Cara Print Screen di Macbook

Cara Print Screen di Macbook

Cara Print Screen di Macbook -Anda pengguna laptop Windows yang baru saja pindah ke Macbook? Jika benar mungkin tips cara print screen di Macbook dibawah ini akan sangat bermanfaat buat anda. Tak seperti menggunakan laptop windows, penggunaan Macbook tentu akan merasa lebih eksklusif karena sistem yang digunakan cukup berbeda.

Jika Macbook menggunakan sistem operasi MacOs, laptop lain umumnya menggunakan Windows atau Linux dan beberapa support system lainnya. Perbedaan antara Macbook dan laptop windows juga terjadi pada cara print screennya.

Print screen atau tangkapan layar, disebut juga dengan aktivitas untuk mengambil gambar di layar laptop atau smartphone langsung di perangkat tersebut. Kebanyakan orang mungkin sudah paham dengan cara print screen di laptop Windows, namun bagaimana dengan cara print screen di Macbook?

Baca Juga : Cara Download Zoom di Macbook

Bagaimana Cara Print Screen di Macbook?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk print screen Macbook sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dengan mengambil jepretan layar secara penuh,  sebagian layar, atau jendela atau menu-menu tertentu. Bagaimana cara print screen di Macbook? Agar tidak penasaran, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Langkah-langkah Cara Print Screen di Macbook

Ada beberapa jenis print screen pada Macbook yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari screen full layar atau hanya setengahnya saja.

Cara print screen di Macbook Secara Penuh

1. Klik tombol Shift + command, atau tombol dengan ikon mirip kupu-kupu + angka 3 secara bersamaan.

2. Pada bar perintah, terdapat lima buah tombol berbentuk kotak, tiga tombol pertama dari kiri memberikan pilihan untuk melakukan screenshot seluruh layar, jendela, atau sebagian layar. Pilih sesuai dengan keinginan.

3. Dua tombol yang terdapat di sebelahnya menunjukkan perekaman aktivitas dilayar secara keseluruhan atau sebagian.

4. Pilih tombol Option untuk memilih lokasi penyimpanan hasil tangkapan layar. Layar akan memberikan waktu 5 sampai 10 detik untuk mengatur penundaan, dan menampilkan atau menyembunyikan kursor.

5. Setelah siap, klik tombol Capture pada ujung kanan bar perintah.

Cara print screen di Macbook Sebagian Layar

Jika screenshot secara penuh dirasa terlalu besar, bisa memilih screenshot sebagian layar saja, caranya adalah sebagai berikut :

1. Tekan tombol Shift + Command + tombol angka 4 secara bersamaan. Kemudian seret kursor ke bagian yang ingin di screenshot.

2. Untuk mengambil screenshot, lepas tombol trackpad. Jika ingin membatalkan, tekan tombol Esc (Escape).

3. Hasil foto yang telah di screenshot akan secara otomatis tersimpan di laptop. Atau jika anda ingin mengedit foto tersebut, klik gambar mini yang terdapat di sudut layar laptop.

Cara print screen di Macbook Jendela atau Menu yang Sedang Aktif

1. Tekan dan tahan tombol Shift + Command + tombol angka 4 + bar spasi secara bersamaan.

2. Kursor akan berubah menjadi ikon kamera, pilih jendela yang ingin di screenshot. Jika ingin membatalkan, tekan tombol Esc (Escape).

Hasil screenshot yang telah anda lakukan, pada umumnya akan tersimpan secara otomatis di dekstop dengan nama “Jepretan layar [tanggal] pukul [waktu].png”. Jadi setelah melakukan screenshot dan ingin melakukan pengecekan, langsung saja pergi ke bagian dekstop untuk menemukan hasil screenshot yang telah anda ambil sebelumnya.

Selain cara print screen di Macbook seperti diatas, anda juga bisa melakukan print screen menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia untuk Macbook seperti Snagit dan Greenshot.

Tambahan informasi untuk anda, bahwa MacOS versi terbaru seperti Mojave dan Catalina, sudah berbekal aplikasi yang dapat menyimpan file dengan format PNG.

Itulah cara print screen di Macbook dari TauBGT.com untuk membantu anda yang belum paham melakukan tangkapan layar. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara melakukan print screen ke perangkat macOS tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu tanpa harus kebingungan. Semoga artikel mengenai tips cara print screen di Macbook ini dapat bermanfaat dan membantu.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.