Ketiak Bengkak? Kenali Gejala Kelenjar Getah Bening Berikut Ini, Jangan Panik Dulu!

taubgt.com – Gaya Hidup – Sudah tahu gejala kelenjar getah bening yang alami pembengkakan tapi bikin bahaya itu yang seperti apa? Lalu pengobatannya seperti apa dan cara mencegahnya gimana? Kalau belum, maka informasi dalam artikel ini akan membantu kamu, sedikit banyak dalam mendeteksi pembengkakan kelenjar getah bening.

Dilansir dari laman Healthline, Mayo Clinic, dan Medical News Today, berikut ada informasi mengenai kelenjar getah bening, gejala kelenjar getah bening yang alami pembengkakan, serta pengobatan dan cara pencegahannya!

Apa itu Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar getah bening adalah sebuah kelenjar kecil yang miliki bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar kecil ini menyaring getah bening, cairan bening yang beredar melalui sistem limfatik. Sistem limfatik terbuat dari saluran di seluruh tubuh kita yang mirip dengan pembuluh darah.

Pada dasarnya, kelenjar getah bening itu terletak di seluruh tubuh. Mereka dapat ditemukan di bawah kulit di banyak area di antaranya:

    Di ketiak

    Di bawah rahang

    Di atas tulang selangka

    Di kedua sisi leher

    Di kedua sisi selangkangan

Kelenjar getah bening menyimpan sel darah putih, yang berfungsi untuk membunuh organisme yang menyerang. Bisa dikatakan kelenjar getah bening adalah sebuah pos pemeriksaan militer. Di mana, ketika bakteri, virus, dan sel-sel abnormal atau berpenyakit melewati saluran getah bening, mereka berhenti di kelenjar getah bening.

Ketika menghadapi infeksi atau penyakit, maka kelenjar getah bening menumpuk kotoran, seperti bakteri dan sel-sel mati atau berpenyakit.

Gejala Kelenjar Getah Bening yang Bengkak

Penyebab kelenjar getah bening membengkak adalah akibat infeksi dari bakteri atau virus. Cukup jarang ditemui pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kanker.

Sistem limfatik itu meliputi jaringan organ, pembuluh, dan kelenjar getah bening yang terletak di seluruh tubuh kita. Makanya, kelenjar getah bening terletak menyebar di tubuh, terutama di daerah kepala dan leher. Di area inilah kelenjar getah bening sering terjadi pembengkakan, juga di area ketiak dan selangkangan.

Pembengkakan kelenjar getah bening adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah di suatu tempat di tubuh kamu. Saat kelenjar getah bening kamu pertama kali membengkak, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

    Kelembutan dan nyeri di kelenjar getah bening

    Pembengkakan yang mungkin seukuran kacang polong atau kacang merah, atau bahkan lebih besar di kelenjar getah bening

Tergantung pada penyebab pembengkakan kelenjar getah bening, tanda dan gejala kelenjar getah bening lain yang mungkin kamu miliki termasuk:

    Hidung meler

    Sakit tenggorokan

    Demam dan indikasi lain dari infeksi saluran pernapasan atas

    Pembengkakan umum kelenjar getah bening di seluruh tubuh kamu. Ketika ini terjadi, ini mungkin mengindikasikan infeksi, seperti HIV atau mononukleosis, atau gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti lupus atau rheumatoid arthritis.

    Nodus yang keras, tetap, tumbuh dengan cepat, menunjukkan kemungkinan kanker atau limfoma

    Demam

    Keringat malam

Bagaimana Mendeteksi Gejala Kelenjar Getah Bening yang Membengkak?

Ukuran kelenjar getah bening yang bengkak itu bisa berbeda-beda, bisa sekecil kacang polong atau sebesar ceri. Yang jelas, area yang bengkak itu bisa menyakitkan saat disentuh, atau mereka bisa sakit saat kamu melakukan gerakan tertentu.

Gejala kelenjar getah bening bengkak di bawah rahang atau di kedua sisi leher mungkin bisa dirasakan ketika kamu memutar kepala dengan cara tertentu atau mengunyah makanan. Rasa sakitnya ini bisa dirasakan hanya dengan menggerakkan tanganmu di atas leher, tepat di bawah garis rahang. Kelenjar getah bening yang membengkak ini juga terasa lembut.

Diagnosis Gejala Kelenjar Getah Bening yang Bengkak

Jika kamu baru saja jatuh sakit atau mengalami cedera, segera beri tahu dokter detailnya. Informasi ini sangat penting dalam membantu mereka menentukan penyebab gejala getah bening yang dirasakan.

Nantinya, dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatanmu. Hal ini penting lantaran penyakit atau obat tertentu dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan memberikan riwayat kesehatanmu membantu mereka menemukan diagnosis dan obat yang tepat.

Setelah mendiskusikan gejala kelenjar getah bening yang bengkak dengan dokter, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa ukuran kelenjar getah bening kamu dan merasakannya untuk melihat apakah mereka lunak.

Setelah pemeriksaan fisik selesai, mungkin dilakukan pemeriksaan tambahan untuk mendeteksi penyakit tertentu dengan cara test darah. Jika perlu, dokter dapat melakukan tes pencitraan untuk mengevaluasi lebih lanjut kelenjar getah bening atau area lain dari tubuh kamu yang mungkin menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Tes pencitraan umum yang digunakan untuk memeriksa kelenjar getah bening meliputi:

    Sinar X

    USG

    CT scan

Jika tes di atas menunjukkan perlunya evaluasi lebih lanjut, maka dokter dapat memesan MRI. Lalu, dalam kasus tertentu, pengujian lebih lanjut diperlukan setelah MRI.

Dalam hal ini, dokter dapat memesan biopsi kelenjar getah bening. Ini adalah tes invasif minimal yang terdiri dari penggunaan alat tipis seperti jarum untuk mengambil sampel sel dari kelenjar getah bening. Sel-sel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium di mana mereka diuji untuk penyakit utama, seperti kanker. Jika perlu, dokter dapat mengangkat seluruh kelenjar getah bening.

Pengobatan Jika Mengalami Gejala Kelenjar Getah Bening Bengkak

Dalam beberapa kasus, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi lebih kecil dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Namun, tetap saja dokter mungkin ingin memantau mereka meski tanpa pengobatan.

Ketika pembengkakak terjadi karena infeksi virus, kamu mungkin akan diberi resep antibiotik atau obat antivirus untuk menghilangkan kondisi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dokter mungkin juga merekomendasikan obat-obatan seperti acetaminophen (Tylenol) dan ibuprofen (Advil, Motrin) untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Sedangkan, jika pembengkakan kelenjar getah bening mengacu pada penyakit kanker, maka mungkin tidak menyusut kembali ke ukuran normalnya sampai kanker diobati. Di mana, perawatan kanker ini akan melibatkan pengangkatan tumor atau kelenjar getah bening yang terkena. Ini mungkin juga melibatkan kemoterapi untuk mengecilkan tumor. Dokter kamu akan mendiskusikan pilihan pengobatan mana yang terbaik untuk kesehatanmu.

Pencegahan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Bagaimana cara mencegah pembengkakan kelenjar getah bening? Satu-satunya cara adalah dengan mencegah kondisi yang dapat menyebabkannya. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan bisa dilihat di bawah ini:

    Praktekkan kebersihan gigi yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu.

    Sering-seringlah mencuci tangan.

    Dapatkan vaksinasi terhadap kondisi seperti herpes zoster, TBC, dan flu.

    Hindari berbagi makanan, minuman, atau barang-barang pribadi seperti handuk dengan siapa saja yang memiliki infeksi menular seperti mono atau pilek.

    Gunakan kondom atau metode penghalang lainnya selama aktivitas seksual.

    Tanyakan kepada dokter kamu tentang mengganti obat jika kamu mengalami reaksi yang merugikan atau alergi.

    Hindari kucing liar atau biarkan kucing peliharaan kamu bermain di luar ruangan.

Itulah dia informasi lengkap mengenai gejala kelenjar getah bening dan detail lengkapnya. Semoga sehat selalu ya!(prl).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website intipseleb.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D