Emas Online vs Emas Batangan, Mana yang Lebih Baik?

taubgt.com – Berkembangnya investasi digital memunculkan pertanyaan baru, mana yang lebih baik antara emas online vs emas batangan?

Zaman dulu, kamu perlu datang ke toko emas, bank, atau pegadaian untuk membeli emas. Namun, kini kamu bisa membelinya via smartphone.

Nah, dari dua jenis emas tersebut, mana yang lebih baik? Sebelum menyimpulkannya, yuk, simak infografik berikut untuk mengetahui gambaran umum perbedaan keduanya.

© glints.com

Baca Juga: Mau Menabung Emas? Simak 10 Keuntungan Investasi Emas Ini!

Emas Online vs Emas Batangan

© Canva.com

1. Modal

Jika kamu belum memiliki modal yang besar untuk investasi emas, kamu perlu mempertimbangkan antara emas online vs emas batangan.

Pasalnya, emas batangan atau emas fisik memiliki minimal pembelian yang cukup besar. Sebagai contoh, minimal pembelian emas Antam adalah 0,5 gram, seperti ditulis Bisnis.

Jika harga emas Antam hari ini adalah Rp1 juta/gram, kamu memerlukan modal setidaknya Rp500 ribu untuk membeli 0,5 gram emas.

Sementara itu, kamu bisa membeli emas online atau emas digital tanpa patokan berat cetakan emas.

Biasanya, perusahaan yang menawarkan investasi emas online hanya memberikan minimum nominal pembelian. Bahkan, ada perusahaan yang menetapkan pembelian minimal Rp100.

2. Kepraktisan

Proses jual-beli emas memang terbilang praktis dibandingkan jenis investasi lainnya. Kamu tidak perlu mendaftarkan diri ke sekuritas ataupun negara.

Namun, kepraktisan dari emas online dan emas batangan juga berbeda.

Membeli emas online tentu saja lebih praktis. Kamu hanya perlu men-download aplikasi, membuat akun, dan bisa langsung bertransaksi dimana pun.

Sementara itu, kamu perlu datang ke toko emas atau pegadaian untuk membeli emas batangan.

Namun seperti dikutip dari Detik, kamu bisa langsung berdiskusi dan mendapat informasi tentang beragam pilihan emas jika langsung datang ke lokasi penjualan.

3. Waktu pembelian

Pertimbangan lainnya dalam menentukan emas online vs emas batangan adalah dari segi waktu pembelian.

Harga emas mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Jika ingin membeli emas batangan, kamu perlu memperhatikan grafik harga emas dan datang ke pegadaian untuk membelinya.

Namun dengan emas online, kamu bisa memantau harganya setiap waktu. Bahkan, beberapa aplikasi telah memiliki fitur notifikasi yang canggih.

Notifikasi tersebut akan memberitahumu jika emas sudah menyentuh harga yang kamu harapkan.

4. Tempat penyimpanan

Emas online dan emas batangan juga memiliki perbedaan dari segi tempat penyimpanan dan keamanan.

Jika memiliki emas batangan, kamu memerlukan safety box atau membayar jasa penyimpanan emas.

Adapun risiko emas batangan yang kamu miliki bisa saja hilang atau tertinggal.

Sementara itu, kamu tidak perlu menyimpan emas online selain di akunmu. Emas tersebut tidak akan hilang hingga kamu menjualnya kembali.

Baca Juga: 5 Tips untuk Karyawan yang Berminat Investasi Emas

Mana yang lebih Baik?

© Canva.com

Setelah mengetahui perbedaan emas online vs emas batangan, kesimpulannya mana pilihan yang lebih baik?

Tidak ada pilihan yang lebih baik antara emas online dan emas batangan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika berinvestasi emas batangan, kamu bisa berdiskusi langsung dengan penjual mengenai kualitas dan pilihan emas. Selain itu, rasa kepemilikan terhadap emas batangan tentu saja lebih tinggi karena kamu dapat memegangnya secara fisik.

Di sisi lain, emas online juga tidak kalah menariknya. Cara investasi emas online terbilang jauh lebih praktis dan aman.

Adapun dari segi modal, kamu tidak memerlukan modal yang terlalu besar untuk berinvestasi emas.

Jadi, pilihlah emas yang sesuai dengan kondisi dan harapanmu.

Baca Juga: Harganya Terus Naik, Telatkah Beli Emas Sekarang?

Berdasarkan pertimbangan emas online vs emas batangan di atas, kamu bisa menentukan pilihan emas yang lebih sesuai denganmu.

Selain informasi tentang emas, Glints juga telah menyiapkan beragam informasi lainnya seputar investasi dan finansial.

Kamu bisa berlangganan newsletter blog Glints untuk mendapat update informasinya secara mingguan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, sign up dan mulai berlangganan sekarang juga!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D