Cara Install Ulang Macbook

Cara Install Ulang Macbook

Cara Install Ulang Macbook -Banyak orang ingin melakukan install ulang Macbook atau perangkat yang lain salah satu alasannya adalah pernagkat yang digunakan mengalami ganguan atau kondisi tertentu yang mengharuskan install ulang Macbook. Masalah yang sering terjadi adalah Macbook lemot  karena seiring lamanya pemakaian.  Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang cara install ulang Macbook

Macbook Lebih Stabil

Perangkat Mac memang dilkenal lebih stabil dan jarang mangalami  eror. Namun  bukan berarti peranggkat Mac tidak perlu instal ulang. Namun sebenarnya banyak juga yang menanyakan bagaimana cara install ulang Macbook.

Lalu bagaimana cara install Ulang Macbook ? apakah sama dengan Windows. Pertanyaaan itu juga sering ditanyakan. Memang berbeda dengan komputer dengan sistem operasi Windows. Yang membedakan salah satunya di  Mac  tidak membutuhkan file ISO  dan setting bios laptop  untuk konfigurasi first booting.

Namun untuk anda yang sudah terbiasa melakukan install ulang, pastinya tidak akan merasa kesulitan lagi, meskipun untuk perangkat Mac. Berikut langkah-langkah install ulang Macbook.

Baca Juga : Cara Menghapus File di Macbook

Tutorial Cara Install Ulang Macbook  dengan Mudah

Hal yang harus diperhatikan sebelum instal Mac, sobat harus mengamanakan data terlebih dahulu. Agar file penting  tidak terhapus karena dalam proses cleaning akan menghapus semua file yang ada di hardisk. Selain itu jika sobat tidak memiliki bootable DVD installer anda harus membuat bootable USB terlebih dahulu. Setelahh itu langsung masuk ke langkah- langkahnya.

Gunakan Flashdisk Bootable Mac

Tancapkan flashdisk bootable Mac tadi ke port USB, Jika perangkat Mac dalam kondisi menyala kemudian restart Mac. Saat terdengan suara bootup yang menandakan Mac nyala, tekan tombol Command + R hingga muncul logo booting Apple dan tunggu sampai proses booting selesai.

Masuk Pada Menu OS X Utilities

Setelah melakukan langkah di atas dan proses booting selesai maka  akan muncul Menu OS X utilities untuk memulain instal Mac. Lalu pilih menu Disk utility yang bawah untuk melakukan format  ulang hardisk Mac. Yang perlu diperhatikan pastikan anda format total hardisk sehingga yang cuma ada 1 (stau) partisi yang ada seperti gambar dibawah. Jika anda tidak melakukan format hardisk, maka anda tidak akan bisa memilih partisi hardisk nantinya.

Proses Install Ulang OS

Setelah itu tutup aplikasi disk utility kemudian pilih menu install OS untuk memulai proses install Mac sobat. Lalu untuk selanjutnya sobat tekan tombol continue yang berada di bagian bawah logo OS  untuk melanjutkan proses menginstall.

Jika anda menggunakan lisensi agreement dari Apple maka pilih tombol Agree untuk melanjutkan proses instalasi. Sebeb  lecense ini hanya muncul di agreement apple. Setelah itu pilih partisi hardisk Mac yang tersedia dan silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Tahapan Terakhir Instalasi

Selanjutnya tekan tombol pada bagian bawah partisi yang bertuliskan instal. Lalu proses instal akan dimulai.  Dalam proses tersebut akan menghapus semua data di partisi yang di pilih. Lama proses penginstalan tergantung dengan hardware yang di gunakan. Jika anda perangkatnya mengunkan SSD maka proses penginstalan akan menjadi lebih cepat dari pada menggunkan HDD. Dan setelah proses penginstalan selesai maka  komputer akan secara otomatis  restart  dan proses selesai.

Itulah tutorial dari TauBGT.com tentang cara install ulang Macbook yang mungkin selama ini belum banyak yang mengetahuinya, terutama untuk pengguna pemula perangkat Macbook. Jangan lupa perhatikan dan ikuti langkah-langkah diatas dengan benar, agar tidak ada permasalahan nantinya. Selamat mencoba.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.