Ikut Arisan di Kantor, Wajib atau Tidak?

taubgt.com – Selain bekerja, biasanya ada banyak kegiatan sosial yang dilakukan di kantor. Mulai dari ikut kegiatan volunteer, olahraga bersama, hingga arisan di kantor.

Bagi beberapa kantor, atau tim dalam perusahaan, punya arisan adalah sebuah kewajiban. Bahkan terkadang menjadi sebuah kultur di antara para karyawan.

Namun, sebenarnya kamu wajib ikut atau tidak, ya, kegiatan arisan ini? Yuk, cari tahu dulu keuntungan dan kerugiannya!

Baca Juga: Yuk Ketahui Bagaimana Etika Menggunakan Media Sosial dengan Teman Sekantor

Keuntungan Ikut Arisan di Kantor

© Unsplash.com

Biasanya, kegiatan arisan di kantor dilakukan bersamaan dengan kegiatan sosial lainnya. Mulai dari pengajian, diskusi, atau sekedar makan siang bersama.

Lalu, apa saja keuntungannya mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut?

1. Kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dari departemen yang berbeda

Kamu mungkin telah sering berkomunikasi dengan rekan kerja dari berbagai departemen melalui chat atau email tentang pekerjaan.

Namun, itu bukan berarti kamu telah menjalin hubungan pertemanan secara personal dengan mereka.

Mengikuti kegiatan-kegiatan sosial tersebut memberimu kesempatan untuk mengenal mereka lebih jauh. Kamu bisa mengenali mereka tidak hanya secara profesional, namun juga secara personal.

Kegiatan sosial seperti ini adalah kesempatan untukmu mendapatkan teman dekat di kantor.

2. Meningkatkan kerja sama antar tim

The Guardian menyebutkan bahwa kegiatan sosial dapat membantumu meningkatkan kerja sama, terutama antar tim atau departemen yang sering bekerja sama.

Ketika kamu ikut dalam kegiatan arisan di kantor, kamu akan lebih mengenal rekan-rekan kerja yang sering berinteraksi denganmu.

Kamu akan lebih mengenal karakter rekan-rekan kerjamu. Sehingga, kamu bisa memahami interaksi seperti apa yang tepat dengan rekan-rekanmu.

3. Mengurangi stres kerja

Salah satu dari tujuan adanya kegiatan sosial seperti arisan di tempat kerja adalah untuk mengurangi stres.

Bahkan, beberapa perusahaan melarang karyawannya untuk mendiskusikan pekerjaan selama kegiatan berlangsung.

Tingkat stres yang rendah sangat bermanfaat di tempat kerja. Kamu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal saat mengalami stres.

Tingkat stres yang tinggi di tempat kerja dapat menyebabkan kelelahan hingga memicu berbagai penyakit fisik dan gangguan mental.

Dengan membantu membangun hubungan sosial di tempat kerja, kamu dapat mengurangi stres di tempat kerja.

4. Meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan kerja

Menurut Forbes, salah satu cara untuk membuat dirimu bahagia dan merasa lebih puas di tempat kerja adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan orang-orang yang bekerja denganmu. Mulai dari rekan kerja hingga atasan.

Hubungan sangat penting untuk kebahagiaan. Hubungan yang berkualitas memberikan dukungan dan membantu membangun harga diri .-Keduanya akan berpengaruh pada perasaan bahagia.

Harvard Study of Adult Development melacak kehidupan 724 pria selama 79 tahun. Para peneliti berharap menemukan rahasia sukses, kebahagiaan, dan kehidupan yang baik.

Studi tersebut menemukan bahwa hubungan sangat memengaruhi kesehatan, kebahagiaan, dan kualitas hidup.

Ditemukan juga bahwa kualitas hubungan lebih penting daripada kuantitas.

Salah satu cara untuk membangun hubungan tersebut adalah dengan ikut berbagai kegiatan sosial di kantor, termasuk arisan.

5. Keuntungan finansial

Kegiatan arisan disenangi banyak orang karena kamu bisa mendapatkan keuntungan finansial tersendiri.

Kamu bisa mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan besaran iuran yang kamu berikan.

Inilah yang menyebabkan banyak orang senang mengikuti kegiatan arisan.

Kamu bisa memanfaatkan uang hasil arisan tersebut untuk memenuhi kebutuhanmu atau sekedar membeli barang yang kamu inginkan.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara agar Disukai Teman Kerja? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Haruskah Ikut Arisan di Kantor?

© Katemangostar via freepik.com

Mengikuti kegiatan sosial seperti arisan di tempat kerja memang memberikan banyak manfaat untukmu. Meski begitu, haruskah kamu mengikutinya?

Arisan ataupun kegiatan sosial lainnya memang bukan kegiatan yang wajib diikuti.

Tetapi, ada baiknya kamu ikut arisan di kantor jika hal itu tidak mengganggu pekerjaan ataupun finansialmu.

Bahkan, The Muse menyebutkan bahwa kamu boleh saja tidak mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di kantor jika kamu memang tidak berminat. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikutinya.

Meskipun kamu telah bekerja selama beberapa bulan atau beberapa tahun, introvert atau ekstrovert, ingin berteman atau tidak, bersosialisasi dengan rekan kerja adalah sebuah pilihan.

Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja penting untuk komunikasi yang jelas, produktivitas, dan kepuasan kerja secara keseluruhan, tetapi hubungan itu bisa saja hanya sebatas profesional di kantor.

Terkadang tekanan dari rekan kerja dapat membuatmu sungkan. Akhinya, kamu terjebak melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kamu lakukan.

Jika kamu memang tidak berminat, berikan penolakan yang tidak terkesan personal. Fokuslah pada keputusanmu dan mengapa kamu tidak dapat atau tidak akan ikut arisan.

Misalnya dengan mengatakan “Terima kasih telah mengundang saya! Saya tidak bisa, tapi bersenang-senanglah!” atau “Saya menghargainya, tetapi saya sudah punya rencana lain.”

Dalam kebanyakan situasi, mereka akan menerima penolakanmu.

Baca Juga: Menghadapi Rekan Kerja yang Cuek? Yuk, Coba 4 Tips Berikut!

Apakah kamu memiliki pengalaman unik ketika ikut arisan di kantor? Apakah timmu atau di kantormu punya kegiatan Arisan?

Yuk, ceritakan pengalamanmu di Glints Komunitas.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab tempat kamu bisa berbagi pengalaman, lho!

Tidak hanya itu, kamu juga dapat berdiskusi seputar dunia kerja dengan para profesional dan pengguna Glints lainnya.

Menarik, bukan? Yuk, bergabung di Glints Komunitas dan bagikan pengalamanmu!

Sumber

    Teamwork, social events and company culture are vital to happiness at work

    How to (Politely) Say No to Work Social Events

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D