Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook untuk semua model agaknya masih sama. Diantara tiga model yang dikeluarkan oleh Apple Inc tersebut adalah Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro. Semua jenis ini hadir dengan spesifikasi mumpuni yang belakangan di gandrungi pengguna.

Pengguna perangkat Apple tersebut tentu ingin tahu bagaimana cara reset Macbook agar lebih mudah beradaptasi. Pasalnya seperti yang diketahui sejak kehadiran Macbook, tidak sedikit yang berpindah haluan dari laptop jenis lainya ke perangkat ini. Namun apa sih keuntungan dengan melakukan reset?

Keuntungan Melakukan Reset Pada Perangkat Macbook

Sebelum lebih jauh melangkah pada cara reset Macbook, harus anda pahami atas dasar apa dilakukannya reset pada sebuah perangkat. Berikut poin-poinnya:

  • Lebih mudah beradaptasi dengan perangkat
  • Meringankan beban perangkat
  • Agar tidak mudah panas
  • Agar tidak mudah lemot
  • Antisipasi ruang jika dibutuhkan, maka dilakukan reset

Namun seperti apa untuk cara reset Macbook itu sendiri, semuanya akan disampaikan pada halaman ini. Reset dilakukan untuk memulihkan perangkat sesuai ke pengaturan pabrik. Disini akan ada tutorial melakukan reset untuk mempermudah langkah anda.

Baca Juga : Cara Install Ulang Macbook

Tutorial Cara Reset Macbook dengan Mudah

Format Harddisk

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat hendak melakukan reset adalah memformat harddisk. Namun pastikan bahwa anda telah membackup semua data. Karena pemformatan ini akan menghilangkan semua data-data yang ada. Sehingga benar-benar pastikan sudah melakukan backup.

Apabila anda mempunyai beberapa partisi, maka bisa menghapus semua data yang ada di partisi serta menggabungkan semua partisi tersebut dengan cara menghapus ke dalam proses format.

Dalam tahap pemformatan pada cara reset Macbook ini anda harus masuk ke Recovery Mode. Caranya, matikan macbook lalu hidupkan kembali. Saat sudah terdengar suara booting tekan dan tahan Command + R hingga muncul sebuah logo Apple. Saat sudah masuk ke macOS Utilities menuju menu Disk Utility, disana anda bisa lakukan format disk, menghapus partisi serta menyatukannya dengan mudah.

Install Ulang

Sebelum melangkah pada cara reset Macbook  langkah kedua yang harus dilakukan adakah menginsta ulang macOS. Usai melakukan format tentu saja dilanjutkan dengan menginstall ulang, karena setelah melakukan format semua data akan hilang atau terhapus maka operasi OS X dan MacOS pun ikut terhapus. Langkah melakukan install ulang yakni menuju Recovery Mode, pada bagian macOS Utilities pilih Install Ulang macOS atau Reinstall macOS. Namun pastikan bahwa anda telah terhubung ke dalam koneksi internet. Jika hanya mengandalkan paket data rasanya tidak cukup mampu melakukan install. Dibutuhkan koneksi internet besar seperti WiFi. Lalu download macOS dari server Apple untuk memproses install ulang. Lalu tunggulah sampai selesai.

Selain di atas, cara reset Macbook lainnya bisa juga anda lakukan dengan tahap-tahap berikut ini.

Pencadangan File

Sebenernya sama saja, backup ataupun pencadangan dan transfer file mempunyai maksud tujuan sama. Ini dilakukan sebelum melangkah pada tahap reset. Pastikan semua data, file dan dokumen telah anda pindahkan.

Keluar dari Semua Akun

Pastikan anda telah mengeluarkan semua akun, biasanya untuk di Macbook ada iTunes, iMessage, dan iCloud. Anda bisa keluar dari akun-akun tersebut atau keluar dari akun lain yang mungkin belum tersebut namanya. Caranya yakni:

iTunes

Buka iTunes dari bar menu bagian atas layar atau jendela iTunes > pilih account > pengesahan > batalkan pengesahan komputer. Lalu masukkan ID Apple dan password > klik batalkan pengesahan.

iCloud

Pertama pilih menu Apple > pilih  Preferensi Sistem > lalu klik ID Apple. Kemudian pilih Gambaran Umum di bar samping > klik Keluar.

iMessage

Pertama membuka app pesan > pilih pesan > preferensi dari bar menu > klik iMessage > klik keluar.

Mengatur Ulang NVRAM

Cara reset Macbook juga melalui tahap pengaturan ulang NVRAM. Caranya yakni matikan perangkat dan hidupkan kembali laku segera tekan dan tahan empat tombol meliputi Option, Command, P dan R. Setelah sekitar 20 menit lepaskan tombol tersebut. Langkah ini akan menghapus pengaturan pengguna dari memori dan pemulihan fitur keamanan tertentu.

Install Ulang MacOS

Selanjutnya adalah menghapus dan menginstall ulang MacOS. Jika penginstalan selesai, macbook akan dimulai ulang ke dalam asisten konfigurasi. Tekan Command-Q untuk membiarkan macbook dalam keadaan siap pakai.

Itulah tutorial TauBGT.com tentang cara reset Macbook yang mungkin bisa menjadi refrensi untuk anda semua. Semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.