Cara Reset Macbook ke Pengaturan pabrik

Cara Reset Macbook ke Pengaturan pabrik

Cara Reset Macbook ke Pengaturan pabrik -Cara mengembalikan pengaturan pabrik perangkat Macbook atau cara reset Macbook ke pengaturan pabrik, sama saja. Kedua maksud sama saja, hanya penyebutan dan peletakan kata yang berbeda. Nah, hal itu menjadi kunci paling dicari sebagian besar orang terutama mereka pengguna perangkat dari vendor ternama.

Ya, Macbook merupakan perangkat teknologi pabrikan perusahaan besar dunia. Dalam hal ini Apple merilis dalam tiga jenis model yakni Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro.

Belakangan mulai banyak pemasaran Macbook, dan sebagian pengguna mulai menampakkan kemantaban menggunakam perangkat MacOS tersebut. Sehingga tak heran jika bermunculan pertanyaan bagaimana cara reset Macbook ke pengaturan pabrik yang tentunya akan disampaikan pada kesempatan kali ini.

Bagaimana Cara Reset Macbook ke Pengaturan Pabrik?

Apakah cara reset Macbook ke pengaturan pabrik cukup mudah, atau sama seperti umumnya perangkat?

Semestinya tidak, mulai dari hardware, desain, fitur dan interface saja ada perbedaan. Apalagi cara resetnya, tentu mempunyai langkah yang tidak sama persis. Pengguna Macbook memang harus mulai beradaptasi untuk menggunakannya, mulai dari hal-hal kecil sampai ke bagian penting seperti instal ulang, atau reset seperti ini. Cara reset Macbook ke pengaturan pabrikakan disampaikan secara jelas dan diupayakan dengan cukup singkat namun mudah di pahami. Lantas mengapa hal ini perlu dilakukan?

Sebenarnya tidak wajib atau tidak selalu harus dilakukan. Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing. Ya, kita tahu bahwa ada kalanya perangkat smartphone yang mulai letoy, akan kembali normal jika kembali ke pengaturan pabrik.

Kurang lebihnya seperti itu, alasan mengapa orang melakukan reset mungkin terlalu banyak dan berat aplikasi atau software yang di pasang sehingga memicu panas atau lemot. Selain itu alasan reset tak jarang ketika akan menjual perangkatnya, agar terlihat seperti pengaturan pabrik saat sudah ditangan orang lain. Anda tidak perlu mempermasalahkan hal itu, karena dengan cukup tahu cara reset Macbook ke pengaturan pabrik akan menjadi nilai lebih bagi anda tanpa harus ada alasan-alasan tertentu.

Baca Juga : Cara Instal Windows 7 di Macbook

Cara reset Macbook ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Backup Data Penting

Melakukan backup data adalah langkah terpenting sebelum melakukan reset. Perlu kita tahu bahwa mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik sama seperti mengembalikan pengaturan pabrik pada perangkat yang lain. Artinya mengembalikan Macbook ke dalam pengaturan pabrik pasti akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat tersebut. 

Sehingga sangat penting bagi anda untuk melakukan backup data serta membuat cadangan. Jika tidak, anda harus siap-siap kehilangan semua file atau data yang ada di perangkat dan tidak akan tersisa satu pun.

Proses Restart

Cara reset Macbook ke pengaturan pabrik selanjutnya setelah melakukan backup yakni restart perangkat. Langkah untuk memulai proses pemulihan yakni menyalakan kembali Macbook dan kemudian tekan kombinasi tombol Command + R. Dengan begitu anda akan melihat utilitas Mac OS X. Jika seperti itu maka pilih utility, lalu klik disk utility dan akan terlihat daftar harddisk.

Pilih Nama HDD

Pilih disk yang akan digunakan dan klik tab erase. Mungkin untuk beberapa pengguna, harddisk utama telah diganti namanya. Maka anda harus memilih nama hard disk yang digunakan untuk menginstal MacOS.  

Proses Pemformatan

Melakukan pemformatan ekstensi MacOS dengan menggunakan ekstensi sendiri menggunakan Mac OS extended (Journaled). Ini adalah format yang dibutuhkan untuk menginstal sistem operasi OS X.  

Proses Eksekusi

Tahap kelima cara reset Macbook ke pengaturan pabrik adalah klik tombol erese. Ini dilakukan jika pada point sebelumnya khususnya 3 dan 4 telah sesuai saatnya melanjutkan eksekusi. Selanjutnya klik tombol Erese untuk langkah pengeksekusian dengan proses yang akan menghabiskan waktu beberapa menit.

Pastikan ada koneksi, misalnya jaringan WiFi. Mengapa? Karena pada kasus ini tidak mungkin menggunakan data jika anda ingin cepat selesai. Maka dibutuhkan pasti jaringan internet kuat. Selain itu sistem akan secara langsung mengunduh file MacOs dari server apple.

Proses Reinstall

Tahap ketujuh anda saatnya memilih “Reinstall OS X” dan klik tombol “Install”. Proses ini akan memulai instalasi OS X setelah proses pengunduhan selesai. Setelah proses instalasi dimulai anda harus kembali membaca syarat serta ketentuan yang relevan dari Apple. Jika sudah yakin dan menentukan, maka pilih hard drive yang akan digunakan menginstal.

Hal ini akan mengarah drive Macintosh secara default. Nantinya anda bisa melakukan rename sesuai keinginan. Pilih dan tunggulah sampai proses instalasi selesai. Ini akan akan memakan waktu sekitar 30 menit tergantung pada konfigurasinya. Bahkan bisa juga sampai memakan waktu hingga 60 menit. Selama proses tersebut anda mungkin akan perlu memasukkan ID Apple guna memverifikasi status OS X.

Setelah melakukan beberapa cara reset Macbook ke pengaturan pabrik di atas, maka perangkat anda akan dikembalikan seperti barunya. Meskipun ada kemungkinan juga anda perlu menginstal beberapa program yang semuanya tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Sekian dulu tutorial dari TauBGT.com tentang cara reset Macbook ke pengaturan pabrik yang mungkin bisa menjadi refrensi untuk anda semua. Semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.