Contoh CV Lamaran Kerja yang Membuat Anda Bisa Dipanggil Tes Psikotes

taubgt.com – Berencana melamar kerja? Persiapkan terlebih dahulu CV Lamaran kerja yang dapat membuat Anda segera dipanggil untuk tes Psikotes.

Ada contoh CV yang bisa Anda gunakan untuk template juga lho. Selamat membuat CV!

Persiapkan CV Lamaran Kerja

Mau diterima segera di sebuah perusahaan yang Anda inginkan?

Mau menduduki posisi yang sesuai dengan bidang Anda?

Mau mendapatkan salary yang sepada dengan jabatan dan kompetensi Anda?

Mau segera mendapatkan promosi kerja?

Siapa yang tidak mau, tentu Anda juga mau!

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

Awali perjalanan karier gemilang Anda dengan mendapatkan apa yang Anda harapkan dengan membuat Curriculum Vitae atau CV lamaran kerja yang meyakinkan.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat CV lamaran kerja yang meyakinkan HRD perusahaan, Anda dapat men-download secara gratis template curriculum vitae dari Finansialku. Untuk penjelasan per bagian CV ini, dapat Anda baca di artikel CV yang Memikat HRD.

Gratis Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Kenapa CV harus meyakinkan?

Bukankah surat lamaran sudah cukup jika ingin meyakinkan pihak perusahaan?

Pernyataan itu betul, selain surat lamaran yang meyakinkan pihak Human Resources Development atau HRD, CV lamaran kerja juga harus sama meyakinkannya.

Jika Anda hanya mempersiapkan surat lamaran yang meyakinkan saja tanpa CV lamaran kerja yang juga sama-sama meyakinkan, ada kemungkinan pihak HRD tidak merekomendasi Anda untuk masuk kerja.

Bahkan bisa jadi, langkah awal untuk wawancara saja gagal karena melihat CV lamaran kerja yang tidak cukup meyakinkan.

Sebelum menjadi karyawan tetap di perusahaan yang Anda incar, sudahkah Anda berpikir, untuk apa saja salary yang akan Anda terima nantinya? Sudahkah Anda merencanakan anggaran Anda?

[Baca Juga: Para Karyawan Coba Jawab: Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?]

Sebagai salah satu langkah dalam menolong Anda mempersiapkan berkas-berkas lamaran kerja, mari simak beberapa cara membuat Curriculum Vitae atau CV lamaran kerja yang menarik.

Hal ini akan membuat pihak HRD merasa penasaran untuk menghubungi Anda melakukan prosedur wawancara.

Ikuti terus artikel ini, karena di bagian akhir akan Kami persembahkan template contoh CV Gratis untuk Anda.

[Baca juga: 5 Tips Membuat Curriculum Vitae yang Menarik Perusahaan]

#1 Sudahkah Anda Melakukan Job Research?

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar.

Cari jenis pekerjaan dan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan sudah tentu bagian pekerjaan yang Anda minati.

Job Research dapat Anda lakukan dengan mengikuti Event Job Fair, Search via Online atau bahkan menanyakan informasi via tetangga dan kenalan Anda.

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang perusahaan yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu segala informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut.

Melalui berbagai informasi tersebut, Anda dapat mem-filter, perusahaan mana yang akan Anda tuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

#2 Ketahui dan Pahami Konten CV Secara Umum

Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya.

Sebagai komplimen tambahan terutama bagi para fresh graduate, Finansialku memberikan ebook gratis panduan perencana keuangan untuk usia 20-an.

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Hati-hati dalam menyusun CV lamaran kerja agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda, terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut.

[Baca Juga: Gaji UMR, Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya dan Cara Investasi?]

Secara garis besar, biasanya konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

    Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.

    Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.

    Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.

    Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.

    Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.

    Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.

    Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

[Baca juga: 5 Contoh CV Kreatif untuk Para Milenial (Free Download)]

#3 Buatlah CV Lamaran Kerja

Cara membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

Berbagai contoh desain atau format CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”.

Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas sebagai berikut:

    Cantumkan identitas diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.

    Tulis jenjang pendidikan.

    Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.

    Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.

    Apabila Anda bekerja sebelumnya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.

    Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.

    Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.

#4 Perbaiki Kesalahan dalam CV

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan serta memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi.

[Baca Juga: Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan]

Tentunya sangat disayangkan jika Anda sudah susah-susah cari cara membuat curriculum vitae yang menarik. Ternyata kesalahannya adalah typo (baca: salah ketik).

Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif.

Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

#5 Analisis CV Anda

Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut.

Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

Langkah berikutnya, Anda dapat meminta bantuan teman atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Anda buat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat.

Setelah itu, Anda dapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan.

5 Tips Rahasia Agar Lolos Psikotes Kerja

Jika ada kenalan atau teman Anda yang berencana untuk melamar kerja dan mempersiapkan CV sebagai dokumen pelengkap, Anda dapat menolongnya dengan membagikan artikel di atas.

Anda juga dapat dengan leluasa membagikan berbagai artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan yang membutuhkan.

Sumber Gambar:

    CV Lamaran Kerja – https://goo.gl/kqbbgs

    Menulis CV Lamaran Kerja – https://goo.gl/aP2cxx

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D