Cara Menghapus Virus Malware di Macbook

Cara Menghapus Virus Malware di Macbook

Cara Menghapus Virus Malware di Macbook – Sama seperti halnya ketika anda menggunakan perangkat lain seperti smartphone maupun laptop, virus seringkali menjadi bulan-bulanan. Namun seringnya jenis virus yang menyerang perangkat besar seperti laptop, komputer atau macbook adalah Malware kita menyebutnya. Cara Menghapus Virus Malware di Macbook adalah yang akan kita bahas dikesempatan kali ini, mungkin anda salah satunya pengguna perangkat Mac.

Macbook memang salah satu perangkat mumpuni yang belakangan sangat ramai di pasaran, hasil produksi Apple Inc. Bicara soal Cara Menghapus Virus Malware di Macbook sendiri terkesan biasa, mungkin. Tapi pada kenyataannya tidak demikian, justru tips ini sangat banyak ditunggu lantaran tak semudah yang dibayangkan untuk membasminya pada perangkat. Apalagi, jika sebelumnya anda menggunakan laptop jenis lain dan kali ini berpindah ke Macbook pasti pernah kebingungan.

Ya, pasalnya kedua perangkat itu mengusung banyak perbedaan, mungkin juga termasuk Cara Menghapus Virus Malware di Macbook. Kehadiran tips ini menandakan bahwa perangkat mumpuni sekalipun tak menutup kemungkinan terserang malware. Nah, bagaimana Cara Menghapus Virus Malware di Macbook langsung saja kita simak berikut ini.

Baca Juga : Cara Setting VPN di Macbook

Cara Menghapus Virus Malware di Macbook dengan Mudah

Bahkan telah bertahun-tahun lamanya, virus atau malware kerap menyerang perangkat berbasis Windows dibandingkan dengan macOS. Namun bukan berarti Macbook aman-aman saja, inilah Cara Menghapus Virus Malware di Macbook:

Masuk Finder

Silakan menuju “Finder”, buka menu Go dan klik “Utilities”. Tekan “Monitor Aktivity” dibagian pojok kiri atas. Pilih “All Processes” dari menu pop-up yang ada di sudut kanan atas jendela.

Pilih Process Name

Di kolom “Process Name”, carilah nama aplikasi bernama MacDefender, MacSecurity, atau MacProtector, kemudian klik untuk memilihnya.

Pilih Quit Process

Selanjutnya klik tombol “Quit Process” di pojoki kiri atas, lalu pilih “Force Quit” untuk menghentikan sistem. Tutup aplikasi “Activity Monitor”. Setelah itu kembali lagi ke Finder dan bukalah folder “Applications” dan cari aplikasi MacDefender, MacSecurity, MacProtector atau jenis lainnya. Seret ke “Trash”, dan kosongkan Trash.

Setelah anda melakukan beberapa langkah dari Cara Menghapus Virus Malware di Macbook, perangkat akan terbebas kembali dari virus berbahaya. Namun apabila Cara Menghapus Virus Malware di Macbook di atas masih belum cukup mengatasi, mungkin anda perlu melakukan tindakan lain seperti membersihkan sistem preferences pada Mac. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Buka “System Preferences”, lalu pilih “Accounts”, kemudian “Login Items”. 
  • Selanjutnya, pilih nama aplikasi yang anda hapus dalam langkah-langkah sebelumnya seperti, aplikasi MacDefender, aplikasi MacSecurity, atau aplikasi MacProtector.
  • klik tombol minus untuk menghapusnya.

Perlu diketahui jika Malware juga menginstal item masuk di dalam akun Anda di System Preferences, sehingga cara ini juga perlu dilakukan guna mengatasi virus pada Macbook. Bahkan selain cara-cara tersebut Apple juga menyediakan pembaruan keamanan untuk Macbook secara eksklusif melalui Software Update dan situs Unduhan Dukungan dari Apple. 

Kendati demikian anda tetap harus berhati-hati setiap kali diminta untuk memasukkan informasi pribadi yang sensitif secara online. Selain Cara Menghapus Virus Malware di Macbook, berikut adalah jenis-jenis malware yang cukup berbahaya:

  1.  GravityRAT
  2. XCSSET
  3. CrescentCore 
  4. KeRanger
  5. CookieMiner 
  6. Shlayer

Itulah daftar 6 virus yang menyerang perangkat MacOs. Jadi anda harus lebih berhati-hati karena malware menyerang tak pandang buluh, tidak memilih jenis perangkat apa yang di serang. Itulah Cara Menghapus Virus Malware di Macbook yang bisa anda lakukan, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.