Cara Screenshot di MacBook Air

Cara Screenshot di MacBook Air

Cara Screenshot di MacBook Air – MacBook merupakan produk jenis laptop besutan Apple yang mulai dirilis pada tahun 2006. Berbeda dengan sistem yang terdapat pada laptop pada umumnya yang menggunakan windows atau linux, MacBook menggunakan sistem macOS.

Fitur-fitur yang terdapat pada MacBook dan laptop lainnya juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut juga terjadi pada cara screenshot di MacBook Air dengan jenis laptop lainnya.

Bagi sebagian orang yang terbiasa menggunakan laptop dengan sistem windows atau linux dan beralih ke MacBook, mungkin akan sedikit kebingungan dengan cara screenshot di MacBook Air. Agar tak kebingungan lagi, dibawah ini sudah kami rangkumkan cara screenshot di MacBook Air yang benar. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi di Macbook

Cara Screenshot di MacBook Air dengan Mudah

Terdapat tiga cara screenshot di MacBook Air, yakni cara screenshot secara penuh, screenshot sebagian layar, dan screenshot jendela atau menu yang sedang aktif. Disini akan kupas satu per satu agar pembaca tak merasa kebingungan.

Cara Screenshot Secara Penuh

Cara screenshot di Macbook Air pertama secara penuh, yakni apabila ingin mengambil jepretan, langkah yang harus dilakukan adalah tekan dan tahan tombol Shift + Command + angka 3 secara bersamaan. Pada bagian sudut layar akan ditampilkan gambar mini, klik untuk mengedit jepretan layar. Atau tunggu selama beberapa detik hingga jepretan layar telah tersimpan di dekstop.

Cara Screenshot Sebagian Layar

Cara screenshot di Macbook Air sebagian layar saja. Jika kamu ingin mengambil screenshot sebagian layar, kamu dapat memulainya dengan menekan dan menahan tombol Shif + Commad + angka 4 secara bersamaan. Setelah itu tarik penunjuk bidik untuk memilih area layar yang ingin diambil tangkapannya. Apabila ingin memindahkan area yang dipilih, cukup tekan dan tahan bar spasi, sambil menarik penunjuk bidik. Dan apabila ingin membatalkan pengambilan jepretan layar cukup tekan tombol Esc (escape).

Lepas mouse atau trackpad untuk mengambil jepretan layar. Pada bagian sudut layar akan ditampilkan gambar mini, apabila kamu ingin mengedit maka tinggal klik gambar tersebut. Setelah itu tunggu selama beberapa detik hingga jepretan layar tersimpan di dekstop.

Cara Screenshot Jendela atau Menu yang Sedang Aktif

Cara screenshot di Macbook Air berikutnya pada jendela menu yang sedang aktif. Apabila kamu ingin mengambil jepretan layar menu, untuk memulainya kamu tinggal membuka menu atau jendela mana yang ingin di ambil jepretannya. Lakukan dengan cara menekah dan menahan tombol Shif + Command + angka 4 + bar spasi secara bersamaan. Setelah itu penunjuk akan berubah menjadi ikon kemera.

Apabila kamu ingin membatalkan pengambilan jepretan layar, cukup tekan tombol Esc (escape). Untuk mengambil jepretannya, tinggal klik menu atau jendela. Apabila ingin mengecualikan bayangan jendela dari jepretan layar, caranya adalah tekan dan tahan tombol Options ketika di klik.

Pada bagian sudut layar, akan ditampilkan gambar mini. Untuk mengedit jepretan layar, kamu tinggal klik gambar tersebut atau dapat juga menunggu selama beberapa saat hingga jepretan layar telah tersimpan di dekstop. Secara otomatis, jepretan layar yang telah kamu lakukan tadi akan tersimpan di dekstop dengan nama “jepretan layar [tanggal] pukul [waktu].png”

Pada sistem macOS Mojave ataupun versi yang lebih baru, hasil jepretan layar dapat di ubah lokasi default penyimpanannya dari menu pilihan di app atau aplikasi jepretan layar. Kamu juga bisa menarik gambar mini ke folder ataupun dokumen.

Selain dengan tiga cara screenshot di MacBook Air diatas, kamu juga dapat menggunakan aplikasi tambahan yang telah disediakan untuk MacBook seperti Snagit dan Greenshot.

Semoga informasi mengenai cara screenshot di MacBook Air ini dapat bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.