cara mengeluarkan air dari iphone

6+ Cara Mengeluarkan Air Dari iPhone Dengan Mudah

iPhone kemasukan air? Pasti panik banget bukan? Bahkan berpikir ponselnya akan rusak bukan? Sebaiknya tenang dulu, hal yang harus kamu tahu adalah cara mengeluarkan air dari iPhone

Untuk mengatasi iPhone yang kemasukkan air, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan. Selain menggunakan cara manual, ada juga aplikasi yang bisa digunakan loh. Penasaran bukan? Simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengeluarkan Air Dari iPhone

Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi iPhone kemasukan air, seperti:

1. Matikan Ponsel

Hal pertama kali harus dilakukan ketika iPhone kemasukkan air adalah langsung mematikan ponselnya. Apalagi kalau sampai HP-nya terendam air.

Jangan hidupkan iPhone dalam kondisi basah, pasalnya bisa merusak komponen-komponen di dalamnya. Walaupun iPhone sudah dilengkapi dengan anti air, tetap saja untuk keamanan alangkah baiknya langsung dimatikan saja ponselnya.

Dengan kondisi mati, akan menjaga iPhone dari kerusakan yang semakin parah.

2. Keringkan Bagian Luar iPhone

Cara mengeluarkan air dari iPhone secara manual adalah dengan mengeringkan bagian luarnya. Bisa memakai handuk, kain, tisu atau bahan lembut lainnya yang menyerap air.

Kamu juga harus melepas baterainya guna memastikan jika baterai tersebut masih dalam keadaan normal. Kamu juga harus memperhatikan tempat baterainya.

Pada bagian tersebut ada kotak kecil putih bergaris merah. Pastikan garis itu tidak berubah warna. Pasalnya kalau sudah berubah warna, tandanya air sudah masuk ke dalam sirkuit iPhone.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

3. Keringkan Bagian Dalam iPhone

Cara mengeluarkan air dari iPhone secara manual selanjutnya adalah dengan mengeringkan bagian dalam iPhone.

Kamu bisa memakai alat penyerap yang lembab. Contohnya memakai handuk kering dan lembut untuk mencegah air lebih masuk ke dalam iPhone.

Atau bisa juga memakai vacum cleaner. Namun hindari pemakaian pengering rambut, pasalnya bisa merusak iPhone itu sendiri.

4. Keluarkan Kartu SIM

Walaupun kartu SIM ada di luar komponen dan mempunyai sifat tahan air. Tetap saja ketika iPhone kemasukkan air, kamu perlu melepas kartu SIM untuk menghindarkan dari kerusakan. Selain itu juga untuk menyelamatkan data penting kamu yang tersimpan di SIM Card.

5. Pakai Bahan Penyerap Air

Cara mengeluarkan air dari iPhone berikutnya adalah dengan menggunakan bahan yang bisa menyerap air. Cara ini manual ini bisa di terapkan untuk menyelamatkan iPhone kamu dari kerusakan.

Misalnya menggunakan beras, banyak orang-orang yang memakai beras untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam ponsel. Dan sudah terbukti mampu menyerap air.

Cara pemakaiannya adalah memasukkan iPhone ke dalam beras dan diamkan selama 24 jam supaya hasilnya maksimal.

Baca Juga cara cek iphone asli atu palsu dengan mudah

6. Cara mengeluarkan air dari iPhone Aplikasi Shortcut Water Injection

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa mengeluarkan air dari iPhone dengan memakai aplikasi Shortcut Water Injection. Hanya saja tidak semua tipe iPhone cocok dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik, kalau iPhone yang kemasukkan air merupakan jenis iPhone terbaru. Aplikasi ini sangat efektif untuk mengeluarkan air lewat speaker.

Pemakaian aplikasi ini juga sangat sederhana dan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka Safari terlebih dahulu, lalu pilih kotak Search.
  • Kemudian lakukan searching dengan mengetik kata kunci Water Ejection Shortcut pada Search Safari.
  • Setelah itu pilih menu Get Shortcut. Pastikan aplikasi sudah di unduh pada iPhone.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka Shortcuts app.
  • Terakhir, pilih Shortcut Water Injection dan tekan Begin Water Injection.
  • Pemakaian aplikasi ini tidak menjamin 100 persen mampu mengeluarkan air yang sudah masuk ke dalam iPhone.
  • Saya anjurkan, supaya dapat sukses mengakses Shortcut dengan gampang adalah kamu membuat salinan Shortcut-nya.

Cara mengeluarkan air dari iPhone sangat mudah dilakukan bukan? Ada yang menggunakan cara manual, bahkan ada juga yang memakai aplikasi. Silahkan kamu pilih metode mana yang paling cocok untuk iPhone kamu kemasukkan air.

Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya Sobat ! Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.