Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Email Beserta Contoh Pesannya

taubgt.com – Perusahaan yang kamu incar sedang tidak membuka lowongan pekerjaan? Artikel ini membahas cara menanyakan lowongan kerja lewat email.

Dalam mencari kerja, kamu ternyata bisa bertanya secara langsung ke perusahaan incaranmu walaupun mereka sedang tidak membuka lowongan kerja.

Dengan begitu, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang tidak kamu temukan jika mencarinya di situs lowongan kerja seperti Glints Job.

Bagaimana cara menulis emailnya? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut.

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Email

1. Temukan penerima email yang tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin menanyakan informasi lowongan kerja via email adalah mencari tahu kepada siapa email tersebut sebaiknya ditujukan.

Biasanya, email tersebut dikirimkan kepada HRD dari perusahaan yang ingin dituju. Menurut Indeed, kamu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui website perusahaan ataupun akun media sosialnya.

Kamu juga bisa langsung mengirimkan email itu kepada orang yang telah kamu kenal. Tentunya, proses ini akan lebih cepat ketimbang mengirimkan email kepada HRD.

2. Perkenalkan dirimu

Setelah menemukan penerima email yang tepat, cara menanyakan lowongan kerja lewat email adalah menulis email itu sendiri.

Pertama-tama kamu harus menuliskan perkenalan diri. Beri tahu penerima email tentang apa isi dari email yang kamu kirimkan seringkas mungkin.

Jelaskan siapa kamu dan alasanmu menghubungi mereka dalam beberapa kalimat saja. Setelah itu, promosikan dirimu sebagai calon karyawan yang potensial untuk perusahaan mereka.

Ini termasuk menjelaskan riwayat pekerjaan, keterampilan profesional, dan kualifikasi relevan lainnya.

3. Tutup dengan kontak yang bisa dihubungi

Setelah menulis isi email, pastikan juga kamu mencantumkan kontak yang dapat dihubungi. Kamu bisa memanfaatkan signature email untuk memberikan informasi tersebut.

Sehingga, HRD dapat langsung menghubungi jika mereka tertarik untuk merekrutmu.

4. Lampirkan CV dan cover letter

HRD biasanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk membaca berbagai email yang masuk. Untuk itu, kamu harus memanfaatkan kesempatan yang ada semaksimal mungkin.

Pastikan kamu melampirkan CV dan cover letter dalam email yang kamu kirimkan. Ini akan menghemat waktu karena HRD bisa langsung melihat kualifikasimu.

Tips Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

Selain melakukan cara yang benar saat bertanya lowongan kerja lewat email, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut.

Menurut The Balance Careers, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika bertanya lowongan kerja melalui email.

1. Hal yang boleh dilakukan saat bertanya lowongan kerja lewat email

    Menyertakan alasan yang membuatmu tertarik dan ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju.

    Merangkum keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kerjamu.

    Meminta wawancara dan memberi tahu penerima email bahwa kamu akan menindaklanjuti email tersebut melalui telepon dalam jangka waktu tertentu.

2. Hal yang tidak boleh dilakukan saat bertanya lowongan kerja lewat email

    Menjelaskan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kamu secara berlebihan. Cukup jelaskan hal-hal yang penting dan relevan saja. Selebihnya, biarkan tercantum dalam CV yang kamu lampirkan.

    Melebih-lebihkan informasi yang diberikan dalam email. Ini akan membuatmu berisiko tersandung oleh fakta yang tidak terlalu akurat saat kamu ditanyai selama wawancara.

    Membuat email terkesan putus asa. Tampilkan persona diri seolah-olah kamu sedang memberi perusahaan kesempatan yang tak ternilai untuk berbicara denganmu sebelum mencari kesempatan di tempat lain.

Contoh Email Bertanya Lowongan Kerja

Dalam bahasa Indonesia

Dalam bahasa Inggris

Selain bertanya langsung melalui email, kamu juga bisa menemukan lowongan kerja melalui Glints, lho.

Ada banyak lowongan kerja dari berbagai bidang yang tersedia untukmu.

Yuk, daftar sekarang dan mulai kariermu dengan menemukan lowongan kerja yang tepat di Glints!

Sumber

    How to Write a Job Vacancy Email

    Sample Inquiry Letters to Ask About Available Jobs

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D