Efektifkah Menggunakan Kacamata Anti Radiasi saat Bekerja?

taubgt.com – Bekerja di depan layar laptop atau komputer terus menerus dapat membuat matamu lelah hingga mengalami sakit kepala. Untuk mengatasinya, banyak yang menyarankan untuk menggunakan kacamata anti radiasi.

Terutama untuk kamu yang bekerja dari pagi hingga malam di ruangan gelap atau remang selama WFH ini. Seberapa perlu dan efektifkah kacamata anti radiasi?

Berikut Glints berikan penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: Meski Sibuk Kerja, Mengapa Kesehatan Fisik dan Mental Harus Tetap Dijaga?

Penyebab Layar Mengganggu Mata

Sebagian besar sumber cahaya pijar, seperti sinar matahari, memiliki spektrum cahaya yang luas. Light emitting diode (LEDs) yang dibuat oleh pabrik menghasilkan spektrum cahaya yang relatif sempit.

Layar perangkat elektronik modern pun bergantung pada teknologi LED, selain itu juga menghasilkan blue light dalam jumlah tinggi.

Mata lelah sehabis menggunakan gadget dalam waktu yang lama disebabkan oleh blue light yang dihasilkan oleh layar. Cahaya ini dipercaya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Akan tetapi, American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh layar akan menyebabkan kerusakan mata, karena kita terpapar cahaya biru sepanjang hari dari matahari.

Efektifkah Menggunakan Kacamata Anti Radiasi?

© Pexels.com

Kacamata anti radiasi memiliki filter di lensa yang menghalangi atau menyerap cahaya biru dan sinar UV.

Artinya, kacamata ini dapat membantu mengurangi paparan gelombang cahaya biru yang dapat membuat kamu tetap terjaga.

Banyak kacamata anti radiasi juga mengklaim dapat membantu mengurangi ketegangan mata.

Berjam-jam menatap layar dapat menyebabkan ketegangan mata. Penggunaan komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kering.

Akan tetapi efek ini disebabkan oleh bagaimana kamu menggunakan layar, bukan oleh sinar yang dipancarkan dari layar.

Blue light dari perangkat elektronik tidak akan meningkatkan risiko yang membahayakan mata. Namun, penggunaan perangkat ini dapat mengganggu siklus tidur kamu.

Tips Mengurangi Risiko Kerusakan Mata

© Freepik.com

Sebagian besar ahli sepakat bahwa menggunakan kacamata anti radiasi tidak memiliki dampak yang efektif untuk mengurangi risiko kerusakan mata.

Dilansir dari WebMD, kamu mengurangi risiko kerusakan mata akibat menggunakan gadget terlalu lama dengan mengurangi durasi penggunaannya.

Cobalah untuk tidak menatap gadget di malam hari. Selain itu, menggunakan dark mode pada gadget juga dipercaya dapat mengurangi radiasi.

American Academy of Ophthalmology, menekankan pengurangaan penggunaan layar.

Sebagian besar ahli juga merekomendasikan untuk mengadopsi aturan 20-20-20.

Itu berarti bahwa setiap 20 menit Anda akan melihat objek setidaknya 20 kaki jauhnya selama 20 detik.

Baca Juga: Sakit Kepala saat Kerja? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

American Academy of Ophthalmology juga merekomendasikan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

    Sesuaikan tempat duduk atau posisi komputer kamu, sehingga mata kamu berjarak sekitar 25 inci dari layar.

    Posisikan layar sehingga kamu sedikit menatap ke bawah.

    Gunakan layar anti radiasi untuk mengurangi silau.

    Gunakan obat tetes mata saat mata kamu terasa kering.

    Perhatikan pencahayaan di ruangan tempat kamu bekerja. Kamu dapat mencoba meningkatkan kontras layar jika diperlukan.

    Jika kamu memakai lensa kontak, istirahatkan mata kamu dengan menggunakan kacamata ketika bekerja di depan komputer.

Banyak gejala masalah mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer hanya bersifat sementara dan akan berkurang setelah kamu berhenti menggunakan komputer.

Oleh karena itu, hal yang perlu kamu lakukan hanya mengurangi durasi penggunaan komputer atau gadget lainnya daripada menggunakan kacamata anti radiasi.

Baca Juga: Ikuti 6 Tips Ini agar Aman Naik Kereta di Tengah Pandemi Corona

Selain mata, kamu juga harus menjaga kesehatan fisik dan mental selama bekerja. Kamu bisa menjaganya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang teratur.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips menjaga kesehatan selama kerja melalui newsletter Glints, lho. Setiap minggunya, Glints akan mengirimkan berbagai artikel pilihan langsung ke inbox kamu.

Apakah kamu tertarik? Yuk, segera signup sekarang.

Sumber

    Blue Light Glasses – Helpful or Just Hype?

    Are Computer Glasses Worth It?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D