Cara Ping di Macbook

Cara Ping di Macbook

Cara ping di Macbook – Seperti apa cara ping di Macbook yang ada dibenak anda? Mungkinkah sama seperti cara melakukan di perangkat lain seperti laptop pada umumnya? Tentu tidak.

Cara ping di Macbook pastinya berbeda dengan laptop, mengingat bahwa kedua perangkat tersebut yakni Macbook dan Laptop mengusung perbedaan yang cukup signifikan mulai dari desain, software maupun interface. Demikian pula untuk cara ping di Macbook yang pastinya berbeda langkah.

Dibawah ini ada dua metode cara ping di Macbook yang bisa anda coba. Namun sebelum merambah pada langkah-langkah tersebut, melakukan ping di perangkat bertujuan guna mengetahui kecepatan atau kekuatan koneksi internet Anda ke alamat terpilih.

Baca Juga : Cek Kecepatan Internet di Macbook

Cara Ping di Macbook dengan Mudah

Menggunakan Network Utility

Adapun langkah dari cara ping di Macbook dengan menggunakan Network Utility adalah sebagai berikut:

  • Buka Spotlight, lakukan klik pada ikon Spotlight yang tampak seperti kata pembesar di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian carilah program Network Utility. Ketik “Network Utility” pada kolom pencarian Spotlight di bagian tengah layar.
  • Lalu silakan klik dua kali Network Utility. Opsi ini berada di bagian bawah kolom pencarian Spotlight. Setelah itu, program Network Utility akan terbuka.
  • Klik Ping, yang mana tab ini berada di bagian atas jendela.
  • Selanjutnya, masukkan alamat pada kolom teks berwarna putih di bagian atas halaman, ketik atau tulis alamat yang Anda ingin ping. Misalnya, jika Anda ingin melakukan ping pada komputer tertentu, maka cukup ketik alamat IP komputer tersebut.
  • Sementara untuk melakukan ping pada situs web, sebagai contoh Facebook, ketik saja alamat Facebook dalam format seperti ini: situsweb.com (facebook.com).

Sebagai catatan, pilih jumlah ping spesifik apabila diperlukan. Sudah menjadi bawaah perangkat Macbook yang akan terus mengirimkan ping hingga Anda menutup jendela Network Utility. Bahkan anda juga bisa menetapkan banyaknya ping secara spesifik yang dikirimkan oleh komputer ke alamat terpilih dengan langkah-langkah dibawah ini:

  • Tandailah kotak “Send only pings”.
  • Ketik jumlah ping yang ingin digunakan pada kolom kosong.
  • Klik ping, dan tombol berwarna biru berada dibagian sisi kanan halaman. Komputer akan mulai mengirimkan ping ke alamat tersebut.

Menggunakan Alamat Terminal

Cara ping di Macbook dengan menggunakan alamat terminal juga bisa anda lakukan. Langkah untuk cara ping di Macbook tersebut ada dibawah ini:

  • Buka Spotlight dan klik ikon Spotlight yang tampak seperti kaca pembesar dibagian pojok kanan atas layar.
  • Carilah program Terminal dengan mengetikkan terminal pada kolom pencarian Spotlight di bagian tengah layar.
  • Lalu klik dua kali “Terminal”. Opsi ini ada dibagian bawah kolom pencarian Spotlight. Kemudian, program Terminal akan dibuka.
  • Jika sudah, silakan masukkan perintah “ping” dengan mengetik ping alamat dengan “alamat” sebagai alamat komputer atau situs web yang Anda ingin ping tersebut. Misalnya, yakni untuk melakukan ping pada Facebook, cukup ketikkan ping facebook.com pada jendela Terminal.
  • Tekan tombol “Return” dan setelah itu, Macbook akan mulai mengirimkan ping ke alamat terpilih tersebut.

Jadi, dua metode cara ping di Macbook tersebut bisa anda coba. Selain itu, ada tips yang perlu anda simak dan perhatian yang jangan sampai dilewatkan.

Tips

Anda juga bisa melakukan ping di alamat IP komputer sendiri dengan mengetik “127.0.0.1” pada perintah “Ping”.

Peringatan

Perlu diingat bahwa pengiriman ping di alamat tidak selalu memberikan hasil akurat, lantaran ada beberapa situs web yang menggunakan alamat IP palsu agar para pengguna atau pengunjung tidak bisa menemukan alamat IP asli situs.

Nah, jadi inilah cara ping di Macbook seperti yang anda semua cari. Semoga artikel ini membantu!

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.