Macbook Air vs Macbook Pro

Macbook Air vs Macbook Pro

Macbook Air vs Macbook Pro – Jika mendengar kata Apple sebagian orang pasti hanya mengenal produk smartphone miliknya yakni iPhone saja. Padahal Apple sendiri diketahui juga menyasar pasar komputer jinjing alias laptop lho. Ya laptop keluaran Apple ini datang dengan nama Macbook.

Macbook sendiri merupakan salah satu produk buatan Apple yang banyak diminati. Hal itu tak mengherankan karena Macbook sendiri menawarkan fitur unggulan yang canggih. Sebagai informasi Macbook ini ada dua macam yakni Macbook Air dan Macbook Pro. Apa sih bedanya?

Nah untuk mengetahui perbedaan ini, berikut ini kita akan membahas mengenai Macbook Air vs Macbook Pro. Buat Anda yang akan membeli laptop Apple, Anda pasti akan menghadapi kebingungan memilih Macbook Air atau Macbook Pro. Kedua seri Macbook ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk menentukan Macbook yang terbaik untuk bekerja dan cocok buat kebutuhan Anda, inilah dia perbedaan Macbook Air vs Macbook Pro yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga : Perbedaan Macbook Pro dan Air

Macbook Air vs Macbook Pro

Perbedaan Target Pasar

Mengenai target pasar, Macbook Air vs Macbook Pro memiliki perbedaan. Untuk Macbook Pro ditujukan untuk professional seperti content creator, desainer atau editor video yang membutuhkan performa tangguh sehingga diperlukan laptop kuat untuk menjalankan pekerjaan berat. Sedangkan Macbook Air ditujukan untuk pengguna seperti pelajar maupun pekerja kantoran yang jarang menggunakan aplikasi pekerjaan berat.

Perbedaan Desain

Jika dilihat secara sekilas, desain Macbook Air vs Macbook Pro memang tak terlalu terlihat perbedaannya. Hal itu lantaran keduanya sama-sama terbuat dari alumunium dengan permukaan matte. Kedua laptop buatan Apple ini tipis, elegan dan terkesan premium.

Perbedaan Ukuran dan Kualitas Layar

Perbedaan Macbook Air vs Macbook Pro berikutnya dari segi ukuran dan kualitas. Meski sama-sama portable tapi punya perbedaan. Ukuran MacbookPro tersedia mulai dari 13 inci hingga 16 inci dan bobotnya lebih berat daripada Macbook Air yang berukuran 13 inch.

Lalu ukuran layar Macbook Air vs Macbook Pro juga berbeda, Macbook Pro punya layar Retina 13.3 inch (resolusi 2560 x 1600 px) atau 16inch (resolusi 3072 x 1920 px). Sementara Macbook Air 13.3 inch dengan layar Retina dilengkapi dengan LED-Blacklit glossy widescreen yang mendukung resolusi 2500 x 1600 px.

Kedua laptop ini menggunakan fitur True Tone tapi yang membedakan Macbook Air vs Macbook Pro adalah tingkat kecerahan dan range warna dan Macbook Pro lebih unggul daripada Macbook Air.

Perbedaan Penyimpanan

Penyimpanan Macbook Air vs Macbook Pro juga berbeda. Macbook Air punya RAM hingga 16GB dan SSD hanya 2TB saja sedangkan Macbook Pro RAM hingga 32GB dan SSD hingga 8TB.

Perbedaan Performa dan Baterai

MacBook Pro dan MacBook Air terbaru sudah menggunakan Chip Apple M1. Namun, MacBook Pro juga masih ada yang menggunakan prosesor Intel Core i5, Intel Core i7, dan Intel Core i9. Sementara itu, MacBook Air juga tersedia dengan prosesor Intel Core i3 hingga Intel Core i7.

Baterai Macbook Air vs Macbook Pro juga berbeda. Untuk Macbook Pro mencapai 10jam sedangkan Macbook Air bisa tahan hingga 12-13 jam lho.

Perbedaan Harga

Perbedaan Macbook Air vs Macbook Pro yang terakhir dari segi harga. Untuk Macbook Pro harganya mulai Rp 17 jutaan hingga Rp 30 jutaan. Lalu untuk Macbook Air harganya mulai Rp 12.5 jutaan.

Itulah tadi beberapa perbedaan mengenai Macbook Air vs Macbook Pro yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan membeli sehingga kamu tidak salah pilih dan bisa menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan Anda.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Urutan OS Macbook

Urutan OS Macbook

Urutan OS Macbook  – Apa saja urutan OS Macbook yang perlu kita ketahui? Tentunya ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.