Fungsi-dari-iTunes-windows

Fungsi dari iTunes windows Yang Harus  Diketahui

Fungsi dari iTunes windows – Perangkat iOS merupakan salah satu perangkat yang sangat cerdas. Sehingga kebutuhannya lebih lengkap apabila bisa tersambung dengan komputer. Komputer seakan sudah menjadi suatu pelengkap untuk semua perangkat mobile. Tak hanya iPhone, namun juga iPod dan iPad.

Untuk pengguna komputer Mac, ini bukan suatu masalah besar untuk menghubungkan perangkat iOS. Namun bagi pengguna komputer Windows, tak dapat serta merta menghubungkan perangkat iOS mereka ke komputer. Permasalahannya adalah ketersediaan aplikasi iTunes windows.

Menghubungkan dan Manajemen Perangkat iOS melalui iTunes windows

iTunes adalah program wajib yang harus diinstall di komputer dan akan digunakan untuk menghubungkan perangkat iOS.

Karena semua komputer Mac telah terinstall iTunes windows secara default, maka bukan masalah bagi pengguna Mac untuk menghubungkan perangkat iOS ke komputer Mac.

Berbeda halnya, dengan Windows yang tidak terinstall iTunes secara default, pengguna harus mendownload secara manual terlebih dahulu di www.iTunes.com.

Baca Juga : Cara Donwoald iTunes For PC

Fungsi iTunes windows

Dengan menggunakan iTunes windows, maka perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod akan dapat terhubung ke komputer. Banyak sekali fungsi yang dapat digunakan, antara lain penyelarasan konten, menyalin konten, sampai melakukan backup.

Fungsi-dari-iTunes-windows.

Bahkan semua dapat dilakukan secara otomatis. Dibawah ini fungsi dari iTunes windows, yakni:

1. Backup Perangkat iOS

Bagi Anda yang memiliki perangkat iOS namun malas melakukan backup melalui iCloud. Tenang saja, Anda dapat melakukan backup dengan menggunakan aplikasi iTunes windows di komputer.

Sebetulnya Anda juga memiliki opsi untuk melakukan backup melalui iCloud secara default. Namun apabila Anda mematikannya, maka semua fungsi backup akan secara otomatis dipindahkan ke iTunes windows.

Backup dengan menggunakan iTunes windows sebetulnya sangat mudah dan cepat. Lebih mudah dikarenakan perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch disambungkan.

Maka proses dari backup pun akan berjalan secara otomatis. Oleh karena itu, transfer data menggunakan kabel, prosesnya lebih cepat jika dibandingkan dengan backup dengan menggunakan iCloud sangat membutuhkan sambungan internet.

2. Toko Serba Ada

iTunes windows juga sebagai tempat untuk mencari, memperoleh, sampai membeli beberapa konten yang ada. Baik itu, mulai dari aplikasi dan game iOS, konten multimedia seperti film dan musik, sampai membeli langganan Apple Music.

Umumnya, semua serba ada di iTunes windows. Jumlah koleksinya tentu sangat banyak, mengingat iTunes merupakan pionir dalam hal penjualan konten secara online di masa awalnya.

3. Pemutar Multimedia

Tak hanya untuk membeli beberapa konten multimedia seperti musik dan film saja, tentunya fungsi  dari iTunes biasanya digunakan oleh pengguna komputer.

Dimana iTunes windows sebagai pemutar musik atau file video. Selain itu, iTunes juga bisa dijadikan sebagai pemutar konten-konten multimedia.

Banyak sekali file-file berbagai jenis format yang dapat diputar. Untuk konten yang bisa diputar tak hanya konten yang dibeli dari iTunes saja, namun juga termasuk file multimedia yang ada di penyimpanan lokal komputer.

Nah itu saja fitur-fitur yang ada saya  pada iTunes windows.

Untuk pembelian fiturnya Anda harus melihat ke komputer terlebih dahulu. Jika sebelumnya Anda sudah pernah membeli konten dari toko iTunes, maka Anda bisa Meng-install nya ke komputer.

Namun, Anda harus bisa masuk terlebih dahulu dengan Apple ID yang sama. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda simak di bawah ini.

  • Pertama, Anda klik tombol profile di sebelah kolom pencarian dan masuklah dengan Apple ID.
  • Kemudian, buka iTunes Store.
  • Selanjutnya, klik tautan “Purchased” di sisi kanan halaman depan Store.
  • Carilah konten yang ingin Anda install. Secara default, iTunes akan menampilkan seluruh berkas yang saat ini tak ada di library Anda. Anda bisa saja beralih di antara berbagai jenis media dengan mengklik tombol yang ada di sebelah kanan tab “Not in My Library”.
  • Kliklah tombol “iCloud” di sebelah konten yang ingin Anda install. Anda juga bisa menginstal seluruh berkas yang Anda beli sekaligus dengan mengeklik “Download All” di sudut kanan bawah jendela

Simak Juga : Cara Membeli iTunes Menggunakan Gift Card

Cara Menambahkan Film di iTunes

Bagi Anda yang ingin menambah film ke iTunes, namun tidak muncul di library Movies. Maka Anda bisa mencobanya untuk menambahkan berkas video ke iTunes.

Namun, jika berkas tersebut tidak muncul, maka film tersebut tidak dalam format yang kompatibel dengan iTunes.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini, agar lebih mudah.

  • Pertama, klik terlebih dahulu untuk petunjuk mengenai cara mengkonversi berkas video ke format yang bisa ditambahkan ke iTunes.
  • Perlu diingat juga bahwa film yang sudah Anda tambahkan ke iTunes dari komputer Anda akan selalu muncul di tab “Home Videos” pada library Movies. Anda juga dapat menggunakan alat untuk video yang bernama “Get Info” untuk memindahkan video Anda ke tab “Movies” atau “TV Shows”.
  • Selanjutnya, Anda bisa mencoba menambahkan berkas musik .wma namun jika berkas tersebut tidak muncul. Maka iTunes tidak mendukung format .wma, tetapi iTunes versi Windows secara otomatis dapat mengkonversi seluruh berkas .wma ke berkas .mp3.
  • Jika Anda sudah menggunakan Mac, maka selanjutnya bisa menggunakan program gratis seperti Adapter untuk menangani konversi. Anda juga harus menghilangkan perlindungan hak cipta dari berkas .wma tersebut apabila berkasnya dilindungi hak cipta.
  • Klik juga untuk petunjuk yang terperinci terkait cara menambahkan berkas .wma ke iTunes, baik yang dilindungi hak cipta atau yang tidak dilindungi.

Cara Mengunduh Musik, Film, dan Acara TV

  • Pertama, pilih library yang berisi berkas. Gunakanlah tombol di bagian atas jendela iTunes untuk memilih library yang isinya lagu, film, atau acara TV.
  • Cari berkas yang akan Anda putar. Anda bisa mengganti tampilannya agar berkasnya ditata dengan cara yang berbeda. Selanjutnya, Anda bosan dengan mengklik tampilan saat ini di sudut kanan atas.
  • Anda juga bisa menggunakan kolom Search di sudut kanan atas untuk mencari item tertentu.
  • Klik dua kali berkas untuk mulai memutarnya. Anda bisa mengklik apa saja dua kali untuk mulai memainkannya.
  • Ajaklah pilihan Anda saat ini. Ketika sebuah lagu sedang diputar, Anda bisa mengaktifkan “Shuffle” dengan mengklik tombol Shuffle di sebelah gambar albumnya di kontrol playback.
  • Ulangi Lagi lagunya. Jika ada lagu atau pilihan musik yang ingin terus Anda dengarkan, maka bisa mengaktifkan Repeat. Anda juga bisa mengulang satu buah lagu, atau mengulang semua yang ada di pilihan saat ini (album, daftar putar, dll.).
  • Kliklah kanan tombol Shuffle dan pilih opsi Repeat Anda. Hal ini akan membuat tombol Repeat akan muncul di kendali playback.
  • Klik juga tombol Repeat untuk melakukan perputaran di antara opsi Repeat.

Itu saja informasi terkait fungsi dari itunes windows. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda untuk memperoleh informasi terkait itunes ini.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.