Cara Uninstall Aplikasi di Macbook

Cara Uninstall Aplikasi di Macbook

Cara Uninstall Aplikasi di Macbook   -Bagi pengguna lama Macbook  pasti sudah terbiasa dengan cara mengoperasikan sistem yang terdapat di Macbook . Tapi bagaimana bagi pengguna baru?

Sistem operasi yang digunakan oleh Macbook  berbeda dengan sistem operasi pada OS Windows. Apple terkenal dengan ekosistem yang tertutup, jauh berbeda dengan sistem operasi windows yang memiliki kelebihan untuk di upgrade secara lebih fleksibel.

Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi di Macbook?

Cara uninstall aplikasi yang di Macbook  dan OS Windows pun juga berbeda. Jika di OS Windows tidak terlalu ribet, di Macbook  terdapat cara-cara tertentu yang harus diikuti secara tepat agar file atau folder yang terkait tidak tertinggal.

Ada beberapa cara uninstall aplikasi di Macbook  yang akan kita bahas satu per satu. Bisa dilakukan lewat Finder atau aplikasi file manager bawaan di komputer Mac.

Baca Juga : Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Tiga Cara Uninstall Aplikasi di Macbook

Cara Uninstall Aplikasi di Macbook  Melalui Finder

Finder adalah sebuah fitur yang menggunakan jendela dan ikon untuk menampilkan konten Mac, iCloud Drive dan perangkat penyimpanan lain yang digunakan oleh penggunana Apple. Disebut sebagai Finder karena memiliki fungsi untuk membantu penggunanya menemukan dan mengelola file.

Adapun cara uninstall aplikasi di Macbook  melalui Finder adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke folder Application atau folder aplikasi. Buka Finder untuk mencari folder aplikasi yang ingin di hapus.

2. Tekan Command (CMD) + delete. Atau tarik aplikasi yang ingin dihapus dan masukkan ke tong sampah.

3. Jika dalam proses penghapusan aplikasi dimintai nama pengguna dan kata sandi, masukkan nama dan kata sandi akun administrator di Mac.

Apabila ingin menghapus aplikasi secara permanen, tekan Finder dan Klik Trash di menu bar untuk menghapus dari Mac.

Cara Uninstall Aplikasi Di Macbook  Melalui Launchpad

Launchpad adalah app yang dapat di instal melalui AppStore yang bertujuan untuk memudahkan penghapusan aplikasi. Cara uninstall aplikasi di Macbook  melalui Launchpad adalah sebagai berikut.

1. Buka Launchpad terlebih dahulu. Untuk membuka Launchpad, langkah yang harus dilakukan adalah klik di Dock atau buka dari folder aplikasi. Atau juga bisa dilakukan dengan menjepitnya dengan ibu jari dan tiga jari di trackpad.

2. Apabila nama aplikasi yang ingin di uninstall tidak terdeteksi. Ketik nama aplikasi di bidang pencarian pada bagian atas layar. Atau, juga bisa dengan gesek ke kanan atau kiri dengan dua jari pada trackpad untuk menampilkan halaman berikutnya maupun sebelumnya.

3. Tekan dan tahan agak lama tombol Option (tap + hold) aplikasi yang bersangkutan hingga aplikasi bergetar.

4. Klik tombol Hapus ⊗ di samping aplikasi yang ingin di hapus. Setelah itu klik hapus untuk menginformasi.

Ikon delete ⊗ merupakan aplikasi yang di install terlebih dahulu melalui AppStore. Apabila anda tidak menginstall delete ⊗, anda dapat menguninstall melalui Finder saja.

Cara Uninstall Aplikasi di Macbook  Melalui Spotlight

Spotlight merupakan fitur pencarian dekstop yang terdapat di seluruh sistem MacOS dan sistem operasi iOS Apple. Adapun cara uninstall aplikasi di Macbook  melalui Spotlight adalah sebagai berikut :

1. Buka Spotlight, kemudian tekan Command (CMD) + Spacebar

2. Ketik aplikasi yang ingin di uninstall

3. Geser aplikasi yang ingin di hapus ke Trash yang terdapat di Dock. Tunggu sampai folder Trash terbuka, dan masukkan aplikasi kedalamnya.

Selain ketiga cara uninstall aplikasi di Macbook  seperti diatas, anda juga bisa uninstall menggunakan aplikasi tertentu seperti AppTrap atau AppCleaner. Itulah tiga cara uninstall aplikasi di Macbook  dari TauBGT.com. Semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.