Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook – Macbook Anda terasa sangat lelet? Apakah ada masalah yang tampaknya tak bisa Anda selesaikan meski sudah melakukan banyak cara? Atau mungkin juga Anda ingin menjual Macbook tanpa meninggalkan jejak data di Macbook tersebut? Reset Macbook bisa jadi solusinya. Lalu gimana Cara Reset Macbook yang benar? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tapi yang perlu Anda ingat sebelum melakukan cara reset macbook, pastikan untuk membackup data Anda. Jika Anda menjual laptop tersebut, pastikan pula untuk keluar dari iMessage, iCloud dan akun lain apapun sebelum Anda melakukan reset ulang.

Akan tetapi jika akan masih ragu dan khawatir akan kehilangan data, berikut ini panduan sebelum melakukan cara reset Macbook Anda agar kembali seperti baru dari pabrikan tapi Anda tidak akan kehilangan data Anda.

Backup Macbook Anda sebelum melangkah ke Cara Reset Macbook, membuat cadangan atau backup akan melindungi file penting Anda. Jika tidak itu akan hilang saat Anda mereset ulang pabrik. Berikutnya adalah keluar dari iTunes dengan cara pilih Account – Authorization – Deauthorize This Computer. Jika Anda menjalankan macOS Catalina terbaru, langkah ini bisa Anda lewati.

Baca Juga : Cycle Count Macbook

Keluar dari iCloud. Tekan menu Apple, pergi ke System Preferences lalu klik Apple ID. Pilih iCloud dari panel samping dan Turn off Find my Mac dan klik Overview dan Sign Out.

Yang tak kalah pentingnya adalah Sign Out of iMessege dengan membuka aplikasi Messages, pilih Mesaages lalu Preferences dan klik iMessage dan Sign Out. Terakhir Unpair Bluetooth device. Buka menu Apple dan System Preferences and choose Blueetooth dan disini Anda bisa unpair keyboard, headphone or other Bluetooth-enabled peripherals.

Nah setelah mengetahui panduan sebelum Cara Reset Macbook , Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data setelahnya. Untuk itu langsung saja kita membahas mengenai Cara Reset Macbook berikut ini.

Cara Reset Macbook dengan Mudah

Tekan Tombol Command + R

Cara Reset Macbook yang pertama adalah dengan menekan tombol Comand dan R pada keyboard dan nyalakan Macbook Anda. Lalu lepaskan ketika logo Apple telah muncul. Lalu langkah selanjutnya adalah dengan memilih Bahasa dan Continue.

Pilih Disk Utility

Cara Reset Macbook berikutnya dengan klik Disk Utility dan klik Continue.

Pilih Startup Disk Anda (bernama Macintosh secara default) dari sidebar dan klik tombol Erase.

Setelah Anda memilih nama untuk disk setelah dihapus, pilih Mac OS Extended (Journaled) dari menu dropdown dan klik Erase. (Jika Anda ingin ingin mengenkripsi cakram Anda untuk keamanan tambahan, pilih opsi “Journaled, Encrypted“. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi.) Pilih GUID Partition Map.

Klik Erase lalu Done dan keluar dari jendela

Jika Anda belum, sambungkan Macbook Mac ke Wifi di sudut kanan atas seperti yang biasa Anda lakukan di Macbook Anda.

Dari menu utama, pilih Reinstall MacOS dan klik Continue.

Tekan Continue. Pop-up akan muncul. Pilih tombol Continue di sana juga.

Baca Licensi Agreement perangkat lunak dan klik Agree.

Klik disk boot dan pilih Install

Proses Instalasi

Cara Reset Macbook berikutnya menunggu proses instalasi dan komputer akan resart. Tunggu hingga Macbook akan resart.

Setelah Cara Reset Macbook diatas sudah Anda lakukan sampai selesai maka proses reset ulang Macbook Anda sudah berhasil dan jika Anda ingin menjualnya tak perlu khawatir terhadap pembeli akan masuk ke file atau aplikasi Anda.

Jika Anda ingin kembali menyalakan Macbook untuk masuk desktop, maka ikuti petunjukkanya seolah-olah Anda sedang menyiapkan Macbook untuk pertama kalinya. Cara Reset Macbook ini cukup mudah kan? Semoga bermanfaat ya.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.