Cara Melihat Data History di MacBook

Cara Melihat Data History di MacBook

Cara melihat data history di Macbook adalah topik yang akan dirangkum pada kesempatan kali ini. Setiap web browser pasti selalu disediakan fasilitas history. Fasilitas history ini berfungsi untuk mencatat dan menyimpan data setelah penjelajahan dan penggunaan internet.

Manfaat dari history sendiri adalah untuk melihat kembali situs mana saja yang telah kita telusuri. Apalagi jika komputer selesai dipakai oleh orang lain, kita bisa melihat kemana saja browser kita menjelajah. Adalun yang paling penting dari manfaat history ini adalah sering kali kita lupa alamat situs yang dulu pernah kita kunjungi, dan lupa melalukan bookmark situs tersebut. Nah fasilitas history ini yang akan membantu kita untuk mencari kembali alamat situs tersebut.

Data alamat situs yang pernah kita kunjungi, dapat dilihat pada address browser yang terdapat pada komputer mana saja, termasuk pada MacBook yang menggunakan macOS. Namun karena MacBook termasuk jenis laptop yang memiliki sistem operasi spesial, maka cara melihat data history di MacBook pun juga berbeda dari laptop yang menggunakan sistem operasi windows ataupun sistem operasi yang lainnya.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara melihat data history di MacBook agar pengguna baru MacBook tak kebingungan lagi. Lalu, bagaimana cara melihat data history di MacBook? Simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Cek Penggunaan Internet Di Macbook

Cara Melihat Data History di MacBook dengan Mudah

Pada umumnya MacBook web browser paling sering menggunakan Safari. Safari sendiri merupakan web browser canggih yang diciptakan oleh Apple. Jika kita membeli MacBook dengan sistem macOS, maka secara otomatis di dalam MacBook sudah terinstall Safari.

Istilah mudahnya, Safari sama seperti Internet Explorer yang merupakan web browser dan selalu terdapat pada komputer dengan sistem operasi windows. Sama seperti web browser pada umumya, Safari juga memiliki fitur seperti bookmark, private browsing HTML 5, web inspector, CSS 3, dan tentu saja history.

Nah, cara melihat data history di MacBook sebenarnya sangat mudah, hal yang perlu kita lakukan adalah:

Buka Browser

Untuk yang pertama, buka browser Safari di MacBook terlebih dahulu jika kamu belum melakukannya.

Masuk Menu History

Kedua, tarik menu “History” dan pilih “Show All History”. Setelah itu, kamu akan di suguhkan dengan semua riwayat Safari yang telah tersimpan dari aktivitas penjelajahan web, dengan setiap sesi riwayat penelusuran yang dipisahkan berdasarkan tanggalnya.

Pada sudut kanan atas layar terdapat kotak pencarian, klik dan ketik kata, istilah, atau frasa apapun yang berhubungan dengan pencarian untuk menelusuri riwayat Safari, kecocokan apapun yang berhubungan akan di tampilkan di layar.

Sebagai contohnya jika kamu ingin mencari istilah “Mozarella”, maka Safari akan mengembalikan semua pencarian yang pernah kamu lakukan. Pencarian riwayat Safari akan menampilkan hasil yang cocok sejauh mungkin. Pencocokan apapun akan di kembalikan sebagai hasil dari pencarian.

Pencarian riwayat Safari akan membantu pengguna dalam berbagai hal seperti tidak perlu terlalu mengingat alamat situs mana yang pernah dikunjungi, jika suatu saat kamu lupa dan membutuhkan maka kamu bisa mencarinya lewat web browser Safari. Safari akan tetap menyimpan riwayat pencarian yang telah kamu lakukan selama mungkin, kecuali jika kamu telah membersihkannya secara khusus dan permanen, maka semua semua hasil pencarian akan hilang.

Kemampuan untuk melihat data history dapat dilakukan di semua MacBook, iPhone, iPad, dan semua web browser modern lainnya yang memiliki kemampuan sama, kecuali untuk sebagian besar web browser TOR dan aplikasi privasi sentris seperti Firefox Focus.

Bagi anda semua, tentu sudah memahami cara melihat data history di Macbook seperti yang sudah disampaikan di atas. Apalagi banyak perbedaan antara laptop dan macbook, sehingga untuk hal-hal lain seperti fungsinya juga tidak sama. Begitupun dengan cara melihat data history di Macbook. Apalagi kunci kata tentang cara melihat data history di Macbook menjadi hal yang cukup banyak di cari, sehingga rangkuman ini rasanya layak sekali dibahas.

Itulah artikel mengenai cara melihat data history di MacBook yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.