Cara Instal Windows di Macbook

Cara Instal Windows di Macbook

Cara Instal Windows di Macbook – Macbook belakangan menjadi perangkat populer, dan cukup ramai di pasaran. Perangkat ini merupakan produk rilisan pabrik teknologi besar dunia. Ya, produk Macbook merupakan perilisan Apple Inc yang hadir ke dalam tiga varian yaitu Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro. Dengan menggunakan Macbook, apakah Windows tetap bisa di instal dengan mudah? Semua itu bisa diketahui dari pembahasan kali ini tentang cara install Windows di Macbook.

Sebelum jauh melangkah membahas akan cara installWindows di Macbook, ada baiknya memahami salah satu dari perbedaan perangkat ini dengan laptop lain pada umumnya. Salah satu yang paling menonjol yaitu dari segi desain, disamping itu satu hal yang pasti adalah fitur atau interface.

Jika pada laptop lain atau PC selalu berkaitan dengan tanda silang (X) sebagai tanda akhir aplikasi atau akhir dokumen apabila di klik. Namun untuk Macbook, terdapat tanda merah namun bukan untuk close melainkan justru tanda sebagai minimize. Jika dari sini saja sudah berbeda, tentu hal yang wajar apabila banyak yang mencari tahu cara install Windows di Macbook.

Bisakah Windows di Jalankan di Macbook??

Windows sendiri merupakan bagian dari keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sehingga mudah digunakan dan bermanfaat sekali seperti yang sering dijumpai sehari-hari. Windows sering dijumpai pada perangkat Laptop dengan merek apapun, ASUS, Acer, Lenovo, Samsung dan masih banyak lagi.

Namun jarang sekali kita membahas Windows dengan Macbook. Akan tetapi sebenarnya keduanya tetap bisa menyatu dan bekerjasama asal anda tahu bagaimana cara install Windows di Macbook.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di pakai untuk install windows di Mac, misalnya sekedar menggunakan Virtual Machine, Dual Boot melalui Boot Campt, atau dengan menggunakan media eksternal seperti USB Drive dengan Windows to go yang semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun kali ini cara install Windows di Macbook dengan menggunakan Boot Camp Assistant. Mengapa? Karena jika anda ingin performa optimal, install melalui boot camp tersebut adalah cara paling mudah.

Langkah Pertama

Langkah awal dari cara install Windows di Macbookini adalah dengan menyiapkan file ISO Windows terlebih dahulu. Disarankan anda memilih windows 10 versi 64-bit, kemudian klik download.

Langkah Kedua

Sambil anda menunggu proses download selesai, lakukan pengecekan sisa storage di Macbook. Pastikan harus ada sekitar 55 GB space kosong. Apabila masih kurang dari 55 GB, maka anda harus menghapus beberapa file sampai space yang dibutuhkan tercukupi. Anda bisa menghapus file atau aplikasi yang sudah tidak terpakai, tidak penting, atau memindahkannya.

Langkah Ketiga

Lakukan pembersihan secara manual atau bisa menggunakan CleanMyMac agar lebih mudah, dan jangan lupa lakukan penyegaran. Apabila anda belum punya aplikasi pembersih tersebut, bisa pakai 30 hari secara gratis. Apabila ruang sudah dirasa cukup kosong, dan file ISO windows sudah terunduh maka saatnya anda melakukan tindakan melalui cara install Windows di Macbook yang akan uraikan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Download Spotify di Macbook

Cara Install Windows di Macbook dengan Mudah

Lepaskan Perangkat Yang Terhubung

Lepas semua perangkat dan aksesoris yang masih terhubung pada perangkat Macbook, baik itu harddisk eksternal, SD Card, atau lainnya. Kemudian hubungkan Macbook ke charger. Karena selama proses install pasti akan menyerap daya lebih besar.

Buka Boot Camp Assistant

Cara install Windows di Macbooksetelah melepas perangkat dan segala aksesorisnya adalah membuka boot camp assistant. Anda hanya perlu “Klik Continue” dan pilih file ISO Windows yang sudah di unduh. Anda bisa atur sendiri besarnya partisi windows dengan geser-geser.

Nantinya boot camp assistant akan secara langsung mendownload berbagai driver windows untuj perangkat Mac. Selanjutnya mepersiapkan partisi dan file instalasi windows. Ketika proses selesai dan macbook akan secara otomatis lakukan resrart. Anda akan dibawa masuk pada Windows Installer dan ikuti langkah-langkahnya.

Tahapan Partisi

Apabila anda dihadapkan pada pilihan partisi, pilihlah label BootCamp, klik format dan oke. Jangan sampai format partisi lain selain bootcamp. Kemudian klik next, dan proses instalasi windows akan langsung dimulai. Ikuti semua langkah sampai selesai.

Set Up PIN

Pilih region yang anda inginkan, keyboard layout kemudian sign in ke Microsoft Account. Setelah itu lakukan set up PIN. Namun untuk link to phone bisa anda skip saja. Sedangkan untuk onedrive bebas pilih dan cortana bisa anda aktifkan ataupun tidak lalu atur privacy dan selesai. Tunggu sebentar sampai anda dibawa masuk ke Windows.

Proses Instal Windows

Saat anda pertama kali masuk Windows, akan disuguhi dengan windows instalasi driver, maka instal saja. Perangkat akan melakukan restart dan ketika masuk pertama kali akan melihat tampilan command prompt sebagai wujud penuntasancara install Windows di Macbook dan tahap telah selesai.

Itulah tutorial TauBGT.com tentang cara install Windows di Macbook yang mungkin bisa menjadi refrensi untuk anda semua. Terima kasih

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.