Ini Jawaban untuk Pertanyaan Interview “Apakah Anda Sedang Melamar di Perusahaan Lain?”

taubgt.com – Pertanyaan interview “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” bisa menjadi sangat menjebak untuk para job seeker.

Apa lagi jika kamu tak tahu cara menjawabnya dengan tepat. Oleh karenanya, kamu perlu memahami trik untuk menjawabnya dengan baik.

Menjawab pertanyaan ini dengan tepat dapat memperbesar kesempatanmu untuk diterima di perusahaan impian, lho.

Nah, kira-kira, bagaimana cara paling tepat dalam menjawab pertanyaan tersebut? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Apakah Boleh Melamar di Banyak Perusahaan?

Sebelum masuk ke cara menjawab pertanyaan interview “apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?”, mungkin banyak yang masih bertanya-tanya apakah sebenarnya boleh atau tidak melamar di banyak perusahaan.

Jawabannya tentu saja boleh, apalagi jika belum ada yang menerima lamaranmu.

Dalam proses pencarian kerja, kamu harus pintar-pintar dan apply ke banyak lowongan dengan kualifikasi yang sesuai.

Tak hanya meningkatkan kesempatan untuk maju ke tahap selanjutnya, trik ini juga membuatmu punya banyak pilihan.

Kamu bisa langsung klik tombol di bawah ini dan mengirim lamaran ke ribuan lowongan yang ada di Glints.

Jangan ragu atau takut, apply terus sampai tembus!

APPLY DI GLINTS

Tujuan Diajukannya Pertanyaan

© Merdeka.co.id

Sejatinya, terdapat beberapa alasan mengapa pertanyaan interview mengenai “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” ini dipertanyakan.

Bersumber dari Forbes, berikut adalah beberapa alasannya:

1. Mengetahui cakupan lamaranmu

Jika kamu melakukan interview di suatu perusahaan yang menaungi perusahaan lain (holding), sangat wajar kamu menerima pertanyaan tersebut.

Dengan bertanya seperti itu, rekruter hanya ingin memastikan bahwa kita tidak sedang mengikuti proses rekrutmen di entitas perusahaan yang masih dalam satu grup bisnis dengan mereka.

Jika ternyata yang kita ikuti proses rekrutmennya tersebut adalah perusahaan yang masih satu grup dengan perusahaan yang kita lamar, rekruter biasanya akan memberikan pilihan pada kita.

Mereka akan memberi opsi mau meneruskan proses rekrutmen di perusahaan yang mana.

2. Mengetahui tipe kandidat

Alasan berikutnya mengapa pertanyaan “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” dilontarkan rekruter adalah untuk mengetahui kepribadian kandidat.

Dengan mengetahui jenis industri dan posisi yang sedang diikuti proses rekrutmennya, ada kemungkinan rekruter ingin melihat tipe kandidat seperti apa dirimu.

Mereka ingin tahu apakah kamu tergolong kandidat yang secara acak melempar lamaran ke semua bidang atau termasuk golongan kandidat yang tertata.

Maksud tertata ini adalah melamar ke berbagai lowongan dan jenis industri yang memang selama ini menjadi keahlian dan pengalaman kita.

Ada rekruter yang beranggapan jenis kandidat yang seperti itu adalah kandidat yang benar-benar mengetahui kompetensi dan tujuan kariernya ke depan.

Namun, hal ini harus di dalami kala sesi interview.

3. Mengetahui daya tarik kandidat di pasar tenaga kerja

Alasan terakhir pertanyaan “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” ditanyakan rekruter adalah untuk memahami daya tarik kandidat.

Mereka umumnya akan menghubungi rekruter perusahaan tersebut dan membandingkan kualitas pengalaman dan CV yang kamu berikan pada mereka.

Jika kompetensimu menurut mereka menarik, rekruter takkan ragu untuk mempercepat dan mempersingkat proses rekrutmen.

Cara Menjawab Pertanyaan Apakah Sedang Melamar di Perusahaan Lain

© Pintaria.com

Bersumber dari The Muse, dan Careersidekick, berikut adalah beberapa cara dalam menjawab pertanyaan “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?”.

1. Jika pada bidang sejenis, sampaikan jika hal tersebut hanyalah opsi

Sangat mungkin terjadi kamu melamar pada kompetitor dari perusahaan yang sedang melakukan interview denganmu.

Untuk menjawab hal ini, yang perlu kamu lakukan adalah menyampaikan bahwa posisi lainnya yang kamu lamar hanyalah opsi saja.

Kemudian, tegaskan bahwa posisi yang kamu lamar di perusahaan tempatmu melakukan interview adalah yang paling kamu harapkan.

2. Jika pada bidang berbeda-beda, sampaikan keterikatannya

Kemungkinan lain adalah kamu melamar pada bidang atau posisi yang berbeda-beda.

Bagi sebagian rekruter, hal ini terlihat kamu tidak memiliki konsistensi dan hanya ‘menyebar jaring’ saja untuk mendapatkan pekerjaan.

Oleh karenanya jika ini terjadi padamu, cara menjawab pertanyaan interview “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” yang tepat adalah untuk menyampaikan keterikatannya satu sama lain.

Hal ini seperti kamu melamar sebagai business development staff, dan social media officer.

Kedua hal tersebut merupakan posisi yang berbeda.

Namun kamu dapat menyampaikan bahwa pada dasarnya kamu tertarik dengan hal-hal yang dinamis.

Sosial media dan kondisi bisnis merupakan hal yang terus berubah, dan terkadang kebijakan bisnis juga perlu dikomunikasikan melalui sosial media.

Selain itu, tunjukkan pula jika kamu memang memiliki latar belakang di kedua hal tersebut.

Hal ini justru memperbesar nilaimu di mata rekruter.

3. Jangan sampaikan terlalu detail

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan kala menjawab pertanyaan “Apakah Anda melamar di perusahaan lain?” adalah untuk tidak menyampaikannya terlalu detail.

Jika memang kamu melamar di cukup banyak perusahaan, sebutkan beberapa saja yang memiliki posisi cukup menarik.

Kemudian, kamu tak perlu sampaikan sudah sampai pada tahap apa tiap-tiap proses tersebut.

4. Tak perlu berlebihan

Cara berikutnya untuk menjawab pertanyaan “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?” adalah untuk memberikan jawaban yang tidak berlebihan.

Berlebihan di sini adalah untuk tidak membesar-besarkan nama perusahaan lain yang kamu lamar. Terutama jika perusahaan lain tersebut merupakan salah satu favoritmu.

Tak hanya itu, jika salah satu perusahaan telah memberikanmu kepastian, kamu tak perlu menyampaikannya di depan rekruter saat kamu sedang wawancara.

Hal tersebut justru membuat rekruter merasa kamu memang tidak memiliki minat untuk mendaftar di posisi yang kamu lamar saat ini.

Nah, itulah cara menjawab pertanyaan interview “Apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain?”.

Dengan mengetahui ini, dijamin kamu bisa lebih percaya diri dan lancar dalam menjalankan semua tahapan dalam interview kerja.

Kalau sudah paham dengan hal-hal di atas, artinya kamu sudah siap untuk melamar kerja.

Di Glints, ada banyak lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang bisa kamu lamar.

Kamu bisa cari mana yang paling cocok, lalu langsung apply.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, cek lowongannya sekarang juga!

Sumber

    How To Answer ‘What Other Companies Are You Interviewing With?’

    How to Answer “What Other Companies Are You Interviewing With?”

    Answering “What Other Companies Are You Interviewing With?”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D