cara menghapus dokumen dan data di iPhone

Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone Dengan Mudah

Cara menghapus dokumen dan data di iPhone – Setiap ponsel hadir dengan kapasitas penyimpanan yang cukup terbatas. iPhone memang terkenal sebagai smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan besar, namun sayangnya tidak tersedia slot memori eksternal. Jika ingin menyimpan data lainnya Anda bisa mengikuti cara menghapus dokumen dan data di iPhone. 

Apa itu Data dan Dokumen iPhone?

Sebenarnya ada dua jenis yang tersimpan di dalam perangkat iPhone maupun iPad dan kedua jenis tersebut sama-sama memakan ruang penyimpanan. Jenis yang pertama adalah cache khusus aplikasi sedangkan data lainnya terkait iCloud untuk aplikasi. 

Dokumen dan data yang berkaitan dengan aplikasi IOS mencakup cache, preferensi, data aplikasi, detail info masuk, dan informasi spesifik lainnya. Data tersebut sebenarnya dapat dibuang ketika sudah memberatkan perangkat. Sehingga mau tidak mau harus dibersihkan agar kinerja ponsel lebih optimal. 

Pengguna Tidak Dapat Menghapus Secara Manual

Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh pengguna, mengapa data dan dokumen pada ponsel iPhone tidak dapat dihapus secara manual. Fakta ini memang sedikit merepotkan karna jika ingin menghapus cache maka harus menghapus aplikasinya sekaligus. 

Setelah itu, Anda masih harus mengunduh aplikasi tersebut kembali jika ingin menggunakannya lagi. Memang saat diunduh baru, bebannya tidak seberat sebelum data aplikasi dihapus. Namun, tetap saja nanti secara perlahan data di aplikasi akan terisi dan penuh kembali. 

Baca juga : Cara Memasukkan Aplikasi ke iPhone Tanpa iTunes

Beberapa Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone

Salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh pengguna iPhone adalah tidak tersedianya slot memori eksternal untuk menambah kapasitas. Sehingga ketika ingin menyimpan data lainnya, maka harus melakukan back up dan menghapus data serta dokumen yang ada. 

Berikut ini beberapa cara menghapus dokumen dan data di iPhone yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Melalui iCloud

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada iPhone dengan icloud

Cara menghapus dokumen dan data di iPhone oertama bisa menggunakan iCloud. iCloud merupakan platform penyimpanan online untuk menyimpan berbagai jenis file, foto, dokumen, video, hingga aplikasi di iPhone. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti jika ingin menghapus data dan dokumen di iCloud, yaitu:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Ketuk ID Apple
  • Masuk ke tab iCloud
  • Scroll down ke bawah 
  • Ketuk opsi Kelola Penyimpanan
  • Akan muncul daftar aplikasi beserta informasi jumlah ruang penyimpanan yang digunakan
  • Opsi untuk menghapus dokumen dan data akan muncul di layar
  • Ketuk Hapus pada jendela pop up

Dengan melakukan cara ini, maka semua data dan dokumen dari aplikasi yang telah dipilih untuk dihapus akan hilang. Anda bisa mengikuti langkah yang sama untuk menghapus aplikasi lainnya yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi dan jarang digunakan. 

2. Membersihkan Jumlah Penyimpanan Aplikasi

Tutorial iPhone untuk menghapus aplikasi tanpa menghilangkan dan data yang tidak diinginkan masih bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Dengan melakukan langkah ini, maka jumlah penyimpanan aplikasi dapat berkurang meskipun tidak menghapus aplikasi secara permanen. Berikut ini cara menghapus dokumen dan data di iPhone melalui penyimpanan aplikasi yang bisa anda lakukan:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih dan klik Penyimpanan iPhone
  • Akan muncul daftar aplikasi yang telah terpasang pada perangkat
  • Ketuk aplikasi yang paling banyak memakan ruang penyimpanan
  • Scroll down ke bawah
  • Ketuk Hapus Aplikasi
  • Pilih opsi Hapus pada kotak pop up untuk menghapus aplikasi beserta dokumen dan data
  • Pilih opsi Offload Aplikasi untuk tidak menghapus dokumen dan hanya membersihkan jumlah penyimpanan

Anda bisa mengikuti cara menghapus dokumen dan data di iPhone tersebut dengan urutan yang benar. Sehingga data tersimpan yang sekiranya tidak diperlukan lagi dapat dibuang. 

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.