memiliki pandangan untuk membeli yang mana? Selalu pastikan bahwa kamu membeli sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Urutan OS Macbook

Urutan OS Macbook

Urutan OS Macbook  – Apa saja urutan OS Macbook yang perlu kita ketahui? Tentunya ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.