hard reset iphone

Hard Reset iPhone

Pernah mengalami smartphone mulai lemot, terkunci dan tidak nyaman digunakan? Jika terjadi sekali atau dua kali saja tak masalah, jika berkali-kali, pasti menimbulkan kekesalan tersendiri. Mungkin, perlu hard reset iphone agar semua kendala yang dialami tidak terjadi lagi.

Kendala yang terjadi kadang timbul tanpa dapat dihindari, harus dicari solusi praktis agar iPhone kembali normal. Mereset juga membutuhkan pemikiran karena data akan hilang dengan sendirinya. Data harus di back up dahulu agar data dalam iPhone tidak terhapus ketika direset.

Cara Reset iPhone

Bagaimana cara reset iPhone yang benar? Sebaiknya dilihat dahulu permasalahannya seperti apa. Dari permasalahan tersebut, baru dapat disimpulkan akan mereset dengan cara bagaimana. Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam mereset iPhone, yaitu:

1. Soft Reset

Cara mereset iPhone dengan cara ini apabila tak menginginkan data di iPhone terhapus semuanya. Soft reset sering pula disebut sebagai reboot iPhone atau restart iPhone. Cara ini dilakukan jika iPhone hang atau macet ketika melakukan apapun pada satu aplikasi yang dijalankan.

2. Hard Reset

Hard reset iPhone merupakan cara mereset iPhone secara keseluruhan. Karena keseluruhan inilah maka data yang ada dalam iPhone akan terhapus semuanya. Hard reset memang suatu cara mereset dengan pengaturan serta tampilan akan seperti awal mula digunakan.

Baca Juga Cara Cek Nomor Seri iPhone

Cara Hard Reset iPhone

Cara hard reset pada umumnya digunakan apabila sudah bosan akan iPhone yang dimiliki atau akan menjualnya. Sudah disebutkan tadi hard reset akan membuat data yang ada terhapus dengan sendirinya.

Adanya cara hard reset penting agar ketika iPhone akan dijual tak ada data yang masih tersimpan. Hard reset juga berguna ketika iPhone terkunci dan lupa akan password. 

Agar data iPhone tidak terhapus perlu melakukan back up  dengan menggunakan iTunes atau iCloud. Keduanya memang terbaik dalam mem-back up data dan dapat memilah mana data yang akan disimpan atau dihapus.

Apabila semua data yang masih dibutuhkan sudah di back up, saatnya hard reset iPhone dengan langkah di bawah ini.

  1. Pilih setting kemudian pilih general.
  2. Pilih reset dan erase all content and settings.
  3. Terlihat di layar berbagai peringatan yang akan terhapus ketika mereset.
  4. Selanjutnya masukkan kode Apple ID, yang berguna untk mengkonfirmasi reset yang sedang dilakukan.
  5. Menunggu proses sedang berlangsung, sehingga pengaturan dan data akan terhapus.

Setelah melakukan proses reset data iPhone kembali seperti di awal pembelian. Namun, ada satu hal yang diingat yaitu kode Apple ID yang tadi dimasukkan sekaligus passwordnya. Perangkat yang dikembalikan ke pengaturan awal dapat mengonfigurasi barang baru.

Selain cara di atas, ada cara hard reset iPhone dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu. Kombinasi ini masing-masing berbeda tergantung dari model perangkat yang akan direset. 

Ada metode yang dapat digunakan untuk mereset secara paksa untuk iPhone 8. Carana bisa dilihat di bawah ini.

  1. Menekan dan lepaskan tombol volume bagian atas.
  2. Menekan dan melepaskan tombol volume bagian bawah yang letaknya di sisi kiri iPhone.
  3. Menekan dan menahan tombol samping yang tombolnya berada di kanan perangkat.
  4. Segera lepaskan jari saat ada logo Apple muncul dalam layar.

Jika perlakuan di atas masih belum menghasilkan, lakukan metode lain. Caranya dengan mengisi daya kurang lebih satu jam. Jika sudah satu jam, lakukan seperti proses di atas. Ulangi dan lihat hasilnya, biasanya perangkat dapat kembali normal.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

Cara dan metode yang digunakan tergantung masalah dan model dari perangkat. Dicoba dan lakukan sesuai kebutuhan untuk atasi masalah. Hard reset iPhone dapat dengan mudah dicoba, lakukan dengan proses yang benar agar berhasil dengan baik. 

Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya Sobat ! Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.