Cara Menghapus Aplikasi di Macbook

Cara Menghapus Aplikasi di Macbook

Cara Menghapus Aplikasi di Macbook -Sering install banyak aplikasi baru di Macbook dan saat ini tengah ingin menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai? Nggak perlu khawatir guys, ada beberapa cara menghapus aplikasi di Macbook yang bisa kamu lakukan kok.

Setidaknya ada 4 cara menghapus aplikasi di Macbook yang akan kita bahas dibawah ini. Yuk simak ulasannya dibawah.

Beberapa Cara Menghapus Aplikasi di Macbook Mudah

Melalui Finder

Cara menghapus aplikasi di Macbook yang pertama ini paling mudah dan cepat yakni melalui Finder atau aplikasi file manager bawaan di Macbook. Caranya kamu tinggal buka Finder lalu akses folder Application di akun yang sedang digunakan.

Lalu cara aplikasi yang ingin dihapus dan tekan Command + Delete. Proses ini akan menghaps atau melempar aplikasi ke Trash. lanjutkan proses ini dengan klik kanan ikon Trash di Dock dan pilih Empari Trash.

Baca Juga : Macbook Air vs Macbook Pro

Hapus Melalui Launchpad

Cara menghapus aplikasi di Macbook yang kedua adalah  melalui Lauchpad. Buat kamu yang belum tahu, Launchpad ini merupakan cara cepat akses daftar aplikasi di Macbook melalui tampilan utama. Launchpad ini bisa kamu akses melalui shortcut F4 yang ada di keyboard atau gunakan gesture di trackpad jika sudah diatur sebelumnya.

Dari mode Launchpad ini, lalu cari aplikasi yang ingin kamu hapus dan tekan tahan di bagian aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan klik tanda X. selanjutnya berikan persetujuan untuk menghapus aplikasi dengan cara menekan tombol Delete di tampilan layar.

Hapus dengan Uninstaller Bawaan

Selain melalui Finder dan Launchpad, cara menghapus aplikasi di Macbook berikutnya bisa melalui Uninsitaller Bawaan. Ya, pada beberapa aplikasi dengan ukuran besar atau melekat dengan banyak bagian di system operasi komputer biasanya pengembang aplikasi akan memberikan cara Uninstaller berupa tombol cepat yang bisa di akses saat ingin menghapus aplikasi.

Biasanya aplikasi untuk melakukan Unistaller diletakkan dalam folder yang sama pada bagian Application secara standar pengaturan bawaan. Misalnya adalah paket aplikasi dari Adobe yang biasanya dilengkapi dengan file Uninstall yang ada di folder Adobe + nama aplikasi di folder Application.

Saat file Uninstall ini dibuka, otomatis aplikasi Creative Cloud akan ditampilkan dan persetujuan untuk proses menghapus atau uninstal aplikasi akan segera dijalankan.

Menghapus Aplikasi dengan Aplikasi Tambahan

Membahas mengenai cara pertama dan kedua diatas, cara menghapus aplikasi di Macbook diatas itu memang bisa dikatakan paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Tapi nyatanya, cara menghapus aplikasi di Macbook dengan dua cara itu masih meninggalkan dokumen pendukung yang ada di beberapa folder system operasi macOS.

Untuk itu kamu bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar hasilnya lebih bersih dan tentunya tetap mudah serta tidak ribet. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, contohnya AppCleaner dan CleanMyMac X.

Cara menghapus aplikasi di Macbook dengan AppCleaner bisa kamu lakukan dengan mengunduh aplikasi ini dan buka. Ditampilan utama aplikasi ini, tinggal drag dan drop saja aplikasi yang ingin kamu hapus dari Finder. Tunggu proses pemindaian selesai dan tekan tombol Remove di App Cleaner.

Sedangkan cara menghapus aplikasi di Macbook dengan CleanMyMac X juga cukup mudah yakni dengan masuk ke sidebar Uninstaller lalu cara aplikasi yang ingin kamu hapus. CleanMymax X bakal menampilkan daftar folder di system operasi MacOS yang berhunungan dengan aplikasi tersebut. Terakhir klik tombol Remove untuk menghapus semuanya secara mudah dan cepat.

Jadi dari 4 cara menghapus aplikasi di Macbook diatas, mana yang kamu rasa paling mudah dan cepat?

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.