Cek Kecepatan Internet di Macbook

Cek Kecepatan Internet di Macbook

Cek Kecepatan Internet di Macbook – Bagaimana sih cara cek kecepatan internet di Macbook? Macbook sendiri merupakan salah satu perangkat produksi Apple Inc. yang berhasil menembus beberapa pasaran dunia, termasuk di Indonesia.

Soal cara cek kecepatan internet di Macbook sendiri adalah hal yang umum di cari, karena seringkalinya dulu sebelum nama macbook melambung ramai banyak yang menggunakan laptop jenis lainnya. Sehingga ketika berpindah pada Macbook yang otomatis banyak perubahan terjadi, kemungkinan juga termasuk bagaimana cara cek kecepatan internet di Macbook.

Di era modernisasi seperti sekarang ini hampir setiap hari kita dikaitkan denga internet, bahkan bisa dibilang aktivitas sehari-harinya tidak lepas dari jejaring tersebut. Misalnya, bersekolah di jaman sekarang yang membutuhkan akses internet untuk mengerjakan tugas. Selain itu berjualan online seperti sekarang sangat memerlukan koneksi internet. Lalu bagaimana cara cek kecepatan internet di Macbook tersebut? Hal itu akan disampaikan dibawah ini.

Cara Cek Kecepatan Internet di Macbook dengan Mudah

Cara cek kecepatan internet di Macbook sama artinya mengecek ping atau speed di Macbook. Untuk melakukan cara cek kecepatan internet di Macbook bisa melalui beberapa cara, dibawah ini ada tiga cara berdasarkan yang tersedia di beberapa website untuk cek speed internet yang mampu menampilkan ping.

Speedtest Ookla

Cara cek kecepatan internet di Macbook melalui speedtest ookla yakni dengan langkah berikut:

  • Jalankan browser, dan kemudian kunjungi situs di Speedtest Ookla.

(Tetapi perlu diingat bahwa website ini tidak akan utuh terbuka jika anda tidak menginstall atau update flash player terlebih dahulu, dan sebaiknya gunakan web browser jenis Chrome).

  • Selanjutnya, saat terbuka tekan tombol BEGIN TEST kemudian tunggu beberapa saat.
  • Apabila keterangan ping, download dan upload sudah ditampilan, berarti proses cek speed internet di macbook anda telah selesai.

TELIN Speedtest Telkom Indonesia

Cara cek kecepatan internet di Macbook lainnya yakni dengan menggunakan Telin Speedtest dari Telkom Indonesia. Adapun langkahnya yakni:

  • Buka situs TELIN di situs http://speedtest.telin.co.id.
  • Kemudian tekan tombol “Begin Test” untuk memulai proses pengecekan kecepatan akses internet, lalu tunggu beberapa saat kemudian.

Sayangnya pada Telin Telkom ini tidak ada fitur share hasil tes speed internet. Jadi, yang bisa dilakukan adalah anda harus foto layar alias screenshot jika ingin membagikan ke orang lain.

Selain menggunakan website, cara cek kecepatan internet di Macbook lainnya yakni bisa juga dengan menggunakan aplikasi Speedtest for Mac. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tentunya langkah-langkahnya berbeda dengan dua yang sebelumnya lebih dulu dijelaskan. Dengan menggunakan aplikasi Speedtest for Mac, anda harus terlebih dahulu mendownload dan menginstall di App Store. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Buka App Store, kemudian ketik “Speedtest for Mac” di menu search App Store.
  • Lalu tekan tombol Get untuk download aplikasi.
  • Ketika selesai mengunduh, jalankan aplikasi tersebut dengan menekan tombol GO untuk memulai proses cek speed internet di Macbook dan tunggulah beberapa saat sampai proses selesai dan menunjukkan hasil test, berapa kecepatan internet di perangkat Macbook.

Dengan melakukan pengecekan kecepatan internet, maka anda jadi lebih tahu kekuatan sinyal atau kemampuan akses internet tersebut. Jika di perhatikan, dua cara di atas masih sama dengan saat menggunakan laptop jenis lain pada umumnya. Akan tetapi untuk aplikasi Speedtest for Mac, tentunya hanya khusus perangkat Apple saja, yang bisa di unduh pada tokonya yakni App Store.

Itulah beberapa cara cek kecepatan internet di Macbook yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.