Nipple Shield: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

taubgt.com – Proses menyusui si Kecil tentunya tidak selalu berjalan mulus ya Ma. Mama akan sangat mungkin menemukan beberapa kendala selama menyusui seperti puting sakit dan lecet, saluran Air Susu Ibu (ASI) yang tersumbat, hingga proses pelekatan yang kurang baik sehingga bayi sulit untuk menyusu.

Jika Mama mengalami salah satu diantaranya, jangan khawatir ya. Jangan sampai kendala ini menurunkan semangat Mama untuk menyusui si Kecil.

Karena ada cara yang bisa Mama lakukan nih untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan nipple shield atau alat pelindung puting. Alat ini bisa Mama gunakan di antara waktu menyusui, agar proses menyusui terasa lebih nyaman, baik untuk Mama maupun si Kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan berikan informasi selengkapnya mengenai Nipple Shield. Cari tahu yuk Ma terkait manfaat dan cara menggunakannya, agar menyusui si Kecil terasa nyaman untuk dilakukan.

1. Apa itu Nipple Shield?

Nipple shield adalah alat yang terbuat dari silikon dan digunakan sebagai pelindung puting. Nipple shield sebenarnya sudah ada sejak dulu, Ma. Hanya saja sekarang nipple shiled punya tampilan yang lebih modern dari segi bentuk dan bahannya.

Nipple shield dirancang dengan bentuk mirip seperti puting asli, dan digunakan di antara waktu menyusui. Biasanya ini digunakan untuk memberikan penghalang antara puting susu dan mulut bayi, jika dibutuhkan. Tentunya ini bisa membantu Mama untuk menyusui dalam waktu yang lebih lama, sehingga bayi bisa menyusu hingga kenyang.

Pelindung puting ini biasa digunakan untuk bantu mengatasi bayi yang sulit melakukan pelekatan, puting yang sensitif, serta kondisi tertentu seperti puting datar dan terbalik. Dimana hal ini bisa menyebabkan proses menyusui jadi terasa kurang nyaman.

2. Mengapa Mama harus menggunakan Nipple Shield?

Berikut ini beberapa alasan mengapa Mama harus menggunakan nipple shield saat menyusui, beserta manfaatnya dilansir dari Flo Health:

Menyusui bayi prematur biasanya membutuhkan pengasuhan dan perawatan yang lebih ekstra nih Ma. Ini karena, refleks menghisap alami pada bayi prematur kemungkinan besar belum terlalu kuat. Oleh karenanya, pelindung puting sangat diperlukan agar pelekatan bisa terjadi, serta bayi bisa menempel dan menghisap dengan baik.

Ketika memasuki fase menyusui, banyak Mama yang baru menyadari bahwa putingnya datar, pendek atau terbalik. Akibatnya, si Kecil tidak bisa menyusu dengan baik. Nah, penggunaan nipple shield bisa bantu menarik puting payudara Mama, sehingga bayi akan terangsang untuk menghisap puting dan menyusu dengan baik.

Pada awal-awal fase menyusui mungkin Mama belum terbiasa dengan hisapan di bagian puting, yang tentunya bisa menyebabkan lecet atau luka, sehingga menyusui jadi terasa menyakitkan. Sebagai solusinya, Mama bisa menggunakan pelindung puting atau nipple shield. Ini karena nipple shiled dengan ukuran yang tepat, akan memberikan bantuan agar menyusui dengan puting yang sakit bisa lebih mudah dilakukan.

Ketika bayi sudah terbiasa minum dari botol susu, tentu Mama membutuhkan waktu untuk membiasakan si Kecil menyusu langsung dari payudara. Penggunaan pelindung puting ini bisa jadi cara sederhana untuk membantu transisi bayi dari botol ke payudara dan sebaliknya.

Editors’ Picks

3. Kelebihan dan kekurangan menggunakan Nipple Shield

Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, ketahui dulu ya Ma beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan nipple shield.

Kelebihan

Kekurangan

4. Cara aman dan nyaman menggunakan Nipple Shield

Untuk mendapatkan manfaatnya, tentu Mama harus menggunakan nipple shield dengan cara yang benar ya. Berikut ini cara aman dan nyaman menggunakan nipple shield:

5. Pentingnya memilih Nipple Shield dengan ukuran yang sesuai dengan payudara Mama

Sama seperti payudara, tidak semua ukuran nipple shield atau pelindung payudara cocok dengan Mama.

Nipple shield tersedia dalam berbagai ukuran dan penting untuk Mama memilih ukuran yang tepat dengan payudara. Dengan menggunakan ukuran yang tepat, Mama akan terhindar dari risiko rasa sakit, gesekan dan masalah pada aliran ASI ketika menyusui. Selain itu seiring bertambahnya usia si Kecil, ada kemungkinan Mama juga membutuhkan nipple shield dengan ukuran yang lebih besar.

Oleh karenanya dalam menentukan tipe dan ukuran yang tepat, Mama sangat disarankan untuk melakukan konsultasi ke profesional medis dibidangnya. Biasanya dokter atau konsultan laktasi akan melakukan observasi dan memberikan saran yang tepat, agar Mama bisa memilih tipe dan ukuran nipple shield untuk menyusui.

6. Berapa harga Nipple Shield?

Untuk saat ini nipple shield bisa Mama beli dengan mudah di toko perlengkapan bayi, apotek atau e-commerce. Tapi jangan lupa untuk membeli yang sesuai dengan ukuran payudara Mama ya.

Berikut ini beberapa rekomendasi dan kisaran harga nipple shield yang banyak dijual di pasaran:

Nah itulah tadi Ma, informasi mengenai nipple shield terkait manfaat dan cara menggunakannya. Sangat penting untuk Mama mengetahui cara penggunaan nipple shield atau pelindung puting, agar manfaat yang didapat bisa lebih maksimal dan menyusui jadi lebih nyaman untuk Mama dan si Kecil.

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan baru untuk Mama yang sedang menyusui ya!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D