Cara Memunculkan Subtitle di Macbook

Cara Memunculkan Subtitle di Macbook

Cara Memunculkan Subtitle di MacbookMau tahu Cara Subtitle di Macbook? Tanpa ribet artikel ini akan membahas soal Cara Memunculkan Subtitle di Macbook.

Kegiatan menonton film hingga saat ini memang masih menjadi salah satu kegiatan yang digemari banyak orang mulai dari remaja hingga orang dewasa karena memang memberikan hiburan dan pengalaman tersendiri bagi mereka. Film yang digemari juga beragam mulai dari film produksi dalam negeri hingga luar negeri.

Jika kamu termasuk penggemar film buatan luar negeri atau film asing tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan teks terjemahan atau Subtitle. Secara umum, subtitle merupakan suatu file yang berupa tulisan atau teks dari suatu film yang akan ditampilkan pada sebuah film dengan bahasa asing agar penikmat film bisa mengerti apa yang sedang dibicarakan oleh tokoh-tokoh film tersebut.

Biasanya, teks terjemahan dibuat dan ditambahkan ke dalam film dengan menggunakan bahasa ibu atau bahasa sehari-hari yang digunakan pada suatu nagara atau wilayah tertentu. Jenis teks terjemahan ini memiliki berbagai macam format. Berbicara mengenai teks terjemahan pada film apakah kamu sudah tahu Cara Memunculkan Subtitle di Macbook? Jika belum yuk kita bahas.

Baca Juga : Cara Cetak Dokumen Di Macbook

Sebelum membahas mengenai Cara Memunculkan Subtitle di Macbook, kenali dulu jenis format subtitle berikut ini.

Format Subtitle

  • SRT atau Sub Rip Captiop yang merupakan format teks terjemahan yang paling sering digunakan. Format waktu yang digunakan dalam SRT adalah jam, menit, detik, milidetik. Format milidetik pada SRT dibuat dengan 3 desimal.
  • SUB adalah format kedua yang sering digunakan selain SRT. Format waktu digunakan dalam SUB adalah jam:menit:detik:milidetik. Format milidetik dalam SUB dibuat dengan 2 desimal.
  • TXT merupakan jenis teks terjemahan yang dibuat dengan menggunakan notepad.

Berbagai jenis format teks terjemahan diatas dibuat dengan memakai berbagai macam aplikasi seperti notepad, subtitle workshop, Aegi sub dan lain sebagainya. Cara Memunculkan Subtitle di Macbook saat menonton film anda hanya perlu menggunakan aplikasi pemutar video yang memiliki fasilitas untuk menampilkan teks terjemahan tersebut.

Tentu hal ini sangatlah mudah, terlebih jika kamu adalah pengguna komputer atau laptop dengan system operasi windows karena ada banyak sekali aplikasi pemutar video yang punya fasilitas subtitle untuk windows, tapi bagaimana untuk Cara Memunculkan Subtitle di Macbook?

Ya jika kamu merupakan pengguna Macbook yang diketahui berjalan dengan system operasi MacOS tentu tidaklah semudah itu karena terkadang subtitle tersebut tidak tertampil meski sudah menggunakan aplikasi pemutar video yang memiliki fasilitas subtitle. Lalu gimana Cara Memunculkan Subtitle di Macbook dengan benar? Simak langkahnya berikut ini.

Sejatinya veersi MacOS terbaru sudah menyertakan aplikasi seperti iTunes, DVD Player, QuicTime Player dan video HTML5 yang memiliki fitur subtitle. Nah untuk Cara Memunculkan Subtitle di Macbook kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

Cara Memunculkan Subtitle di Macbook dengan Mudah

Pilih Aplikasi Pemutar Video Yang Digunakan

Pindahkan kursor ke video pada aplikasi pemutar video yang digunakan. Cara Memunculkan Subtitle di Macbook berikutnya klik ikon gelembung kata dan gunakan pilihan subtitle yang akan digunakan.

Jika langkah dalam Cara Memunculkan Subtitle di Macbook sudah dilakukan tapi tidak berhasil maka kamu harus mengatur preferensi teks dan subtitle dengan cara berikut ini.

Menggatur Preferensi

  • Pilih menu Apple > Prefensi Sistem > Aksesibilitas
  • Pilih Teks pada panel samping.
  • Pilih menu Memilih Teks Tertutup dan SDH.
  • Setelah itu sesuaikan gaya subtitle yang diinginkan dengan memilih gaya standar seperti Default, Teks Besar atau klasik serta tambahkan gaya tersendiri dengan klik ikon + dan klik OK.

Itulah tadi Cara Memunculkan Subtitle di Macbook yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya!

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.