iphone tiba tiba mati

iPhone Tiba Tiba Mati

iPhone tiba tiba mati bisa dialami siapa saja para pengguna smartphone ini. Dengan harga yang terbilang mahal, mengalami hal seperti itu akan menimbulkan kepanikan tersendiri. Khawatir akan kerusakannya, apakah masih bisa diperbaiki atau benar-benar mati tidak dapat digunakan lagi.

Jangan berpikiran yang tidak-tidak dulu, lebih baik dicari penyebab mati secara tiba-tiba tersebut. Jika sudah ketemu penyebab permasalahan, lanjutkan mencari solusi terbaik. Penyebab iPhone mati dan solusi terbaik bisa lanjut ke tulisan berikut ini.

Penyebab iPhone Tiba Tiba Mati

iphone tidak bisa nyala

Barang elektronik pada saatnya akan mengalami yang namanya eror atau hal lain yang lebih parah. iPhone yang mendadak mati, memiliki banyak kemungkinan penyebab. Di charge juga tidak terkoneksi, baterai sudah ngedrop atau masalah lain seperti ada bagian komponen yang rusak.

iPhone tiba tiba mati bisa jadi karena permasalahan di bawah ini, yaitu:

  1. iPhone terkena air
  2. Baterai habis dan tidak ada notifikasi terlebih dahulu.
  3. LCD rusak berat dan pecah.
  4. Baterai rusak.
  5. Baterai tidak bisa di charge.
  6. iPhone terjatuh sehingga bagian elemennya ada yang rusak.
  7. Upgrade iOS gagal karena baterai habis.
  8. Saat proses jailbreak tidak melakukan hingga selesai sempurna.
  9. IC charger dan komponen rusak.
  10. Update iOS gagal karena sambungan koneksi internet tidak lancar.

Selain 10 penyebab di atas, masih banyak penyebab lain yang tidak disebutkan. Namun, permasalahan di atas yang sering dialami oleh pengguna iPhone. Tak perlu khawatir atau bingung, setiap masalah pasti ada solusinya.

Cara Perbaiki iPhone Tiba-tiba Mati

iphone mati total tidak bisa di charge

Apabila mengalami iPhone tiba tiba mati, ada cara yang dapat dilakukan. Hanya saja, cara-cara ini dapat menghilangkan data dalam iPhone. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya melakukan back up data terlebih dahulu. Jika sudah, maka akan aman memperbaiki iPhone mati tiba-tiba.

Cara memperbaiki iPhone mati secara tiba-tiba dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

1. Charge Selama 6 Jam

Pada umumnya, kasus iPhone mendadak mati dikarenakan baterai sudah ngedrop dan langsung mati. Meskipun pada layar baterai tersebut masih tersisa 20% atau 30%. Kejadian seperti ini menyebabkan pengisian baterai memerlukan waktu yang lebih lama dari keadaan normal.

Untuk masalah ini charge iPhone selama 6 jam penuh dan jangan sekalipun mencoba menyalakannya. Yang perlu diingat lakukan pengisian daya dengan menggunakan kabel charger dan adapter resmi dari Apple .

Baca Juga Ciri Charger iPhone Ori

2. Force Restart

Cara kedua dengan teknik force restart yang artinya mencoba menyalakan iPhone tiba tiba mati dengan cara paksa. Teknik ini sesuai dengan model iPhone dan caranya berbeda-beda pada setiap model. 

Adapun iPhone 6 dapat dilakukan force restart dengan langkah sebagai berikut:

  • Menekan home dan sleep secara bersama-sama.
  • Tekan terus hingga muncul logo Apple, kemudian lepaskan.

Pengguna iPhone 8 dapat melakukannya dengan metode seperti ini:

  • Tekan sekaligus tahan tombol power pada bagian samping sambil menekan volume up dan down bergantian. Penekanan dilakukan masing-masing selama 1 kali.
  • Apabila logo Apple muncul, lepaskan.

Cara paksa ini pada umumnya dilakukan jika iPhone mendadak mati. Cara yang mudah dan praktis dicoba dulu sebelum melakukan langkah terakhir.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

3. Menghubungi Apple Center

Langkah ketiga ini dilakukan jika langkah di atas sudah tidak mempan. Jika iPhone malah makin ngadat dan tetap mati, dapat menghubungi pusat layanan Apple. Dengan menghubungi pusat Apple makan dapat diberikan solusi terbaik pada iPhone yang mati tiba-tiba.Sebaiknya sebelum menghubungi pusat Apple lebih baik dilakukan upaya terlebih dahulu. Siapa tahu iPhone dapat hidup kembali. Jika iPhone tiba tiba mati tak dapat dihidupkan kembali, bertanya ke Apple Center adalah pilihan paling tepat.

Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya Sobat ! Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.