Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas ini sejatinya sudah sangat cukup untuk mendukung berbagai aktivitas dari macbook tersebut. Tapi jika kamu merasa kurang dengan kapasitas tersebut, masih ada cara upgrade RAM Macbook Pro yang bisa jadi pilihan.

Banyak sekali pengguna yang ingin mengetahui cara upgrade RAM Macbook Pro untuk menambah kapasitas RAM di Macbook miliknya. Sayangnya mereka tidak tahu merek RAM apa yang cocok untuk Macbook. Sebenarnya merek apapun bisa digunakan dan tak aka nada dampak negatifnya.

Tapi hal yang perlu diperhatikan hanyalah jenis RAM tersebut apakah cocok atau tidak. Hampir semua Macbook memakai slot RAM SODIMM yakni RAM dengan ukuran pendek untuk jenis laptop. Setiap Mac hanya cocok menggunakan jenis RAM tertentu sehingga kamu perlu memperhatikan naman-nama RAM selalui berawalan DDR.

Jenis inilah yang sebenarnya harus diperhatikan. Baik itu jenis DDR hingga DDR3 selalu memiliki nomor belakang. Nomor tersebut merupakan Clock Speed dari RAM. Kamu harus membeli RAM dengan clock speed yang tepat.

Baca Juga : Cara Memunculkan Subtitle di Macbook

Sementara untuk jumlah maksimal RAM tergantung dari tahun keluaran Macbook tersebut. Macbook keluaran lama punya jumlah maksimal RAM 4GB dan Macbook keluaran terbaru memiliki jumlah maksimal RAM hingga 16GB.

Pada Macbook Pro hanya punya 2 slot RAM. Contohnya jika kamu ingin menambah RAM Macbook hingga 16GB itu artinya kamu harus membeli 2 keping RAM berkapasitas 8GB. Apabila sudah tahu jenis yang tepat, silahkan kamu berbelanja RAM SODIMM dengan merek apapun.

Cara upgrade RAM Macbook Pro ini tidaklah menghilangkan garansi makanya kamu bisa menggantinya sendiri. Nah berikut ini Cara Upgrade RAM Macbook Pro yang bisa kamu lakukan sendiri.

Cara upgrade RAM Macbook Pro dengan Mudah

Lepas Casing Bagian Bawah

Langkah pertama dalam cara upgrade RAM Macbook Pro adalah dengan melepaskan casing bawah. Tapi sebelum itu matikan terlebih dulu Macbook Pro kamu. Lepaskan adaptor daya, kabel Ethernet, kabel USB, kunci pengaman dan kabel lainnya. Kemudian lepas kesepuluh sekrup yang mengunci casing bawah dengan menggunakan obeng kecil.

Lepaskan Memori

Cara upgrade RAM Macbook Pro yang kedua dengan menyentuh bagian permukaan logam yang ada di dalam Macbook Pro untuk melepaskan listrik statis dari tubuh kamu.

Setelah itu, lepaskan memori yang ada dengan menekan tuas di sisi modul memori kearah luar untuk melepaskannya dari kartu memori RAM. Saat memori menyembul dengan posisi menyerong, sebelum melepaskannya pastikan pegang modul memori pada takiknya dan lepaskan modul dari slotnya.

Pasang Memori Baru

Untuk memasang memori baru sejajarkan takik di ujung berwarna kuning dari modul dengan takik di bawah slot, selanjutnya cara upgrade RAM Macbook Pro adalah dengan memiringkan kartu dan tekan memori ke dalam slot hingga terdengar bunyi klik.

Pasang Kembali Casing Bagian Bawah

Cara upgrade RAM Macbook Pro yang terakhir adalah tinggal tahap akhir saja. Jika sudah terpasang dengan benar, pasang kembali casing bawah dan kencangkan ke sepuluh sekrup yang kamu lepaskan tadi. Pastikan pemasangan sekrup berada pada lokasi yang tepat agar tidak terjadi konsleting.

Itulah tadi rangkaian dalam cara upgrade RAM Macbook Pro yang bisa kamu lakukan sendiri karena caranya juga cukup mudah dan gampang untuk dilakukan meski tanpa bantuan tenaga professional. Yang tak kalah pentingnya dalam cara upgrade RAM Macbook Pro adalah jenis RAM yang cocok. Untuk melihat jenis RAM yang cocok untuk Macbook milik kamu, kamu bisa menuju ke support. Apple.com.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Air

Cara Upgrade RAM Macbook Air

Cara Upgrade RAM Macbook Air – Macbook Air kamu terasa lamban? Jika iya Cara Upgrade …

Leave a Reply

Your email address will not be published.