Factory Reset Macbook

Factory Reset Macbook

Factory Reset Macbook – Apakah Anda tengah berkeinginan untuk menjual Macbook yang sudah Anda miliki saat ini? Jika iya tentu saja Factory Reset Macbook menjadi hal yang sangat penting sebelum Anda menjualnya kepada orang lain.

Ada berbagai alasan orang ingin menjual macbook mereka, mulai dari karena ingin upgrade ke fitur yang lebih canggih, sedang membutuhkan dana atau bahkan hanya karena bosan dengan Macbook tersebut. Nah sebelum Anda menyerahkan macbook tersebut kepada pembeli tentu Anda juga ingin menghapus seluruh data pribadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti.

Factory Reset Macbook ini sendiri selain untuk menghindari kebocoran data juga bisa membuat pembeli lebih tertarik karena terlihat lebih segar.

Tips Sebelum Melakukan Factory Reset Macbook

Yang perlu untuk diingat sebelum melakukan Factory Reset Macbook, Anda juga harus lebih dulu membackup data yang ada di dalam Macbook agar tidak hilang serta pastikan juga Anda memiliki sambungan internet sebelum Factory Reset Macbook. Tak hanya itu saja, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mereset ulang Macbook milikmu.

Baca Juga : Lupa Password Macbook

Sebelum Factory Reset Macbook tentu Anda perlu membackup data agar data pribadimu tidak hilang saat Anda mereset ulang pabrik. Berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah keluar dan iTunes dan iCloud untuk menghindari kebocoran data pribadi kamu.

Setelah memastikan sudah keluar dari iTunes dan iCloud, kamu juga perlu Sign out of iMessage. Dan hal yang terakhir yang juga penting sebelum melakukan Factory Reset Macbook adalah Unpair Bluetooth dengan cara membuka menu Apple > System Prefences and choose Bluetooth. Di sana, Anda bisa unpair keyboard, headphones or other Blutooth-enabled peripherals.

Penasaran gimana langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk Factory Reset Macbook? Inilah dia caranya yang wajib kamu simak. Ada dua metode yang bisa kamu lakukan untuk Factory Reset Macbook ini.

Cara Mudah Factory Reset Macbook

Metode Membersihkan Media Penyimpanan

  • Mulai ulang Macbook dengan cara mengklik ikon Apple yang terletak di bagian kiri atas layar dan memilih Restart.
  • Langkah untuk Factory Reset Macbook berikutnya yakni ketika Macbook dimulai dan layarnya berwaran abu-abu, tekan Command + R.
  • Pilih jaringan Wi-Fi (opsi ini mungkin tidak tersedia)
  • Selanjutnya Anda pilih Disk Utility
  • Hapus media penyimpanan. Pilih kanda Anda dari daftar dan klik Erase
  • Pilih Mac OS Extended (Journaled). Opsi ini akan ada pada jendela baru
  • Selanjutnya berikan nama untuk media penyimpanan
  • Yang terakhir untuk Factory Reset Macbook dengan metode membersihkan media penyimpanan adalah dengan mengklik Erase yang nantinya akan menghapus bersih kandar Anda.

Metode Memasang Kembali Sistem Operasi

  • Metode yang kedua untuk Factory Reset Macbook adalah dengan kembali memasang system operasi. Lantas gimana sih caranya? Yuk simak ulasannya dibawah ini.
  • Langkah pertama, Anda perlu keluar dari Disk Utility setelah penghapusan selesai. Klik Disk Utility dan Quit Disk Utility.
  • Setelah itu pasang kembali OS X dan klik Continue.
  • Untuk Factory Reset Macbook dengan metode ini kamu perlu mengikuti panduan di layar untuk menyelesaikan instalasi system operasi.

Nah itulah tadi dua metode yang bisa kamu lakukan untuk melakukan Factory Reset Macbook milik Anda sebelum nantinya kamu menyerahkan komputer jinjing ini kepada pembeli tersebut.  Hal itu sangat perlu diperhatikan untuk menghindari kebocoran data pribadi dan juga membuat Macbook menjadi tampak seperti baru.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.