Cara Partisi Hardisk Macbook

Cara Partisi Hardisk Macbook

Cara partisi hardisk Macbook – Masih bingung gimana cara partisi hardisk Macbook? Tenang kamu nggak perlu bingung karena kali ini kita akan membahas mengenai cara partisi hardisk Macbook yang mudah dan nggak bikin ribet.

Tentang Macbook

Sebagai informasi Macbook sendiri merupakan laptop keluaran Apple dan terdapat dua jenis yakni Macbook Pro dan Macbook Air yang keduanya memiliki seri dengan keunggulannya masing-masing. Baik pada Macbook Pro maupun Macbook Air memiliki hardware penyimpanan data yang hampir sama dengan laptop lainnya yakni hardisk (HDD) dan flash storage (FDD).

Sementara itu untuk perbedaan mengenai hardisk dan flash storage, hardisk merupakan media penyimpanan dasar non-volatile atau data tidak akan hilang ketika komputer dalam keadaan off pada komputer. Sedangkan flash storage jenis penyimpanan data atau sistem penyimpanan yang menggunakan memori flash. Flash memory mana-mana dalam perangkat komputasi kecil dan menjadi lebih umum untuk aplikasi yang lebih besar.

Untuk hardisk ini biasanya dibagi ke dalam beberapa partisi. Pembagian partisi ini sendiri gunanya untuk membedakan penyimpanan data system dan aplikasi dengan data-data pribadi penggunanya.

Baca Juga : Cara Update iTunes di Macbook

Berbicara mengenai partisi hardisk yang ada Macbook, lantas bagaimana sih cara partisi hardisk Macbook yang benar dan mudah untuk dicoba. Penasaran gimana caranya? Yuk berikut ini cara partisi hardisk Macbook yang bisa kamu lakukan, setidaknya ada 7 langkah yang harus kamu lakukan.

Cara Partisi Hardisk Macbook dengan Mudah

Masuk Menu Utilities

Cara partisi hardisk Macbook yang pertama adalah masuk ke menu utilites dengan cara klik menu GO dan pilih sub-menu utilities. Jika menu Go tersebut tidak tertampil maka hal yang harus kamu lakukan adalah klik kiri 1 kali di sembarang tempat pada desktop dan ulangi kembali langkah awal tersebut.

Buka Aplikasi Disk Utility

Langkah berikutnya dalam Cara partisi hardisk Macbook adalah kamu harus membuka aplikasi Disk Utility dengan cara double klik pada aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut tertampil, berikutnya pilih hardisk yang akan dipartisi. Selanjutnya setelah memilih hardisk kamu hanya perlu masuk pada menu partisi.

Klik Ikon + (Plus)

Untuk membuat partisi baru kamu hanya perlu klik ikon + (Plus) yang berada di menu partition. Dengan begitu otomatis hardisk kamu akan diatur sehingga nantinya menjadi 2 partisi dengan kapasitas yang sama besar.

Cara partisi hardisk Macbook selanjutnya yakni untuk mengatur ukuran partisi baru yang akan kamu buat, hal yang harus kamu lakukan hanyalah memilih partisi Machintos 2 dan arahkan kursor ke arah garis tengah partisi hardisk hingga kursor tersebut berubah menjadi tanda plus (+). Setelah itu klik dan tahan lalu gerakan ke atas maupun ke bawah untuk mengatur ukuran partisi ke 2 yang akan kamu buat.

Proses Partisi

Langkah yang terakhir dalam Cara partisi hardisk Macbook adalah kamu hanya tinggal pilih dan klik Apple. Setelah itu tunggu hingga proses cara partisi hardisk Macbook ini selesai.

Nah setelah mengikuti 7 langkah dalam cara partisi hardisk Macbook diatas maka proses partisi telah selesai dilakukan. Untuk melihat hasilnya kamu bisa memilih menu GO dan pilih sub-menu computer. Dengan begitu nantinya kamu bisa melihat hardisk baru yang telah kamu buat tadi dengan nama Machintosh.

Setelah mengetahui cara partisi hardisk Macbook diatas apakah kamu masih bingung atau sudah paham dengan benar bagaimana cara partisi hardisk Macbook dengan benar? Selamat mencoba dan semoga artikel diatas yang buat kamu para pengguna Macbook baik pengguna lama ataupun pengguna baru.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.