Indef: Sosialisasi jadi kunci penting rencana penerapan MLFF di tol

taubgt.com – Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto mengungkapkan sosialisasi kepada pengguna kendaraan jadi kunci penting dalam rencana penerapan sistem pembayaran tol nontunai tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol.

“Sosialisasi penerapan MLFF harus benar-benar mengena kepada para pengguna jalan tol,” ujar Eko saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, hal ini dikarenakan untuk membantu pengguna kendaraan beradaptasi dan mudah memahami penggunaan aplikasi MLFF, termasuk pengguna kendaraan yang masih gagap dalam menggunakan aplikasi smartphone.

Sosialisasi MLFF juga harus menyasar para pengemudi kendaraan logistik agar cepat beradaptasi dengan aplikasi pembayaran nirsentuh tanpa henti yang didukung teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

“Hal-hal seperti ini harus diantisipasi,” ujar Eko.

Selain itu, Eko juga menekankan pentingnya pemerintah dan operator jalan tol untuk tetap mengedepankan kampanye keselamatan di jalan tol, kendati nantinya kondisi lalu lintas lancar setelah MLFF diimplementasikan secara penuh.

“Walaupun transaksi tol ini bersifat nontunai dan nirsentuh, jangan kemudian pengguna tol lalu mengabaikan faktor keselamatan dalam berkendara di jalan tol,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melakukan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat terkait sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sosialisasi tersebut merupakan langkah penting, sebelum Kementerian PUPR melakukan instalasi dan praktek implementasi MLFF.

Terkait dengan sosialisasi MLFF di daerah pelosok, tentunya Kementerian PUPR juga akan melakukan sosialisasi yang menyasar para pengguna jalan tol atau masyarakat pengguna kendaraan yang bisa masuk ke jalan tol.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D