Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp – Menginstal aplikasi adalah kegiatan biasa yang berhubungan dengan suatu perangkat. Baik itu smartphone, tablet, laptop atau bahkan Macbook sekalipun. Jika selama ini kita cukup sering memahami seluk beluk laptop pada umumnya, kali ini lebih tentang cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp. Menginstal adalah memasang aplikasi pada perangkat. Lalu apa itu Bootcamp?

Bootcamp merupakan utilitas bawaan pada perangkat Mac yang berguna untuk membantu pengguna beralih antara MacOS dan Windows. Dengan menggunakan Bootcamp maka pengguna akan dipermudah saat penginstalan. Biarkan semua dijalankan oleh Bootcamp tersebut.

Namun bagaimana dengan cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp dan pentingkah keberadaan Bootcamp tersebut? Bicara soal penting dan tidaknya, nyatanya Bootcamp memang bagian dari jiwa Macbook. Hal itu sebagaimana dijelaskan di atas bahwa keberadaan Bootcamp bisa memudahkan anda sebagai pengguna saat menginstall sesuatu program, terutama Windows. Oleh karenanya muncul pertanyaan tentang cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp.

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp, inilah alasan mengapa anda harus menginstall Windows di Macbook:

Baca Juga : Cara Restart Macbook

Manfaat Install Windows di Macbook

Banyak yang mungkin heran, mengapa harus mencoba install windows pada Mac? Bukankah Mac OS X sudah cukup bagus?

  1. Perlu anda ketahui, program seperti CorelDraw adalah aplikasi yang kompatibel dengan Windows saja. Selain itu juga Internet Download Manager (IDM). Sedangkan sebagian besar orang tentu membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut.
  2. Sebelum lebih jauh mengetahui akan cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp, alasan kedua mengapa anda perlu pasang windows adalah keselarasan kinerja lebih baik jika menggunakan Windows, misalnya Ms. Office yang kesehariannya sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan.
  3. Perbedaan cara Screen Capture menjadi alasan lain, sehingga akan lebih nyaman dan mudah menggunakan Windows.

Setidaknya tiga poin di atas cukup menjadi landasan seseorang sebaiknya menginstall Windows di Mac. Sebelum melangkah pada cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp, sebaiknya anda juga harus mengetahui cara menginstall dengan menggunakan Bootcamp. Agar kita semua tahu perbandingan dari dengan atau tanpa bootcamp seperti apa.

Cara Install Windows di Macbook dengan Bootcamp

Periksa Pengaturan Boot Aman

Periksa default untuk Boot Aman adalah keamanan penuh, apabila anda mengubah menjadi tidak ada keamanan, maka kembalikan terlebih dahulu ke keamanan penuh sebelum install windows.

Buat Partisi Windows

Langkah membuat partisi ini anda membutuhkan boot camp yang ada pada Folder utilitas folder aplikasi. Kemudian ikuti perintah layar seperti:

Diminta memasukkan drive USB, colokkan flash drive USB ke perangkat, mengatur ukuran partisi,

Format Partisi Windows (Bootcamp)

Mac dimulai ulang ke penginstall windows, pilih partisi Bootcamp dan klik format.

Install Windows

Mencabut semua perangkat eksternal yang tidak dibutuhkan, lalu klik berikutnya dan ikuti petunjuk pada layar untuk bisa memulai install windows.

Gunakan Penginstall Bootcamp

Jika proses penginstalan selesai, perangkat akan dimulai di windows dan membuka jendela “Selamat Datang di Penginstal Bootcamp”. Kemudian ikuti instruksi layar yang ada dan perangkat lunak pendukung. Lalu anda akan diminta memulai ulang dengan langkah berikut:

Masuk ke penginstall Bootcamp

Jika layar eksternal tersambung ke port Thunderbolt 3 pada Mac maka layar akan kosong atau berwarna hitam, abu-abu, dan biru hingga 2 menit selama dalam masa penginstalan.

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Setelah membaca point atau langkah install dengan bootcamp di atas, apakah bisa dilakukan tanpa adanya bantuan bootcamp tersebut?

Untuk itu anda membutuhkan tips atau cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp seperti berikut ini:

  • Pastikan flashdisk booting installer windows 8.1
  • Masuk ke Mac dan buat partisi HD di Mac sebagai tempat penginstalan Windows. Caranya dengan masuk ke disk utilities, lihat dan klik ke HD yang aktif, klik tab Partition. Lalu klik tombol + atau pilih 2 partitions. Kemudian tentukan besar HD. Ganti nama serta lakukan format dengan MS-DOS (FAT) lalu klik apply dan partition.
  • Pastikan HD untuk menginstall tidak yang Hbryd MBR namun harus yang GPT.
  • Apabila Mac anda di atas elCapitan maka butuh mengubah system partisi csrutil ke disable.
  • Setelah instal GPT fdisk, masuk ke terminal macOS dan ketik : sudo gdisk / dev / disk0. Masukkan password dan enter.
  • Masuk langkah install windows
  • Tancapkan FD kemudian restart perangkat dan tahan tombol alt untuk masuk ke sistem boot pilihan.
  • Install windows seperti langkah biasa, namun pada pilihan HD lakukan format partisi HD Windows.
  • Selesai

Cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp nyatanya tetap bisa dilakukan seperti poin di atas. Itulah cara Install Windows di Macbook tanpa Bootcamp dari TauBGT.com kali ini. Semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.