Ikalumni 70 Jakarta Lakukan Kerja sama Tingkatkan Layanan Pelaku Usaha Alumni Berbasis Digital

taubgt.com – Lewat ajang The Amazing Journey 70 lintas angkatan, Ikatan Alumni (Ikalumni) SMAN 70 Jakarta mengadakan kegiatan bertukar rinformasi dengan menggelar berbagai kegiatan yang dilakukan dipelataran sekolah SMAN 70 Jakarta. Mulai dari kegiatan bazar UMKM antar lintas angkatan, band perform, hingga coaching usaha mandiri guna mengembangkan kapasitas pelaku usaha komunitas 70.

SMAN 70 berdiri sejak tahun 1981 (41 tahun) yang merupakan penggabungan SMAN 9 dan SMAN 11. Masing-masing angkatan dan lintas angkatan memiliki suatu paguyuban /perkumpulan ikatan alumni yang bertujuan mempererat tali silaturahmi para alumnus. Dan baru pada tanggal 7 Oktober 2020, Ikatan Alumni SMAN 70 Jakarta lintas angkatan (Ikalumni 70 Jakarta) berdiri secara sah berbadan hukum dan terdaftar pada Kementerian Hukum dan HAM.

Diawali ketika pandemi berlangsung,hampir tidak memungkinkan kegiatan tatap muka dan dari situlah ide kegiatan berubah pada kegiatan yang bersifat online dalam berkomunikasi . 100 pelaku usaha masuk mendaftar dalam grup medsos facebook, instagram dan whatsapp. Tujuannya membantu usaha para alumni pada kalangan keluarga besar 70 diberbagai lintasan angkatan.

“Misi visi Ikalumni 70 Jakarta selain menjalin tali silaturahmi dan program kegiatan sosial, budaya dan ekonomi, juga untuk berkontribusi mensejahterakan para alumni. Salah satu cara yang dilakukan adalah membangun network para alumnus dari berbagai usaha. Dengan demikian banyak hal yang bisa dilakukan guna memperluas pasar di lintas angkatan,serta memberikan konsultasi / bimbingan usaha lewat aplikasi medsos hingga bekerjasama dengan pihak luar agar dapat lebih berkembang lagi kedepannya,” ujar Bramantyo Ernowo (Mbong), Ketua Ikalumni 70 Jakarta, (23/10/22).

Menurut Mbong, banyaknya bidang usaha yang ada di lingkup almamater dapat meningkatkan berbagai hal, mulai dari info kualitas produk, pemasaran, promosi, packaging / kemasan, sertifikasi halal dll.

“Ikalumni 70 Jakarta memiliki database dan mendapat gagasan dari Iluni 70 angkatan 1991 untuk menyatukan kedalam sebuah platform aplikasi digital medsos wirausaha berbasis komunitas alumni bernama “gerai70” yang merupakan hasil karya anak bangsa dan juga mantan alumnus SMAN 70 angkatan 1991. Tanggungjawab dan pengelolaan aplikasi gerai70 diserah-terimakan kepada Ikalumni 70 agar dapat mengakomodir bagi seluruh alumni dari berbagai lintas angkatan dan lebih terkoordinasi,” tambah Mbong.

Aplikasi gerai 70 yang berada di dalam infrastuktur platform digital uemkaem.id dengan tagline “Yuk!! Bantu Usaha Teman!”, diinisiasi oleh struktur bidang pengembangan usaha iluni 70 angkatan1991 (red; Iluni Sitaraps 70 Jakarta, nama angkatan 91) yang diluncurkan versi beta dan diumumkan oleh Ketua Iluni Sitaraps 70 Jakarta, Akhmad LafrantaSiregar di sela acara Talk Show dan Pameran UMKM Iluni Sitaraps 70 Jakarta di GOR Cilandak Jakarta Selatan, pada Minggu 27 Maret 2022 lalu.

Affan panggilan akrab Akhmad Lafranta Siregar yang juga menjabat Ketua Umum Kamar Dagang & Industri (Kadin) Jakarta Selatan, mengungkapkan, ikatan alumni yang dipimpinnya saat ini juga berupaya membantu teman-teman yang memiliki usaha atau bisni sdalam kategori UMKM.

“Tentunya, banyak teman-teman alumni 70, khususnya angkatan 91 yang kehidupannya sangat beruntung. Tapi, mungkin, tidak sedikit pula teman-teman yang sedang tidak beruntung. Nah, di sinilah ikatan alumni ini berperan. Sesama alumni berupaya untuk bisa membantu teman-teman yang lagi kurang beruntung ini,” kata Affan saat itu.

Menurut Affan, banyak upaya yang ikatan alumni akan lakukan. Antara lain, upaya pelatihan ataupun asistensi bagi para alumnus yang menjadi pelaku usaha untuk mampu meningkatkan usahanya. Kemudian, bagaimana mereka bisa mendapatkan akses permodalan, dan memperluas pemasaran produk usahanya.

“Kebetulan saya juga menjabat sebagai Ketua Kadin Jakarta Selatan yang memiliki program pemberdayaan UMKM. Inilah yang mungkin saya coba kawinkan mendorong para pelaku usaha yang tergabung dalam gerai70 untuk menjadi binaan Kadin Jakarta Selatan, oleh karena saya juga menjabat sebagai ketu aikatan alumni 70 angkatan 91,” jelasnya.

“Saya berharap dengan penyerahan penanggungjawab dan pengelolaan bersama (swa-kelola) aplikasi gerai70 dari Iluni Sitaraps 70 Jakarta kepada Ikalumni 70 Jakarta, nantinya juga dapat dimanfaatkan dan dinikmat ibagi seluruh alumnus lintas angkatan di bawah organisasi Ikalumni 70 Jakarta untuk mendorong promosi usaha dan produk teman-teman sendiri dalam suatu pasar yang terukur dalam komunitas alumni SMA 70 lintas angkatan,” pungkasnya.

Terdapat 3 pihak yang terlibat didalam acara penandatangan Nota Kesepakatan (MoU) atas Pengelolaan Bersama Ekosistem Alumni Gerai70 BerbasisTeknologi Informasi, yakni antara pihak PT. Uemkaem Digital Indonesia sebagai pemilik dan pengelola platform uemkaem.id dan pihak Iluni Sitaraps 70 Jakarta sebagai pendiri dan pengelola aplikasi gerai70 dan pihak Ikalumni 70 Jakarta sebagai penanggungjawab utama serta pengelola bersama IluniSitaraps 70 Jakarta atas aplikasi gerai70.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website wartaekonomi.co.id. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D