Cara Setting VPN di Macbook

Cara Setting VPN di Macbook

Cara Setting VPN di Macbook – Saat anda menggunakan perangkat Mac, tentunya akan ada beberapa perbedaan daripada saat menggunakan perangkat lain seperti Laptop jenis lain. Termasuk juga untuk Cara Setting VPN di Macbook, pastinya anda merasa bingung saat akan melakukan dan bertanya-tanya.

Sebelumnya, anda harus mengerti dan paham betul tentang apa itu VPN secara pengertian singkat sebagaimana yang akan disampaikan disini. Sehingga ditahap berikutnya anda bisa menyimak tentang Cara Setting VPN di Macbook. Salah satu fungsi dari VPN sendiri adalah mengijikan kita untuk terhubung secara aman melalui jaringan pribadi yang ada di Internet.

Nah, perangkat Macbook sendiri secara bawaan mendukung pengaturan koneksi VPN tersebut dan pada panduan kali ini kita akan belajar tentang bagaimana Cara Setting VPN di Macbook.

Tentang VPN

VPN itu apa sih? Jadi, VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network. Apabila anda mempunyai berkas yang ada di server di tempat kerja, maka dengan VPN server tersebut tidak akan menjadi public facing (terakses lewat internet) dan tanpa ragu lagi bahwa server tersebut akan ditutup firewall. Pastinya mengoperasikan VPN jauh lebih aman jika dibandingkan dengan hanya membuka port dari firewall.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Terhapus di Macbook

Cara Kerja VPN

Remote Akan Menghubungkan ke Jaringan di Tempat Kerja

Apabila sedang bekerja, anda bisa mengakses apapun di file server. Namun saat anda berada dalam perjalanan atau dirumah, tentu tidak bisa. VPN lah yang memungkinkan anda seolah berada di jaringan yang sama. Saat terhubung, Anda bisa mengakses salah satu file server mereka yang menggunakan alamat IP normal. Bahkan dengan VPN juga, anda bisa membuat koneksi aman ke dalam jaringan pribadi (tidak bisa di akses).

Enkripsi Browsing Web

VPN akan bekerja sebagai langkah enkripsi untuk semua data agar lebih aman. Jika anda tengah berada diluar, misalnya ke cafe dan mengakses web maka lalu lintas anda tersebut dapat terpantau. Namun dengan mengenkripsi semua web browsing akan meningkatkan keamanan apa pun yang Anda lakukan secara online.

Berada di Tempat Lain di Dunia

Sebagai salah satu contoh, anda tengah berada di Paris pada perjalanan dan terjebak dalam kamar hotel untuk beberapa jam. Apabila anda mencoba dan mengakses situs yang tersedia di AS misalnya seperti Hulu, maka anda akan disambut dengan pesan yang menjelaskan bahwa, “Jika server VPN anda terletak di US dan Alanda menghubungkan serta memastikan bahwa lalu lintas Internet melewati sambungan VPN”. Dengan begitu maka Anda akan dapat mengakses situs.

Lalu untuk Cara Setting VPN di Macbook itu sendiri bagaimana? Sudah tidak sabar tentunya anda semua ingin mengetahui langkah-langkahnya. Adapun Cara Setting VPN di Macbook dapat anda simak berikut ini.

Cara Setting VPN di Macbook

Untuk melakukan setting VPN ke Macbook, pastikan bahwa alamat IP server atau nama domain telah memenuhi syarat. Selain itu siapkan username dan password untuk kelengkapan setting lainnya, dan tipe koneksi (PPTP atau L2TP). Sedangkan Cara Setting VPN di Macbook adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Buka “System Preferences”, kemudian kemudian pilih jaringan.

Langkah 2

Klik tanda “+” dan kemudian pilih VPN di bagian bawah pilihan antarmuka. Lalu, tentukan PPTP atau L2TP.

Langkah 3

Pilih konfigurasi dan kemudian tambahkan konfigurasi tersebut, dilanjut dengan menentukan nama sebagai “Server 1”.

Catatan: Dalam langkah-langkah di atas, saran untuk anda agar menambahkan sebuah konfigurasi yang bernama “Server 1”. Namun sebenarnya tahap ini benar-benar opsional dan bisa, sebenarnya hanya memasukkannya di bawah konfigurasi default. Salah satu alasan mengapa ditambahnya konfigurasi yakni karena beberapa pengguna merasa memiliki beberapa pengaturan VPN.

Langkah 4

Tahap ke empat dari Cara Setting VPN di Macbook yakni memasukkan alamat IP VPN server (atau FQDN) dan nama pengguna.

Langkah 5

Cara Setting VPN di Macbook ke lima adalah pengaturan otentikasi, kemudian memasukkan sandi.

Langkah 6

Pastikan VPN telah menampilkan status di bilah menu yang telah dipilih, lalu klik Terapkan.

Bagaimana? Apakah anda memahami Cara Setting VPN di Macbook sesuai yang dijelaskan di atas? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.