Cara Screenshot di Macbook

Cara Screenshot di Macbook

Cara screenshot di Macbook berbeda dari cara saat kita menggunakan perangkat komputer atau laptop jenis lain pada umumnuya. Mengenal perangkat Apple ini, Macbook merupakan komputer jinjing Macintosh hasil produksi vendor kelas dunia tersebut. Mengapa harus tentang cara screenshot di Macbook? Karena belakangan, fitur tangkapan layar itu tengah penting perannya sehari-hari.

Screenshot

Screenshot merupakan gambar tampilan dari sebuah layar yang diambil dari perangkat berteknologi, baik itu smartphone, laptop maupun Macbook seperti saat ini yang sedang dibahas. Melakukan screenshot, setiap device tentu berbeda cara. Bahkan meskipun device yang sama tetapi sistem operasi berbeda maka cara screenshot pun juga tak sama. Apalagi jika screenshot di perangkat Macbook dan Windows yang pastinya berebeda.

Screenshot biasa dikenal dengan nama trend “SS” untuk lebih mudahnya. Saat ini SS cukup berperan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya mengabadikan momen pada perangkat yang tidak bisa ditunjukkan secara lisan. Nah, cara menyimulasikannya adalah dengan SS.

Lantas apa korelasinya antara screenshot dan macbook sehingga menjadi poin penting pembahasan kali ini dalam cara screenshot di Macbook?

Tentu saja hal itu tidak lepas dari apa yang sedang ramai. Kita tahu bahwa Macbook telah banyak digunakan. Akan tetapi karena macOS dan laptop pada umumnya mempunyai perbedaan, serta kebutuhan screenshot cukup penting maka diambil hal-hal yang mungkin sering digunakan seperti screenshot.

Jadi cara screenshot di Macbook seperti apa akan disampaikan disini. Berikut cara screenshot di Macbook serta cara screenshot pada perangkat Windows sehingga keduanya akan menjadi perbandingan yang bisa anda pahami.

Baca Juga : Cara Screen Record di Macbook

Cara Screenshot di Laptop Windows

Perangkat windows agaknya sudah sangat familiar dengan pengguna. Namun tetap perlu disampaikan disini sekaligus bisa menjadi perbedaan dengan macbook. Karena cara screenshot di Macbook dan perangkat windows sangatlah berbeda. Berikut langkah dan pilihan screenshot pada perangkat windows.

Cara Pertama

Khusus perangkat dengan Windows 8 dan 10 menggunakan tombol Windows + Print Screen. Windows 8 dan 10 merupakan generasi penerus dari windows 7. Keduanya mempunyai perbedaan dalam cara screenshot. Cara melakukan screenshot di windows 8 dan 10 bisa langsung tersimpan tanpa harus menyalin (paste) terlebih dahulu di software paint. Adapun caranya yakni dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Nantinya hasil pada langkah tersebut akan akan langsung tersimpan di folder picture tepatnya di screenshots. Secara tidak sadar cara tersebut lebih efisien dan efektif. Hanya saja ada kekurangan dari cara ini yaitu ukuran SS yang tidak bisa di kostumisasi. Dengan kata lain tangkapan layar full.

Cara Kedua

Langkah kedua ini mungkin dibilang lebih ribet dari sebelumnya dengan menggunakan tombol Windows + Print Screen Semua Windows. Namun meski dibilang lebih ribet tetapi langkah ini bisa dilakukan pada versi windows 7, 8, dan 9. Bahkan cara ini dikatakan cukup umum dilakukan oleh para pengguna windows.

Apabila masih bingung, mengingat setiap laptop tentu berbeda-beda anda bisa melihat pada keyboard dengan tulisan prt sc. Maka cukup tekan tombol tersebut lalu masuk ke dalam software Paint. Tetapi gambar hasil ss tidak akan langsung tersimpan jika tidak di paste terlebih dahulu. Singkatnya tekan tombol prt sc > buka software paint > ketikkan di kolom pencarian windows > paint > paste (CTRL + V).

Tutorial Cara Screenshot di Macbook Tanpa Ribet

Kini giliran cara screenshot di Macbook yang sudah dinantikan. Entah anda akan membeli dan menggunakan perangkat tersebut, atau hanya sekedar berbagi ilmu tetapi di masa seperti sekarang anda memang harus jago memahami seluk beluk penggunaan perangkat. Berikut cara screenshot di Macbook melalui beberapa langkah yang bisa di pilih.

Screenshot Command + Shift + 3

Langkah melakukannya yakni dengan menggunakan kombinasi tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan sampai terdengar suara. Jika sudah, gambar hasil SS akan tersimpan otomatis di dekstop.

Screenshot Command + Shift + 4

Pada cara kedua ini hanya memberikan tangkapan layar sebagian saja. Tekan tombol Command + Shift + 4 secara bersmaaan sampai terdengar ada suara. Nantinya akan muncul ikon kursor yang bisa anda operasikan untuk memotong sesuai kebutuhan. Artinya cara screenshot di Macbook kedua ini bisa full atau bisa di potong sesuai keinginan.

Nah, itulah tutorial dari TauBGT.com tentang cara screenshot di Macbook yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda semua. Terutama untuk pengguna baru.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.