cara mengecek iphone asli

[Tips] Cara Mengecek iPhone Asli atau Palsu

iPhone menjadi HP yang disukai banyak orang meski harganya cukup mahal. Sehingga banyak juga para pengguna yang berusaha mencari cara mengecek iPhone asli agar tidak tertipu. Sebab memang banyak iPhone palsu yang beredar di pasaran.

Keberadaan iPhone palsu itu terjadi karena memang HP ini memiliki nilai yang berbeda dibandingkan HP merek lain. Selain karena harganya yang tinggi, iPhone juga mampu meningkatkan gengsi para penggunanya.

Cara Mengecek iPhone Asli 

Ada banyak cara mengecek apakah HP iPhone asli atau palsu yang bisa dilakukan. Cara-caranya juga sangat mudah sekali dilakukan. Cara cek ini juga umum digunakan oleh para pengguna HP merek lain untuk melihat keaslian dan keakuratan data informasi HP. Berikut caranya:

1. Cara mengecek iPhone asli dengan Cek IMEI

IMEI merupakan sebuah kombinasi nomor identitas dari setiap HP yang ada di dunia. Kalau diibaratkan, IMEI ini seperti nomor produksi. Misalnya di moto ada nomor rangka, warga Indonesia ada nomor KTP dan lain-lain.

Sehingga setiap iPhone punya IMEI yang berbeda. Nah untuk mengecek keasliannya, IMEI yang ada pada body iPhone dan box harus sama dengan yang ada di dalam sistem. Berikut cara mengecek iPhone asli lewat IMEI:

  • Langkah pertama bisa masuk ke menu “Telepon” atau “Panggilan”.
  • Pada papan dial, bisa ketik dengan kode “*#06#”.
  • Otomatis akan muncuk angka kombinasi IMEI sistem HP iPhone tersebut.
  • Bisa juga lewat menu “Settings” kemudian arahkan ke “General” dan pilih “About Phone”.
  • Cara lainnya bisa dengan melihatnya pada bagian pinggir dari slot SIM. 

Nomor IMEI yang ada harus sama dan tidak boleh berbeda. Jika beda, maka ada kemungkinan iPhone tersebut adalah refubish atau bekas diperbaiki. Sehingga box dan bodynya pakai HP iPhone lain yang pernah rusak.

Baca Juga Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

2. Cara mengecek iPhone asli dengan Menghubungkan Ke iTunes

iTunes merupakan sebuah software untuk HP iPhone yang sangat berguna untuk berbagai keperluan. Walaupun banyak juga yang mengeluhkan kalau jadi lebih ribet dan tidak simpel. Terutama bagi pengguna yang tidak memiliki laptop.

Namun iTunes bisa jadi cara mengecek iPhone asli yang cukup ampuh dan mudah. Jika aplikasi ini mampu mendeteksi keberadaan iPhone, maka bisa dipastikan HP itu asli dan bukan HDC atau Super Copy/KW. Ini cara pakainya:

  • Pertama siapkan kabel data iPhone yang dimiliki.
  • Kemudian download aplikasi iTunes pada Windows maupun Mac.
  • Sambungkan HP iPhone ke laptop dengan menggunakan kabel data yang ada.
  • Setelah itu jalankan aplikasi iTunes layaknya aplikasi pada umumnya.
  • Berikutnya bisa pilih konten yang mau disejajarkan seperti foto, musik dan lain-lain.
  • Berikan tanpa centang dan bisa tap “Terapkan”.

Kalau semua proses di atas tidak ada masalah, maka iPhone bisa dipastikan sudah yang asli. Namun jika bermasalah seperti error atau tidak terdeteksi sama sekali, ada kemungkinan HP itu palsu.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

3. Cara mengecek iPhone asli dengan Cara Cek Fisik

iPhone asli memiliki bahan body yang sangat kokoh dan premium. Ketika digenggam memiliki sensasi yang berbeda. Jika HP itu palsu, pasti ada rasa yang berbeda ketika dipegang. Selain itu cara mengecek iPhone asli bagian fisik lainnya adalah lokasi tombol.

Pastikan semua tombolnya sudah berada di tempat yang seharusnya. Biasanya iPhone asli juga tidak punya slot Micro SD. iPhone asli juga memiliki tampilan layar yang berbeda. Karena punya layar Retina Display yang premium.

Cara cek iPhone asli lainnya bisa dengan melihat aplikasi bawaannya. Apakah cukup lengkap atau ada aplikasi bawaan yang mencurigakan.Cara mengecek iPhone asli sangat perlu diperhatikan. Karena di zaman sekarang semakin banyak penjual yang menawarkan harga iPhone sangat murah. Dengan mengetahui cara ceknya, maka bisa menghindari aksi penipuan.

Oke gitu aja tutorialnya,Mudah bukan? Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya. Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya sobat!

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.