Cara Menghapus Aplikasi Di Macbook

Cara Menghapus Aplikasi Di Macbook

Cara Menghapus Aplikasi Di Macbook – Sering menginstall aplikasi di MacBook dan ingin menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih kebingungan? Tenang saja, kali ini kita akan bahas mengenai cara menghapus aplikasi di MacBook dengan gampang.

Samakah Menghapus Aplikasi di Mac dengan Windows?

Cara menghapus aplikasi di MacBook tidak sesederhana yang kita pikir. Tidak hanya sekedar drag dan drop aplikasi ke sampah. Tetapi ada beberapa langkah yang harus di lakukan dengan benar agar tidak meninggalkan banyak file dan folder terkait.

Agar aplikasi dapat menghapus file dan folder yang terkait secara keseluruhan, anda dapat melakukannya secara manual atau membiarkan aplikasi lain melakukannya untuk anda. Jika di Windows cara menghapus aplikasi dapat dilakukan dengan cara mengeksekusi uninstaller program yang terkait, berbeda dengan cara menghapus aplikasi di MacBook.

MacBook rata-rata tidak memiliki uninstaller seperti yang di miliki Windows. Cara menghapus aplikasi di MacBook paling cepat dan mudah adalah lewat Finder atau aplikasi file manager bawaan di komputer Mac.

Baca Juga : Cara Copy Paste di Macbook

Tutorial Cara Menghapus Aplikasi di MacBook

Melalui Finder

Cara menghapus aplikasi pada perangkat macbook yang pertama lewat Finder. Tips ini mungkin adalah cara uninstall yang paling sederhana. Langkahnya cukup mudah, yakni

1. Buka Finder terlebih dahulu

2. Kemudian Klik Applications di sidebar

3. Drag aplikasi yang ingin di hapus ke arah Trash, atau klik kanan (tap dua jari) dan pilih Move to Trash dari dropdown menu, atau pilih aplikasi tersebut dan tekan Command + Delete.

Jika ingin menghapus aplikasi secara permanen, tekan Finder dan klik Trash di menu bar untuk menghapus dari Mac.

Melalui Launchpad

Yang kedua cara menghapus aplikasi di MacBook bisa dilakukan dari Launchpad.

Adapun caranya adalah sebagai berikut;

1. Klik Launchpad di Dock, atau pinch-in (seperti gestur zoom out) dengan lima jari di trackpad.

2. Kemudian tekan tombol Option atau klik sedikit lebih lama (tap + hold) aplikasi yang bersangkutan. Setelah itu aplikasi akan bergoyang.

3. Lanjutkan dengan klik ikon delete ⊗ yang terdapat di ikon aplikasi (jika tersedia).

Perlu diperhatikan bahwa ikon delete ⊗ merupakan aplikasi yang di install terlebih dahulu melalui Mac App Store. Jadi tidak semua aplikasi bisa dihapus dengan cara seperti ini.

Sama seperti ketika menghapus aplikasi melalui Finder, cara menghapus aplikasi di MacBook melalui Launchpad juga akan dikirim ke Trash. Jika ingin menghapus secara permanen, kamu bisa memilih Empty Trash.

Melalui Spotlight

Yang ketiga, cara menghapus aplikasi di MacBook bisa dilakukan melalui Spotlight, cara adalah dengan;

1. Buka Spotlight, kemudian klik Command +  Spacebar.

2. Setelah itu dilanjutkan dengan mengetik aplikasi yang ingin di hapus.

3. Geser aplikasi yang ingin dihapus ke Trash di Dock. (Tunggu sampai folder Trash terbuka, setelah itu lepaskan aplikasi disana).

Pilih Empty Trash untuk menghapus aplikasi secara permanen.

Melalui Uninstaller

Cara menghapus aplikasi di MacBook yang keempat, dapat dilakukan dengan Uninstaller bawaan. Sebagian besar aplikasi dengan ukuran yang besar, diberikan cara Uninstaller aplikasi berupa tombol cepat yang dapat di akses ketika ingin menghapus aplikasi.

Aplikasi untuk melakukan Uninstaller diletakkan didalam folder yang sama pada bagian Application secara standar pengaturan bawaan. Ketika kamu membuka file uninstall dibuka, maka secara otomatis aplikasi Creative Cloud akan ditampilkan dan persetujuan untuk proses menghapus atau uninstall aplikasi akan segera dijalankan.

Itulah empat cara menghapus aplikasi di MacBook. Jika Anda masih ragu-ragu menggunakan empat cara menghapus aplikasi di MacBook seperti diatas,  Anda bisa uninstall aplikasi Mac dengan aplikasi tertentu seperti AppTrap atau AppCleaner.

Semoga artikel dari TauBGT.com tentang cara menghapus aplikasi di MacBook ini dapat bermanfaat dan bisa membantu.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.