Cara Screen Record di Macbook

Cara Screen Record di Macbook

Cara screen record di Macbook tidak banyak yang tahu, apalagi fitur tersebut memang tak sefamiliar screenshot pada umumnya. Screen Recording merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk merekam tampilan layar menjadi populer selama terlebih saat masa WFH atau (Work From Home).

Meski banyak waktu luang dirumah selama WFH atau kegiatan sekolah online, namun tak menutup kemungkinan seseorang tetap bisa tertinggal pelajaran, terlebih pada hal-hal penting. Dengan kondisi seperti ini tentu saja cara screen record di Macbook menjadi awal yang tepat untuk di praktikkan. Karena dengan fitur tersebut anda bisa memutar kembali sesi meeting secara virtual apabila tertinggal. So, tidak perlu khawatir jika semua akan tetap mudah dengan screen record tersebut.

Mengapa Harus Mempelajari Cara Screen Record di Macbook?

Mengapa harus mempelajari cara screen record di Macbook sementara banyak perangkat lain yang sering digunakan? karena perangkat Apple tersebut belakangan cukup laris, terlihat tak sedikit yang mulai memanfaatkan.

Secara spesifikasi, Macbook memang cukup mumpuni dengan tiga model yakni Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro. Karena sejatinya secara desain tentu saja antara Macbook dan perangkat komputer lainnya berbeda, fitur, interface sampai dengan hardware tak sama. Oleh karenanya anda harus mengerti cara screen record di Macbook karena seperti yang disampaikan bahwa fitur ini cukup penting dimasa sekarang.

Menariknya lagi fitur screen recording tetap bisa dilakukan tanpa harus meminta izin melalui admin atau moderator di aplikasi ataupun platform yang telah digunakan. Kegiatan ini bisa dilakukan pada perangkat telepon (smartphone) dan laptop jenis lainnya. Hanya saja karena saat ini perangkat macOS milik Apple sudah mulai populer ada baiknya mengenali cara screen record di Macbook, entah memang belum tahu atau akan membeli perangkat tersebut sangatlah penting disimak.

Baca Juga : Cara Reset Macbook

Tips dan Cara Screen Record di Macbook

Beberapa langkah untuk melakukan screen recording pada perangkat macbook bisa dilakukan seperti berikut. Namun cara berikut hanya bisa digunakan oleh perangkat Macbook dengan sistem operasi Mac Majove atau lebih lawas lagi.

Aplikasi QuickTime Player

Cara yang pertama bisa dilakukan dengan mendownload aplikasi QuickTime Player dan kemudian dibuka. Selanjutnya klik menu File di bagian sudut kanan kiri atas layar atau bisa juga dengan klik kanan ikon QuickTime pada bagian doc. Lalu pilih menu New Screen Recorder, setelah itu akan muncul kotak menu baru bernama Screen Recording.

Nantinya anda tinggal merekam dengan cara klik ikon lingkaran merah. Tetapi pastikan terlebih dahulu apakah anda mau merekam dengan audio. Klik ikon panah yang ada dibagian ikon rekam dan akan muncul menu baru. Disana anda bisa memilih microphone jika ingin merekam dengan suara dari luar mikrofon. Namun apabila anda memilih None maka audio yang direkam hanya yang tampil di layar saja.

Kemudian tentukan area layar yang akan masuk dalam Screen Recording. Jika anda ingin merekam seluruh tampilan layar maka klik area layar terlebih dahulu di bagian manapun lalu klik ikon rekam. Sedangkan untuk perekaman area tertentu, lakukan click-drag di area yang diinginkan kemudian klik menu Start Recording yang muncul di tengah. Jika telah selesai, tekan kembali ikon yang digunakan untuk memulai proses perekaman atau Screen Record tersebut.

Cara screen record di Macbook dengan menggunakan aplikasi QuicTime Player cukup recommended. Aplikasi ini akan secara langsung menyajikan video yang baru saja direkam. Bahkan disana juga akan tersedia opsi untuk melakukan penyuntingan atau edit serta menyimpannya.

Menggunakan Audio Mac

Selain dengan aplikasi QuickTime, cara lain yang bisa dilakukan untuk screen recording adalah dengan menggunakan audio pada mac. Adapun cara screen record di Macbook dengan menggunakan audio pada mac yakni sebagai berikut:

  • Buka applikasi QuickTime Player
  • Pilih file pada top bar dan klik new screen record
  • Pilih option pada toolbar screenshot yang ada di bagian bawah layar
  • Pilih Macbook Pro Microphone yang ada dibawah judul Microphone.
  • Klik tombol record di toolbar setelah memilih jenis microfon. Lalu kontrol untuk mulai merekam layar dengan suara.
  • Jika selesai merekam tekan ikon rekam pada top bar layar. Secara otomatis QuickTime Player akan menyimpan rekaman hasil anda.

Itulah beberapa cara screen record di Macbook dari TauBGT.com yang bisa dilakukan. Apakah anda masih merasa kebingungan?

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.