Cara Reset Macbook Pro

Cara Reset Macbook Pro

Cara Reset Macbook Pro -Beberapa kesempatan sudah cukup sering disampaikan tentang cara reset perangkat, seperti laptop jenis lain atau Macbook. Namun bagaimana cara reset Macbook Pro? Tentu saja semua kunci penting anda akan disampaikan pada kesempatan kali ini.

Setiap perangkat tentunya mempunyai fitur berbeda, terutama akan cara reset seperti yang sudah disampaikan. Sebut saja perangkat Mac yang punya caranya sendiri. Lantaran versi Pro mungkin yang banyak digunakan karena varian tertinggi.

Jadi pertanyaan cara reset Macbook Pro tentu bukan sesuatu yang asing. Melakukan reset tentu ada alasannya, bisa karena perangkat akan dijual, atau memang kondisi lain seperti lemot. Biar bagaimanapun perangkat punya masa lelah jika software atau aplikasi yang di pasang terlalu berlebihan. Sehingga hal itu akan menghambat kinerja pengguna. Salah satu solus terbaik yakni melihat tutorial  cara reset Macbook Pro seperti kali ini.

Baca Juga : Cara Mematikan Macbook

Tutorial Cara Reset Macbook Pro dengan Mudah

  1. Tekan dan tahan tombol command dan R pada keyboard, dan sekaligus nyalakan Mac. Jika logo Apple muncul, lepaskan seketika.
  2. Pilih bahasa dan continue
  3. Pilih Disk Utility > Klik Continue
  4. Pilih Startup Disk (Macintosh HD secara default) dan sidebar kemudian klik tombol erase.
  5. Setelah pilih nama disk usai di hapus, lanjutkan pilih mac OS Extended (Journaled) dari menu dropdown dan klik erase.

Note: Apabila anda ingin mengenkripsi cakram untuk keamanan tambahan, pilih “Journaled, Encrypted” dan disitu anda akan diminta membuat kata sandi. Kemudian pilih GUID Partition Map.

  • Klik Erase > Done > Keluar dari Jendela
  • Sambungkan Macbook dengan WiFi seperti yang biasa dilakukan
  • Pilih Reinstall dari menu utama > macOS > klik continue
  • Pilih continue > muncul pop-up > pilih tombol continue
  • Baca ketentuan Licensi Agreement perangkat lunak sebelum klik Agree pada cara reset Macbook Pro ini.
  • Pilih diak boot > Install
  • Tunggu proses instalasi, dan komputer akan restart lalu proses instalasi akan dijalankan
  • Tunggu sampai komputer restart

Reset merupakan pengembalian pengaturan seperti versi aslinya seperti pada waktu awal beli. Sebelum melangkah pada cara reset Macbook Pro, berikut yang harus anda pahami.

Sebelum melakukan reset, pastikan anda telah membackup data. Jika tidak, semua data akan hilang tanpa jejak begitu saja saat reset selesai. Jika alasan reset lantaran hendak menjual perangkat, maka sebaiknya pastikan sudah keluar dari iMessage, iCloud dan akun-akun lain. Jika dari sini sudah dilakukan, saatnya mencari cara reset Macbook Pro. Apa yang harus dilakukan?

Persiapan Sebelum Reset Macbook Pro

Lakukan Backup Data

Namanya juga mengembalikan perangkat pada pengaturan pabrik, jadi semua software dan apapun itu akan seperti saat baru. So, tidak ada data atau file lagi di dalamnya. Maka lakukan bakup data sebelum reset.

Keluar dari Akun iTunes

Keluar dari iTunes juga bagian dari cara reset Macbook Pro. Ikuti langkah seperti pilih Account > Authorization > Deauthorize This Computer. Namun jika anda pengguna MacOS Catalina terbaru maka bisa melewati langkah tersebut.

Keluar dari Akun iCloud

Bukan saja iTunes, namun iCloud dan semua akun yang tersambug wajib anda keluarkan terlebih dahulu. Caranya yakni tekan menu Apple, System Preferences > klik Apple ID. Setelah itu pilih iCloud dari panel samping dan Turn Off Find My Mac. Klik Overview dan lanjutkan pilih Sign Out.

Note: Bukan hanya iTunes atau iCloud saja, namun pastikan keluar dari semua akun.

Unpair Bluetooth Device

Caranya yakni dengan membuka menu Apple > System Preferences and Choose Bluetooth. Anda bisa unpair keyboards, headphines or other Bluetooth – enabled peripherals.

Inilah tutorial dari TauBGT.com tentang cara reset Macbook Pro,semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.