Cara Menghemat Baterai iPhone

9 Cara Menghemat Baterai iPhone sangat Ampuh!

Meski menjadi smartphone kelas atas, iPhone punya satu kelemahan yang banyak dirasakan para penggunanya yaitu ketahanan baterai. Namun ini bisa diatasi kalau sudah tahu cara menghemat baterai iPhone.

Sehingga meski kapasitas baterai bawaannya tidak begitu besar, tetap mampu menemani kegiatan sehari-hari. Kalau tidak memperhatikan tips ini, bisa saja baterai akan habis dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Hampir semua seri iPhone memiliki kapasitas baterai yang tidak besar. Bahkan bisa dibilang kalah telak ketika melawan Android. Walaupun untuk seri-seri atas seperti iPhone X atau iPhone 11 memang punya kapasitas yang lebih besar.

Nah agar iPhone bisa menemani aktivitas sehari-hari lebih lama, gunakan saja beberapa cara menghemat baterai di bawah ini:

1. Menghidupkan Hemat Daya

Beberapa seri iPhone memiliki fitur penghemat baterai yang cukup mampu diandalkan. Fiturnya ada yang bernama “Lower Power Mode”. Cara agar konsumsi baterai lebih hemat bisa menghidupkan fitur ini.

Ketika fitur ini aktif, maka konsumsi daya dari baterai akan dibatasi dengan maksimal. Bisa digunakan saat keadaan darurat seperti tidak ada charger.

2. Memantau Penggunaan

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya adalah terus melakukan pemantauan penggunaan daya oleh aplikasi. Terutama beberapa aplikasi yang sering digunakan atau menyedot baterai lebih besar seperti game dan media sosial.

Cobalah memantau aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai cukup besar. Setelah tahu, bisa coba kurangi penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga penggunaan aplikasi hanya terbatas untuk yang dibutuhkan saja.

3. Mode Gelap

Mungkin cara ini hanya berlaku untuk beberapa seri iPhone kelas atas seperti iPhone X dan di atasnya yaitu menggunakan mode gelap. Jenis layar OLED memungkinkan penggunaan Mode Gelap yang jauh lebih maksimal.

Layar akan benar-benar mati tanpa menggunakan lampu latar sama sekali. berbeda dengan layar IPS yang walaupun gelap, biasanya masih ada lampu latar yang dinyalakan.

4. Matikan Auto Brightness

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya yaitu mematikan fitur Auto Brightness. Biasanya saat dalam kondisi luar ruangan, kecerahan layar akan meningkat otomatis. Ini akan menyedot daya baterai cukup besar. Jadi matikan saja.

5. Gunakan WiFi

Kalau memang sedang ada WiFi, lebih baik gunakan saja. Karena ketika paket data aktif, maka iPhone akan terus bekerja mencari sinyal internet yang naik turun. Ini bisa memakan konsumsi baterai yang lebih besar jika dibandingkan internet dari WiFi yang stabil.

Baca Juga Cara Hapus iCloud Iphone Dengan Jailbreak

6. Matikan Fitur Otomatis

Agar konsumsi daya lebih hemat, matikan semua fitur otomatis seperti sinkronasi, GPS, Bluetooth dan lain-lain saat tidak digunakan. Jika tetap hidup, maka akan memakan daya yang besar. Selain itu juga matikan fitur “Raise to Wake”.

Sebab bisa saja iPhone jadi aktif saat digerakkan ke atas padahal sedang tidak ingin digunakan. 

7. Batasi Aplikasi Otomatis

Pembatasan aplikasi otomatis yang berjalan di latar belakang cukup efektif untuk cara menghemat baterai iPhone. Ini akan membuat penggunaan aplikasi jadi lebih efisien. Karena hanya terbuka saat dibutuhkan saja.

8. Kurangi Kunci Otomatis

Kalau masih ikut pengaturan bawaan, biasanya kunci otomatis akan dilakukan sekitar 1 menit atau 30 detik. Nah agar konsumsi baterai bisa sangat hemat, kurangi lagi agar lebih singkat, bisa 10 detik atau bahkan 15 detik.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

9. Hargai Battery Health

Bagaimanapun juga cara menghemat baterai lewat Battery Health ini sangat ampuh. Dengan menghargai setiap BH yang ada maka kemampuan daya baterai juga lebih awet dan besar. ketika BH turun tanpa diperhatikan, maka kemampuan baterai juga turun drastis.

Jadi hargai setiap penurunan BH pada iPhone.

Cara menghemat baterai iPhone di atas wajib diketahui semua pengguna produk Apple ini. Karena kapasitas baterai bawaannya cukup kecil dan harus dihemat dengan maksimal.

Oke gitu aja tutorialnya,Mudah bukan ? Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya. Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya Sobat !

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.