Coba, Yuk! 9 Ide Menu Makan Siang yang Mudah dan Instagrammable

taubgt.com – Selalu tergiur dengan video resep makan siang yang muncul di Instagram-mu, Bela? Avocado toast, salad in a jar, healthy bowl, grilled cheese toast, dan sebagainya. Sepertinya, sulit untuk membuatnya, ya? Kenyataannya nggak, kok, Bela! Selama ada niat dan keinginan, kamu pasti bisa membuat menu makan siang yang Instagrammable seperti yang selalu muncul di media sosialmu. Hal yang kamu butuhkan sekarang adalah resepnya! Melansir dari Elite Daily, ada kumpulan resep menu makan siang yang sederhana dan Instagrammable untuk kamu.

1. Avocado Toast

Semua sudah tahu kalau buah alpukat kaya manfaat baik. Namun, apa ada ide menyantap buah ini selain jus atau makan langsung begitu saja? Kamu dapat membuatnya sebagai menu makan siang menjadi avocado toast! Ada banyak ide membuat roti panggang dengan alpukat dan bahan makanan lain sebagai pelengkap. Berikut salah satu resep yang bisa kamu coba. Bahan-bahannya:

    1 lembar roti gandum

    1 buah alpukat, hancurkan menjadi halus

    1 soft boiled egg, potong menjadi dua bagian

    Taburan bumbu ‘Everything but The Bagel’ (Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan Poppy seeds, white sesame seeds, dried onion flakes, dried farlic flakes, kosher salts)

Siapkan satu lembar roti gandum, lalu oleskan alpukat yang sudah dihancurkan sebanyak yang kamu mau. Taruh soft boiled egg dan taburi dengan ‘Everything but The Bagel’. Mudah dan sederhana, bukan? Selain itu, menu makan siang ini mengandung banyak nutrisi sehat.

2. Mason Jar Salads

Suka salad? Nggak hanya di mangkok atau piring, kamu juga bisa membuatnya di dalam mason jar atau wadah kaca dengan penutup! Mason jar salad seperti ini sangat cocok untuk bekal, atau kamu dapat membuat berbagai macam salad dalam jar ini dan menyimpannya dalam kulkas sebagai menu selama satu minggu. Ini salah satu ide mason jar salad yang dapat kamu coba, dengan bahan-bahan:

    Creamy ranch dressing secukupnya

    Tomat ceri

    Parutan wortel

    Parutan kol ungu

    Potongan paprika

    Potongan timun

    Black bean

    Potongan sosis chicken artichoke

    Selada Romaine

    Keju Gorgonzola

    Irisan bawang merah

    Daun cilantro secukupnya

Masing-masing takaran sayuran dan daging pada bahan tersebut adalah sesuai seleramu. Masukkan sesuai urutan bahan, mulai dari saus creamy ranch hingga daun cilantro paling atas. Dengan begitu, kesegaran salad tetap terjaga. Jangan lupa tutup dengan rapat dan simpan dalam kulkas. Mason jar salad ini dapat bertahan selama 3 hari penyimpanan di lemari pendingin.

3. Grilled Cheese

Grilled cheese atau roti panggang keju ini adalah makanan favorit semua orang saat kecil. Menu ini sangat mudah dibuat, kamu hanya membutuhkan dua lembar roti dan keju cheddar. Lalu, kamu cukup membutuhkan alat masak seperti teflon untuk memanggang roti ini.

Jika ingin grilled cheese yang lebih spesial, kamu bisa menambahkan tomat dan daging asap ke dalam lapisan roti sebagai variasi. Menu makan siang ini juga bisa menjadi sarapan lezat untukmu, loh!

4. Quinoa salad

Jika ingin membuat makan siang yang penuh warna seperti di media sosialmu, coba resep Quinoa salad. Namun, kamu membutuhkan instant pot untuk memasak quiona ini. Bahan yang kamu butuhkan adalah:

    Quinoa secukupnya, masak dalam instant pot hingga matang

    1 buah alpukat, potong dadu

    Tomat ceri. potong kecil-kecil dan gunakan sesuai selera

    Parutan wortel sesuai selera

    Brokoli, potong kecil-kecil dan gunakan sesuai selera

    Irisan daun parsley secukupnya

    Garam dan lada secukupnya

    Perasan air lemon secukupnya

Masukkan semua bahan ke dalam mangkok. Tabur garam dan lada, serta perasan air lemon di atas salad. Kemudian, aduk merata dan menu makan siangmu siap disantap, Bela.

5. Beef Stew

Selain salad dan roti panggang, ada resep makanan ‘berat’ lainnya yang juga mudah dan Instagrammable. Salah satunya adalah Beef stew atau sup daging sapi. Bahannya bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Kalau nggak memiliki kompor, kamu bisa membuat beef stew ini menggunakan slow cooker. Bahan-bahannya adalah:

    1 kg daging sapi, buang lemaknya dan potong dengan ukuran sesuai selera

    1/4 cangkir tepung

    2 sdt garam

    1 sdt lada

    3 sdt minyak sayur

    1 bawang bombay, potong dadu

    2 sdm pasta tomat

    1 sdm tepung

    1 cangkir red wine atau stock

    4 cangkir kaldu daging

    2 daun salam

    4 tangkal thyme

    3 wortel, potong dadu

    3 batang seledri, potong dadu

    4 kentang, potong dadu

    1 gelas kacang polong beku

Cara membuatnya:

    Masukkan tepung, garam, dan lada ke dalam sebuah mangkok. Aduk merata, lalu masukkan potongan daging ke dalamnya.

    Tuang minyak sayur ke dalam panci, nyalakan kompor dengan api kecil atau panas suhu rendah. Lalu masukkan daging berbalut tepung tipis itu ke dalamnya. Masak hingga berwarna kecoklatan (sekitar 4-5 menit). Kemudian angkat dan simpan.

    Masukkan potongan bawang bombay ke dalam panci, sejumput garam dan lada, tumis hingga bawang melunak (sekitar 5 menit).

    Masukkan pasta tomat dan aduk merata selama 2 menit. Lalu, masukkan 1 sdm tepung ke dalam panci dan tumis lagi sekitar 1 menit.

    Tuangkan red wine atau stock ke dalam panci dan aduk hingga mengental selama sekitar 3 menit.

    Masukkan potongan daging, kaldu daging, daun salam, dan tangkal thyme. Atur suhu panas menjadi tinggi atau api besar sampai beef stew mendidih.

    Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan kuah meresap ke dalam daging selama 1 jam. Jangan tutup panci.

    Kemudian, masukkan wortel, seledri dan kentang ke dalam stew dan masak kembali selama 1 jam dengan panci tertutup.

    Masukkan kacang polong dan masak sampai kacang beku itu menghangat.

    Sajikan dengan nasi atau dengan roti!

6. Chicken Panini

Nggak usah beli Panini sandwich lagi, kini kamu bisa membuatnya di rumah sebagai santap siang! Bahan yang kamu butuhkan adalah:

    2 potong daging dada ayam tanpa tulang yang sudah matang, iris sesuai selera

    Setengan buah paprika hijau, potong dadu

    Bawang merah besar, potong kecil-kecil dan gunakan sesuai selera

    1 roti foccacia, potong menjadi empat bagian. Lalu, iris menjadi dua bagian lagi.

    Setengah gelas basil pesto

    1 gelas parutan keju Meoterey Jack

Cara membuatnya: Panaskan pemanggang roti panini. Sembari menunggu, oleskan basil pesto ke permukaan roti. Taruh potongan ayam pada salah satu roti, lalu potongan paprika hijau dan bawang merah. Terakhir, tabur parutan keju. Tutup roti dengan lembaran roti lainnya, kemudian panggang selama 5 menit atau sampai roti berwarna coklat keemasan dan keju meleleh. Menu makan siang Chicken Panini siap disantap!

7. Mac ‘n Cheese

Mac ‘n Cheese untuk makan siang sepertinya ide yang bagus! Namun ketimbang menggunakan resep biasa, kamu bisa coba ide resep yang satu ini. Bahan-bahannya:

    115 g keju cheddar yang sudah diparut

    85 g keju gruyere yang sudah diparut

    85 g keju mozarella yang sudah diparut

    2 sdt garam

    1/4 sdt lada hitam

    400 g pasta (makaroni)

    60 g butter

    30 g tepung

    1 liter susu

    1/4 sdt pala

Cara membuat:

    Campurkan 3 jenis keju yang telah diparut dalam satu mangkok. Aduk hingga tercampur secara merata.

    Didihkan air dalam panci besar dan tambahkan 1 sdt garam. Masukkan makaroni dan rebus hingga al dente. Tiriskan.

    Lelehkan butter di panci lainnya dengan api kecil. Kemudian, masukkan tepung dan kocok selama 2 menit dengan api sedang.

    Tambahkan susu secara perlahan sambil mengocoknya. Aduk terus hingga tercampur merata dan masak selama 5-6 menit sampai mengental.

    Angkat panci berisikan adonan dari kompor. Masukkan 1 sdt garam, lada hitam, dan pala. Aduk hingga tercampur merata.

    Masukkan sebanyak 3/4 keju ke dalam adonan susu secara bertahap dan kocok hingga larut. Tambahkan lagi kejunya dan kocok lagi sampai larut.

    Masukkan makaroni yang telah ditiriskan ke dalam panci dan aduk sampai semua tercampur sempurna.

    Pindahkan makaroni ke dalam loyang panggang dan ratakan. Kemudian taburi atasnya dengan sisa keju. Panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama 20-25 menit atau sampai masakan berwarna keemasan.

    Makan siangmu sudah jadi. Meski sederhana dan mudah, tampilannya sangat Instagrammable sehingga sayang kalau nggak kamu unggah ke media sosial.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popbela.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D