Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

Cara memindahkan file iPhone ke laptop tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ini terjadi karena pihak iPhone sangat melindungi privasi dan keamanan para penggunanya. Kalau mau memindahkan file, bisa menggunakan cara-cara khusus.

Sebenarnya cara-cara ini juga sudah cukup umum digunakan. Namun siapa tahu para pengguna iPhone yang baru masih bingung bagaimana cara memindahkannya. Sehingga kalau ada kebutuhan pemindahan file bisa dilakukan dengan segera tanpa kebingungan.

Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

Banyak yang menilai kalau HP iPhone itu tidak bisa mengirimkan file kepada orang lain dengan mudah. Memang pernyataan itu benar dan membutuhkan aplikasi khusus yang memang dibuat untuk pengiriman file terutama ke laptop.

Ada beberapa cara memindahkan file iPhone ke laptop yang bisa dilakukan. Cara ini juga dibedakan berdasarkan OS laptopnya yaitu Mac OS dan OS Windows. Ini cara-caranya:

1. Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop Via Mac OS

Cara memindahkan file yang pertama yaitu untuk laptop Mac OS. Laptop ini juga sebenarnya sudah terintegrasi langsung dengan semua layanan dari Apple. Sehingga proses pemindahan filenya biasanya tidak akan begitu rumit. 

Tapi bagi para pemula tetap saja harus mempelajarinya terlebih dahulu. Berikut langkahnya:

  • Langkah awal bisa mulai sambungkan antara iPhone dengan Mac OS lewat kabel khusus iPhone.
  • Ada pilihan lain untuk menyambungkan kedua perangkat ini yaitu lewat WiFi. Ini bisa dilakukan dengan melakukan penyelarasan WiFi antara iPhone dan Mac OS.
  • Nah jangan lupa juga untuk memasang Finder agar bisa menghubungkan iPhone dan Mac OS untuk transfer file. Opsi lainnya kalau belum mendukung bisa menggunakan iTunes.
  • Saat sudah terhubung dengan sempurna, perhatikan pada layar Mac OS. Biasanya akan muncul tulisan “iPhone Anda” di bagian samping layar Finder.
  • Kemudian langkah selanjutnya perhatikan pada sisi atas Finder. Klik opsi “File” dan bisa mulai klik lagi gambar segitiga di samping dari nama aplikasi agar bisa melihat file yang ada di iPhone. 
  • Geser saja file yang ingin dipindah dari iPhone ke Mac OS.
  • Kalau ingin memindahkan dari Mac OS ke iPhone, saat di menu File tadi, langsung saja geser file target dari Finder ke nama aplikasi yang ada di dalam list.
  • Selesai.

Baca juga Cara Melacak iPhone Hilang

2. Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop Via Windows

Para pengguna iPhone juga bisa melakukan cara memindahkan file iPhone ke laptop dengan OS Windows. Caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pemindahan ke Mac OS sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, ini caranya:

  • Lakukan proses penginstalan aplikasi iTunes dulu ke laptop. Pastikan iTunesnya sudah terbaru agar tidak mengalami masalah selama proses pemindahan file.
  • Berikutnya bisa hubungkan antara iPhone dan laptop Windows pakai kabel data yang normal. Bisa juga pakai jaringan WiFi kalau tahu caranya.
  • Cara memindahkan file iPhone ke laptop selanjutnya yaitu jalankan aplikasi iTunes yang sudah terinstal tadi.
  • Pada halaman aplikasi iTunes, akan terlihat perangkat iPhone yang sedang terhubung. Bisa mengetik tombol “iPhone” yang ada di bagian kiri atas dari iTunes.
  • Langkah selanjutnya klik pada opsi menu “Berbagi File”.
  • Pilih saja aplikasi yang ada di dalam daftar dan mulai cari file target lewat list yang ditampilkan.
  • Untuk memindahkannya bisa mengeklik tombol tulisan “Simpan ke”, dan berikutnya langsung pilih lokasi penyimpanan di laptop Windows sesuai keinginan. 

Untuk memindahkan dari laptop ke iPhone, bisa dengan klik “Tambah” dan pilih file yang mau dikirim ke iPhone.

  • Terakhir klik “Tambah” dan selesai.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

Proses cara memindahkan file iPhone ke laptop tidak sulit sama sekali. Bagian yang paling penting adalah pastikan kabel datanya tidak rusak agar proses pemindahan berhasil.

Oke gitu aja tutorialnya,Mudah bukan? Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya. Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya sobat!

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.